Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MC Pernikahan Dan Susunan Acara Pernikahan

Resepsi pernikahan bertujuan untuk menyiarkan dan memberitahukan kepada khalayak bahwa telah berlangsung pernikahan antara si A dan si B. Sehingga tidak ada lagi munculnya fitnah dan anggapan keji ketika si A nanti berdua-dua dengan si B.

Resepsi fungsi utamanya adalah sebagai sarana syiar, maka disunnahkan mengundang rekan kerabat handai taulan untuk bersama-sama memberi doa bagi mereka yang menikah. Lantas bagaimana idealnya susunan acara pernikahan? Mulai dari akad yang dipandu oleh mc pernikahan, acara menjelang resepsi dan saat resepsi.

Bagi Anda yang jarang atau sama sekali tak pernah mengikuti penyelenggaraan acara pernikahan dari awal hingga akhir, berikut salah satu contoh susunan acara pernikahan. Dalam hal ini yang diambil sebagai contoh adalah acara pernikahan seorang muslim.

MC Pernikahan Dan Susunan Acara Pernikahan

1. Akad Nikah

Akad nikah ternyata tak sembarang akad, layaknya akad jual beli yang dilakukan di pasar-pasar. Akad nikah merupakan bagian paling sakral dari penyelenggaraan acara pernikahan. Bagi kaum muslim inilah hal terpenting dan wajib dilakukan sebagai jaminan kehalalan hubungan antara sepasang suami istri.

Melihat dan menyaksikan rekan Anda menjalani proses akad nikah penting dilakukan sebagai bahan pengalaman sebelum Anda menikah. Prosesi akad nikah dipandu oleh seorang mc pernikahan dengan susunan acara akad sebagai berikut:

  • Pembukaan oleh mc pernikahan
  • Tilawah Al-Quran oleh salah satu peserta, rekan kerabat yang hadir menyaksikan prosesi akad, atau orang yang telah ditunjuk oleh pihak penyelenggara.
  • Pengucapan ijab qobul akad nikah yang dilakukan antara mempelai pria dengan wali dari mempelai wanita yang dipandu oleh pihak yang berwenang seperti penghulu. Dilanjutkan dengan penandatanganan berkas-berkas administrasi pernikahan oleh kedua mempelai.
  • Penyerahan mahar yang dilakukan oleh mempelai pria kepada mempelai wanita. Sesi ini akan sangat menarik dilakukan jika disertai dengan cara-cara khas dan menarik dari kedua mempelai. Bagi pasangan yang belum saling mengenal sebelumnya tentu saja menjadi hal yang sangat berkesan dan mendebarkan baik bagi yang mengalami ataupun yang menyaksikan.
  • Pada sesi setelah penyerahan mahar dan masih dipandu oleh mc pernikahan, dapat juga diisi dengan permintaan sakral seorang mempelai wanita kepada mempelai pria. Sebagai contoh misalnya mempelai wanita meminta kepada mempelai pria untuk membaca hafalan ayat suci Al-Quran yang dikuasainya, atau meminta mempelai pria menyanyikan sebuah lagu yang disukai oleh mempelai wanita. Sesi ini akan menjadi sangat menarik jika dibarengi dengan kekocakan mc pernikahan dalam memandu acara.
  • Khotbah nikah. Khotbah nikah merupakan tausiyah singkat oleh seorang yang diminta oleh pihak penyelenggara mengenai hal-hal yang berkaitan dengan proses dan penyelenggaraan acara pernikahan, bagaimana kehidupan berumah tangga, pesan-pesan kepada kedua mempelai yang akan mengarungi bahtera rumah tangga ke depan.
  • Penutup dan doa.

2. Acara Keluarga

Sebelum berlangsungnya acara resepsi yang menghadirkan banyak tamu undangan, acara bisa diisi dengan acara temu ramah antara kedua belah pihak keluarga, yakni dari mempelai pria dan wanita. Acara akan lebih menarik jika tetap dipandu oleh mc pernikahan yang kocak dan menghibur.

3. Resepsi Pernikahan

Pada sesi acara ini, seorang mc pernikahan biasanya bertugas di ruang hiburan yang disediakan penyelenggara. Di sini mc pernikahan bisa lebih berekspresi menciptakan suasana cair kepada para peserta undangan. Disamping ucapan doa yang tak putus pada dua mempelai.

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "MC Pernikahan Dan Susunan Acara Pernikahan"