Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Soal Matematika SMP Yang Tak Pernah Ada

Biasanya, soal matematika SMP tak jauh-jauh dari operasi hitung tambah, kurang, kali, atau bagi, barisan bilangan dan deret, pemfaktoran bentuk aljabar, persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel, himpunan, fungsi, gradien, persamaan garis berikut grafiknya, bangun datar, bangun ruang, kesebangunan, penyajian data, dan peluang.

10 Soal Matematika SMP Yang Tak Pernah Ada

Namun, hal itu sudah banyak ditulis di buku-buku paket yang dijual bebas.

Baca: Teknik Mengajar Matematika SD

Soal-soal matematika SMP seperti itu memang bisa menambah keterampilan berhitung, namun ada baiknya mereka juga dibiasakan mengerjakan soal matematika SMP yang mengandalkan logika, sehingga matematika tidak sekadar menjadi beban yang menakutkan bagi para siswa, tapi justru menjadi sesuatu yang menantang dan mengasyikkan.

Berikut ini 10 soal matematika SMP yang bisa menambah wawasan berpikir sekaligus mengasah logika para siswa.

Soal Matematika SMP 1 - Tukang Kayu

Seorang tukang kayu memiliki sebatang kayu yang panjangnya 10 m. Kayu tersebut akan dipotong menjadi 10 bagian yang panjangnya masing-masing 1 m. Apabila setiap satu kali potong tukang kayu tersebut menghabiskan waktu 1 menit. Berapakah waktu yang dihabiskan agar kayu tersebut menjadi 10 bagian yang sama panjang?

Jawaban umum:

10 x 1 menit = 10 menit. Seharusnya, 9 menit karena potongan terakhir tidak diperlukan.

Baca: Contoh Makalah Efek Rumah Kaca Bagi Kehidupan

Soal Matematika SMP 2 - Mati Lampu

Pada saat mati lampu, Paijo menyalakan 12 lilin di rumahnya. Lalu, ia mematikan 5 lilin. Berapa lilin yang tersisa?

Jawaban umum:

12 – 5 = 7 lilin. Seharusnya, jawabannya 5 lilin karena yang lainnya sudah habis terpakai.

Soal Matematika SMP 3 - Pemulung

Seandainya dari setiap 5 puntung rokok bisa dirakit menjadi 1 rokok utuh yang bisa dihisap lagi, maka bila terdapat 25 puntung, berapa rokok yang bisa dijadikan rokok utuh?

Jawaban umum:

25 : 5 = 5 rokok. Seharusnya, 6 rokok. 25 puntung = 5 rokok karena dari 5 rokok itu jadi 5 puntung yang bisa jadi 1 rokok lagi jadi ada 6.

Baca: Jenis-Jenis Majas Berserta Contohnya

Soal Matematika SMP 4 - Minum Obat

Seorang yang sedang terkena penyakit parah pergi ke dokter untuk berobat. Oleh dokter, dia diberi obat berupa 3 butir tablet. Aturan pakainya, obat itu harus diminum tepat waktu sesuai anjuran dokter, yaitu diminum setiap 30 menit sekali. Berapa waktu yang dibutuhkan untuk menghabiskan ke-3 tablet obat itu?

Jawaban umum:

3 x 30 = 90 menit. Seharusnya 1 jam. Pada saat pasien minum obat pertama, maka 30 menit berikutnya ia akan meminum obat yang ke-2 dan di 30 menit berikutnya pasien tersebut akan minum obat yang ke-3.

Soal Matematika SMP 5 - Tukijan dan Srintil

Tukijan dan Srintil adalah pasangan suami istri yang romantis. Tetangga mereka jarang melihat Tukijan dan Srintil bertengkar. Kalau mereka sedang berbicara pasti diselingi dengan canda dan tawa yang membuat suasan menjadi hangat dan mesra. Berikut ini sepenggal percakapan antara Tukijan dan Srintil:

Tukijan: Saya telah menunggu suasana seperti ini sejak lama. Dan kini akhirnya terwujud juga.

Srintil: Apakah kamu rela bila aku pergi?

Tukijan: Tentu tidaklah! Jangan pernah kamu berpikiran macam-macam seperti itu.

Srintil: Apakah kamu mencintaiku dengan tulus?

Tukijan: Tentu saja! Selamanya aku akan begitu.

Srintil: Apakah kamu pernah selingkuh di belakangku?

Tukijan: Tidak akan! Aku tak mungkin melakukan kekonyolan seperti itu.

Srintil: Maukah kamu mencium keningku?

Tukijan: Ya...

Srintil: Sayangku ... tak terasa sudah 5 tahun kita menikah.

Bagaimanakah caranya agar suasana romantis tersebut berubah menjadi suasana pertengkaran?

Jawab:

Bacalah terbalik dari bawah ke atas.

Baca: Macam-Macam Surat Pribadi, Cara Penulisan Dan Contohnya

Soal Matematika SMP 6 - Kodok Kecebur Sumur

Seekor kodok terperangkap di dasar sumur, kodok tersebut ingin sekali keluar dari sumur tersebut. Lalu, ia memutuskan untuk melompat tembok sumur tersebut. Setiap hari, kodok tersebut hanya bisa melompat setinggi 3 m, lalu langsung turun 2 m. Jika kedalaman sumur adalah 30 m, berapa harikah waktu yang diperlukan kodok tersebut agar keluar dari sumur tersebut?

Jawaban Umum:

1 hari bertambah 1 kaki, jadi total 30 hari. Seharusnya, 28 hari karena setiap hari rata-rata dia naik 1 m, maka setelah 27 hari, kodok tersebut sudah mencapai 27 m. Pada hari ke- 28, kodok tersebut melompat 3 m, maka dia sudah sampai di atas permukaan tanah sehingga bisa langsung keluar tanpa harus turun 2 m.

Soal Matematika SMP 7 - Ruangan Penuh bakteri

Ada bakteri berbahaya yang dapat membelah diri menjadi 2 bagian setiap detiknya. Apabila dalam waktu 500 detik ternyata ruangan tersebut telah penuh terisi oleh bakteri tersebut. Maka, berapa detikkah yang dibutuhkan bakteri tersebut agar dapat memenuhi setengah ruangan tersebut?

Jawab:

499 detik sebab jika pada saat detik ke 499 ruangan tersebut telah penuh setengahnya, maka pada saat memasuki detik ke 500, ruangan pasti akan terisi penuh oleh bakteri.

Soal Matematika SMP 8 - Obat Super Mahal

Ada orang yang harus minum obat berbentuk pil. Obat tersebut berada dalam botol kemasan. Jumlah awal pil dalam masing-masing botol sama banyak. Minumnya setiap hari dua pil, yaitu pil A dan pil B, kedua pil ini sama persis baik bentuk, ukuran, warna, rasa dan beratnya. Minumnya harus hati-hati, tidak boleh hanya A saja atau B saja, harus keduanya, jika tidak akan terjadi hal serius.

Suatu hari, orang itu mengambil pil A, taruh ditangan, ketika mengambil pil B, yang terambil malah dua pil sehingga ada 3 pil, yang bentuk, ukuran, warna, rasa, dan beratnya sama. Orang ini tidak tahu perbedaan keduanya. Kalaupun dibuang sayang karena harganya super mahal, satu pil ini harganya Rp. 5.000.000. Bagaimana mengatasi hal itu, agar tidak terbuang dan minumnya sesuai aturan?

Jawab:

Tambahkan satu pil lagi dari botol yang isinya lebih banyak sehingga total jadi empat butir, kemudian masing-masing pil dibelah dua. Lalu, masing-masing minum setengah

Soal Matematika SMP 9 - Cecak Vs Nyamuk

Ada lima ekor cecak yang dapat menangkap lima ekor nyamuk dalam waktu hanya lima detik. Jika ada seratus nyamuk, berapa banyakkah cecak yang diperlukan agar dapat menangkap seratus nyamuk dalam waktu seratus detik?

Jawaban umum:

100 cecak. Seharusnya, 5 cecak. Lima ekor cecak mampu menangkap lima ekor nyamuk dalam waktu lima detik. Berarti kelima cecak tersebut dapat menangkap sepuluh ekor nyamuk dalam waktu sepuluh detik (lima detik pertama, kelima cecak itu menangkap lima nyamuk, lima detik berikutnya kelima cecak yang sama menangkap lima nyamuk lagi). Dengan demikian, cuma diperlukan lima ekor cecak saja agar dapat menangkap seratus nyamuk dalam waktu seratus detik.

Soal Matematika SMP 10 - Turnamen Sepak Bola

Ada kompetisi sepak bola tarkam (antar kampung) yang diikuti oleh 143 tim. Skema pertandingannya setiap 2 tim dari 143 tim akan berhadapan. Tim yang tidak mendapatkan giliran bertanding karena jumlah timnya ganjil, maka akan mendapat bye, maju ke babak berikutnya.

Baca: Cara Menulis Berbagai Jenis Laporan Penelitian

Bila ada tim yang kalah, maka tim tersebut langsung gugur, sedangkan tim yang menang akan maju ke babak berikutnya. Hal tersebut dilakukan hingga diperoleh juaranya. Berapakah jumlah total pertandingan keseluruhan yang ada pada turnamen ini?

Jawaban umum:

143 : 2 = 71 pertandingan + sekali bye. Seharusnya, 142 pertandingan. Pada setiap pertandingan, akan ada satu tim yang kalah/gugur sehingga jumlah tim yang tersisa akan berkurang satu di setiap pertandingan. Setelah 142 pertandingan dilakukan, jumlah tim yang tersisa adalah satu tim, yaitu tim juara.

Nah, menarik bukan, dari ke-10 soal matematika SMP di atas semua terkesan sulit dan rumit pada awalnya. Namun, jawaban soal matematika SMP tersebut ternyata sangat singkat dan sederhana, itulah kekuatan logika dalam matematika SMP!

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "10 Soal Matematika SMP Yang Tak Pernah Ada"

Cara Membuat Kerajinan Janur Pernik... x
Cara Membuat Kerajinan Janur Pernikahan Sederhana By Cadil