Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Sambutan Kepala Sekolah Untuk Perpisahan Dan Berbagai Acara

Contoh Sambutan Kepala Sekolah Untuk Perpisahan Dan Berbagai Acara
Menjadi Kepala Sekolah selain memiliki tanggung jawab yang berat dituntut harus serba bisa alias mutitalent. Salah satu contohnya yaitu sambutan kepala sekolah untuk perpisahan, acar maulid nabi dan berbagai acara lainnya.
Alangkah baiknya ketika sambutan itu tanpa melihat teks, akan tetapi harus memiliki konsep yang matang agar nantinya mudah dipahami oleh para peserta yang menghadiri acara.
Konsep tersebut bisa dituangkan kedalam kertas kosong atau melalui ketikan dari komputer. Dalam sambutan pun sebaiknya menggunakan bahasa yang baku, formal dan mudah dipahami.
Berikut adalah beberaa contoh sambutan kepala sekolah untuk acara perpisahan dan untuk berbagai acara lainnya.

Contoh Sambutan Kepala Sekolah Untuk Perpisahan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahi rabbil 'alamin, wash shalatu was salamu 'alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa 'ala aalihi wa ash-habihi ajma'in, amma ba'du:

Yang terhormat para dewan guru, para siswa dan siswi, anak-anakku sekalian yang saya cintai. Marilah kita bersyukur kepada Allah swt. yang senantiasa menganugerahkan rahmat, taufiq dan petunjuk-Nya kepada kita semua, sehingga pada hari ini, kita bisa berkumpul di sekolahan yang kita cintai ini, dalam rangka perpisahan atau pelepasan para siswa siswi yang telah menyelesaikan studinya di sekolah yang kita cintai ini.
Para bapak dan ibu guru serta anak-anakku sekalian yang saya cintai. Sebagai kepala sekolah kami merasa bangga dengan prestasi yang kalian capai, di mana peserta ujian akhir dari sekolahan kita ini, dapat lulus seratus persen, bahkan rengking pertama tingkat kabupaten dari peserta ujian akhir tahun ini, diraih oleh siswa dan sekolahan kita ini. Prestasi yang membanggakan ini, tentu berkat kerja keras dan kesungguhan kita semua dalam melakukan proses belajar mengajar di sekolahan yang kita cintai ini.

Oleh sebab itu dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua bapak dan ibu guru yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh kesungguhan. Semoga kesungguhan dan jerih payah bapak dan ibu guru sekalian akan mendapatkan balasan dari Tuhan Yang Kuasa dengan balasan yang setimpal. Dan kami juga tetap mengajak kepada semua bapak dan ibu guru untuk terus meningkatkan kualitas anak didik kita yang lebih baik lagi. Juga kami meminta partisipasi dari semua pihak, utamanya para wali siswa untuk membantu kami guna meraih perestasi yang lebih gemilang, baik secara fisik maupun non fisik sekolahan kita ini.

Anak-anakku sekalian yang saya cintai. Kalian memang telah menyelasaikan belajar secara formal tingkat SMU di sekolahan itu, tapi itu bukan berarti kalian telah selesai dan mengakhiri belajar. Janganlah kalian merasa cukup dan bangga dengan predikat kelulusan yang telah kalian raih. Kami berharap kalian terus belajar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, sesuai dengan bakat yang kalian miliki masing-masing. Do'a kami selalu mengiringi perjuangan kalian, bagi yang meneruskan ke perguruan tinggi, semoga apa yang kalian cita-citakan itu dapat tercapai dengan baik. Ukirlah prestasi dan nama baik kalian, prestasi dan kesuksesan kalian tentu juga akan mengaharumkan nama baik almamater yang kita cintai ini. Sementara bagi anak-anakku yang satu dan lain hal sehingga terpaksa tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, kamijuga berdo'a, semoga ilmu yang kalian peroleh bermanfaat, kalian juga bisa belajar walaupun tidak secara formal. Karena ilmu Tuhan amatlah luas, apa kita peroleh dan ketahui itu, hanyalah sedikit. Tidak ada kata berhenti belajar. Bukankah Nabi kita telah bersabda bahwa belajarlah kalian sejak mulai dari ketika masih dalam kandungan sampai kalian masuk ke liang lahad, alias mati.

Anak-anakku sekalian yang saya cintai. Camkanlah bahwa di dunia luar sana tugas berat telah menanti saudara, kalian dituntut memiliki kecerdasan dan keuletan serta ilmu pengetahuan yang memadai untuk dapat menghadapinya dengan baik. Kita hidup di era global, berkat kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi, informasi apapun dapat kita ketahui wálaupun kita berada di dalam kamar. Arus budaya barat begitu deras mengalir membedah dan membobol tanggul-tanggul peradaban kita yang elok. Dalam kondisi yang semacam itu kalian harus memiliki kejelian untuk mengambil yang baik dan mencampakkan yang tidakbaik. Pegang teguhlah etika dan akhlak yang luhur, jangan sampai kalian terseret, oleh arus budaya yang merusak nilai-nilai keelokan yang dijunjung tinggi oleh agama kita.

Selanjutnya, kami juga tidak lupa meminta maaf pada saudara sekalian, atas segala kekhilafan dan kesalahan kami segenap dewan guru. Mungkin dalam pandangan anak-anakku semua kami terkesan keras atau bahkan mungkin sampai sedikit memukul pada kalianyang membuat kalian kurang berkenan, walaupun sesungguhnya itu kami lakukan bukan karena ketidak sukaan atau kebencian terhadap kalian, tetapi itu semua terjadi pada dasarnya adalah demi kebaikan kalian semua. Namun demikian bila kalian anggap menyakitkan dan tidak berkenan kami pun minta maaf kepada kalian semua.

Akhirnya, dengan berberat hati kami ucapkan selamat jalan wahai anak-anakku tercinta, semoga Tuhan senantiasa membimbing dan memberkati perjalanan kalian semua, amin. 

Contoh Sambutan Kepala Sekolah Pelepasan Siswa

Assalamu alaikum wr. wb.

Pertama-tama, mari kita panjatkan puji serta syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan berbagai nikmat kepada kita.

Shalawat dan salam semoga tetap diberikan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarganya, sahabatnya, dan para pengikutnya; serta mudah-mudahan kita mendapatkan pertolongan dari nya kelak di yaumul akhir.

Alhamdulillah wasyukurillah.

Pada kesempatan ini kita dapat bertemu dalam acara pelepasan siswa kelas 6 yang sebentar lagi akan meninggalkan sekolah tercinta-nya ini.
Tidak terasa, enam tahun telah berlalu. Pada hari ini kami pihak sekolah harus melepas kepergian siswa/siswi yang kami cintai, dan mengembalikannya kepada Bapak/Ibu selaku orangtua mereka.

Terima kasih atas kehadiran Ibu dan Bapak (orangtua/wali siswa) di sekolah kami ini. Terima kasih juga atas kepercayaan dari Ibu dan Bapak kepada kami, yang telah menitipkan anak-anaknya bersekolah di sini dan mempersilakan mereka untuk kami didik.

Ini adalah sebuah kebanggaan bagi kami.

Untuk yang terakhir kali, Bapak berpesan kepada anak-anak kelas 6 yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, baik ke SMP atau ke MTs, ada beberapa pesan dari bapak untuk kami sekalian.

Pertama: Jagalah selalu semangat belajar kalian.
Kedua: Jadilah anak yang berbakti kepada orangtua.
Ketiga: Selalu menjaga nama baik sekolahmu, dimana pun itu.
Keempat: Jadilah anak yang berguna bagi bangsa, negara dan agama kamu.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan.
Terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamu alaikum wr. wb.

Contoh Sambutan Wali Murid Untuk Perpisahan Sekolah

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pertama-tama, saya panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini dengan kondisi bagaimanapun. Kita juga dapat menyaksikan putra dan putri kita berwisuda hari ini.

Tentu saja hari ini adalha hari yang sangat mengharukan dan paling kita tunggu-tunggu. Kemudian, saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala Sekolah dan juga pembawa acara yang telah memberikan kesempatan untuk dapat mengucapkan beberapa kata sambutan.

Saya merupakan perwakilan dari salah satu dari siswa SDN 4 Kalijaga ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sangat besar atas bimbingannya terhadap anak saya dan juga anak-anak lainnya. Terima kasih atas ilmu yang telah diberikan.

Kami yakin segala ilmu yang sudah diberikan selama ini akan bermanfaat di masa depan. Terutama bagi siswa-siswa itu sendiri demi menyiapkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Hal ini tentu saja tidaklah mudah dalam membimbing siswa-siswa, karena dibutuhkan ketelatenan dan juga kesabaran dalam jumlah yang banyak.

Kami juga berharap agar ketelatenan dan kesabaran dari para guru sekalian dapat dicontoh oleh para siswa-siswa sekalian. Kami berharap agar suatu hari nanti putra dan putri kami dapat meraih apa yang dicita-citakan.

Selain itu, kami juga menyadari bahwa pasti ada banyak sekali kenakalan atau kebandelan putra putri kami yang seringkali membuat para bapak dan ibu guru kesal. Misalkan saja seperti sering mengobrol pada saat pelajaran sedang berlangsung. Bisa juga, karena ada putra putri kami yang senang berlarian di lorong sekolahan sambil berteriak.

Semata-mata itu semua, karena putra dan putri kami masih anak kecil. Kami memohon maaf atas kejadian tersebut. Yang jelas, ingatkan saja putra putri kami mengenai tindakan bagaimana yang baik dan benar dengan lembut.

Yang jelas kami tidak akan bisa membalas semua kebaikan dan jasa dari para guru sekalian. Berkat jasa kalian, seluruh siswa-siswa dapat memahami cara membaca, menulis, dan juga berhitung. Selain itu, masih banyak sekali hal-hal yang telah diajarkan kepada siswa siswa di sini, yang tentunya tidak dapat kmai sebutkan secara satu-persatu.

Sekian pidato yang saya sampaikan. Saya hanya manusia biasa yang tidak luput dari dosa. Jadi apabila terdapat kesalahan dalam perkataan saya, melalui pidato ini juga saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Jangan sampai dimasukkan ke dalam hati. Terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum Wr.Wb.

Contoh Sambutan Perpisahan Anak SD Untuk Sekolah

Assalamu’alaikum Warrohmatullah Wabarakatuh

Marilah pertama-tama mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT yang mana sudah melimpahkan rahmat, nikmat, dan hidayah kepada kita semua yang hadir di tempat ini. Segala rahmat, nikmat, dan hidayah yang telah diberikan kepada kita semua sangat banyak dan tidak dapat diukur.
Shalawat dan salam juga kita ucapkan kepada junjung Nabi Muhammad SAW yang merupakan suri tauladan bagi seluruh umat Islam. Berkat tauladan Nabi Muhammad SAW, seluruh umat Islam dapat mencontohkan perbuatan tanggung jawab dan juga kebaikan selayaknya khalifah di muka bumi yang sesungguhnya.

Kepada yang kami hormati:

Bapak kepala sekolah SD Muhammadiyah Sapen beserta dengan jajarab seluruh guru di SD Muhammadiyah Sapen.
Bapak. Ibu wali murid yang hadir
Serta teman-teman semuanya

Saya berdiri di depan untuk menyampaikan kata-kata, pesan, dan juga kesan selama sudah menempuh pendidikan selama enam tahun. Ini bukanlah masa yang singkat dan kami akan selalu mengingat jasa-jasa para guru sekalian.

Berkat jasa dan juga kesabaran kalian, kami bisa memahami cara untuk membaca, berhitung, dan mengetahui tentang berbagai macam ilmu lainnya. Berkat jasamu ini, kami mampu untuk bisa lebih menghadapi dunia di kemudian harinya.

Dengan ilmu yang telah dibekali ini membuat hidup kami sebagai generasi muda penerus bangsa menjadi lebih berarti. Semoga amal kebaikan dan ibadah Bapak dan Ibu guru sekalian diterima oleh Allah SWT dan dicatat di sisi-Nya.

Pada kesempatan kali ini, saya juga menjadi perwakilan atas murid-murid lainnya untuk mengucapkan permohonan maaf. Apabila selama ini ada perbuatan kami yang tidak berkenan di hati kalian. Kami tidak bermaksud untuk menyakiti perasaan kalian. Kami harap Bapak dan Ibu guru sudi untuk menerima permintaan maaf kami.

Selain itu, kami sebagai senior kelas dari adik-adik sekalian ingin mengucapkan, “belajarlah yang giat dan berusahalah sekuat tenaga untuk mengusir rasa bosan dalam menimba ilmu”. Semua ilmu yang kalian pelajari hari ini akan bermanfaat bagi kehidupan adik-adik di masa depan. Hanya saja mungkin sekarang belum terasa, tetapi suatu saat pasti akan berguna.

Cukup sampai disini dan saya akhiri. Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Contoh Sambutan Kepala Sekolah Acara Mulid Nabi Bahasa Sunda

Nu dipihormat : Komite Sekolah SDN 5 Banjar
Nu dipihormat : kepala sekolah
Nu dipihormat : Dewan Guru

Bismillahirrohmaanirrohiim...
Assalaamu’alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillahirobbil ‘alamin wabihinasta’inu ‘ala umuu riddunya wadin, wa’ala aalihii washohbihi azma’in. Amma ba’du.
Qoolallohu ta’aala fil qur’aanil kariim

A’udzubillahi minassyaitoonirrojiim
Bismillahirrohmaanirrohiim
Laqod kaana lakum fii rosulillahi uswatun hasanah liman kaana yarjulloha walyaumal akhiro wa dzakarolloha katsiroo

Kaum Muslimiin Rohimakumulloh..

Puji nu jadi pamatri nu ngacik dina ati, puja nu sumarambah dina bayah ieu sadaya kagungan Alloh azzawajalla. Rahmat sinareung salam muga tetep ngocor kajungjungan panutan alam, sosok insan anu pinuh ku suri tauladan buktusna Rasul SAW.
Teu khilap ngahaturkeun sewu nuhun ka pambawa acara anu tos masihan waktos dina ieu acara sareng sim kuring bade ngatengahkeun judul :

MAULID NABI MUHAMMAD SAW

Para Hadirin anu ku sim kuring dipihormat

Dina ieu kasempetan hayu urang sami-sami ningkatkeun kualitas iman sareng taqwa ku ngalangkungan ieu acara mepelang maulid Nabi iman taqwa pa mangrupa cara pikeun nimbulkeun rasa mahabbah ka Alloh SWT sarta micinta ka Rosul SAW hal ieu pisan nu janteun dasar kakuatan dina enggoningngambah hirup kahirupan. Urang tetep kedah nutur kana jalur Rosul, napak kana laratan mantena. Teu cekap hiji muslim laksanakeun hungkul mi eling maulid nabi saupami teu di sarengan ku padamelan anu dicontokeun ku kanjeng Nabi .Alloh SWT ngadawuh

Laqod kaana lakum fii rosulillahi uswatun hasanah liman kaana yarjulloha walyaumal akhiro wa dzakarolloha katsiroo

Hartosna :
Temen-temen tos aya pikeun anjeun di rosululloh conto/suri tauladan anu hade.

Ku kituna hayu urang sami-sami dina enggoning urang ngarepkeun karidloan Alloh dan safaat ka Rosululloh ku cara ngalaksanakeun ibadah oge muammalah nu dibarengan ku conto rosul.

Mudah-mudahan urang sadaya kapapaosna aya dina pinutur karahayuan ginanjar ka wilejengna tur kahontal kabagjaan dunia dan akhirat ku cara ngalangkungan ieu maulid Nabi. Kukituna nu tiasa ku simkuring dipihatur hapunteun bilih aya kalepatan tina lisan.

Wabillahi hidayah wattaufiq…
Wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokaatuh
Itulah beberapa contoh sambutan kepala sekolah untuk perpisahan dan berbagai acara lainnya. Semoga bermanfaat.
Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa

Post a Comment for "Contoh Sambutan Kepala Sekolah Untuk Perpisahan Dan Berbagai Acara"

loading...