Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Atau Teman Sekelas

Sudah pernahkah kamu menulis surat untuk seorang? Jika menuils untuk orang yang kita mengenal baik, umumnya kita memakai tata bahasa yang rileks dan tidak begitu sah.

Surat seperti itu bisa digolongkan sebagai surat pribadi kekerabatan. Surat pribadi sebagai pesan yang dicatat seorang tanpa sebagai wakil instansi atau lembaga tertentu.

Jaman dulu, surat dipakai untuk memberi berita baik itu ke teman, keluarga, sanak saudara, dan lain-lain. Sebagian besar memakai surat karena tidak ada jalan keluar lain kecuali membuat surat. Namun, berlainan dengan zaman saat ini yang telah serba hebat.

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Atau Teman Sekelas

Seorang tak perlu umumnya menulis surat karena telah ada alat khusus, baik itu handphone atau yang yang lain bisa dipakai untuk memberikan berita dan info ke seseorang.

Meskipun begitu, tetap surat menyurat dibutuhkan di zaman saat ini. Misalkan saja saat Anda akan membuat surat kuasa, surat dinas, surat melamar kerja, dan lain-lain.

Dan tidak tutup peluang juga Anda akan menulis surat untuk keluarga, pacar, saudara atau teman. Karenanya memakai surat di zaman saat ini, seorang akan berasa lebih dipandang kehadiranya. Sebagai wujud empati pada beberapa orang yang disayang.

Surat dibutuhkan untuk teritori yang masih tidak ada koneksi internet. Hingga karena ada surat, karena itu info atau berita yang Anda beri akan sampai ke tangan pembaca.

Nach, untuk mempermudah Anda dalam membuat surat, kesempatan kali ini akan dibahas berkenaan surat pribadi dan bermacam keterangan mengenainya. Agar Anda tidak keliru dalam menulis surat dan betul-betul dapat dimengerti oleh orang tujuan nanti.

Apa Itu Surat Pribadi?

Surat pribadi sendiri ialah sebuah tulisan atau surat yang dibikin oleh orang tertentu ke seorang. Ada surat pribadi ini tertujuan untuk memberi info atau berita tertentu ke seseorang.

Contoh-Surat-Pribadi-Untuk-Sahabat-Teman-Sekelas -1

Surat pribadi ini mempunyai jumlah penulisan yang tak terbatas. Anda dapat menulis dalam jumlah halaman sesukanya. Namun, untuk tipe surat ini Anda perlu tuliskan banyak hal harus didalamnya. Dimulai dari tanggal, alamat tujuan, kata untuk menegur, pembukaan, isi dan penutup. Yang selanjutnya pada bagian akhir dinamakan pengirim sekalian tanda tangannya.

Surat pribadi ini tidak mempunyai ketentuan yang baku seperti contoh surat yang sah. Meskipun begitu, saat menulis tipe surat pribadi, Anda harus menggunakan bahasa yang santun dan gampang dimengerti oleh pembaca.

Disamping itu, bahasanya harus juga komunikatif. Dan juga sangat penting untuk dipahami ialah surat pribadi sebagai tipe surat yang karakternya rahasia atau privacy hingga cuman bisa dijumpai oleh 2 orang saja.

Surat pribadi sendiri maksudnya bukan hanya hanya memberi satu berita atau info saja, tetapi ada pula yang membuat surat pribadi dengan arah untuk bercerita isi hati dan hatinya ke seseorang. Maksudnya ialah agar orang yang terima surat itu ketahui dan turut rasakan isi hatinya.

Namun, seperti yang telah dijumpai jika di zaman saat ini, beberapa orang yang cenderung pilih untuk memakai media lain untuk memberitahu satu info atau berita tertentu, tidak memakai surat pribadi.

Ada banyak argumen mengapa beberapa orang yang sejumlah besar tidak pilih menggunakan surat pribadi, salah satunya ialah pesan yang diberi tidak cepat sampai ke sang yang menerima. Berlainan dengan mengirimi pesan memakai handphone di mana yang menerima langsung bisa membaca cuman dalam perhitungan detik.

Hal tersebut lebih dikarenakan oleh jarak. Makin jauh jarak di antara pengirim surat dengan penerimanya, maka semakin lama juga sampainya pesan ke yang menerima. Karena itu di zaman saat ini banyak yang cenderung pilih memakai telegram, facebook, whatsApp, BBM, SMS dan lain-lain untuk sampaikan satu pesan.

Beberapa program chat di atas memang berbeda seutuhnya dengan surat pribadi, tetapi sangat menolong untuk sampaikan info atau berita secara cepat tak perlu repot dan menanti kelamaan. Dan sesungguhnya, bila difikir-fikir surat pribadi yang dicatat dengan manual sama yang diketik lewat program pokoknya ialah sama juga, yakni sampaikan berita atau info atau memberitahu info ke seseorang.

Ciri-Ciri Surat Pribadi

Untuk dapat pahami mengenai surat pribadi kecuali ketahui mengenai pemahaman atau definisinya, penting juga untuk ketahui beberapa ciri dari surat pribadi tersebut.

Contoh-Surat-Pribadi-Untuk-Sahabat-Teman-Sekelas -2

Pada umumnya, ada beberapa tanda dari surat pribadi yang perlu untuk dipahami. Berikut pembahasan secara lengkap berkenaan beberapa ciri surat pribadi itu.

  1. Biasanya, surat pribadi selalu memiliki kandungan bermacam-macam kata panggilan. Umumnya, kata panggilan dalam surat pribadi karakternya privacy atau rahasia. Dan biasanya, kalimat atau kata panggilan dituangkan pada surat sisi atas.
  2. Ciri-ciri surat pribadi yang setelah itu kalimat atau bahasa yang digunakan untuk tuliskan surat tidak begitu sah atau resmi. Bahkan juga banyak yang pilih untuk memakai bahasa setiap hari. Namun, meskipun begitu, surat pribadi tetap harus memakai bahasa yang sopan, santun, dan gampang untuk difahami oleh pembaca.
  3. Dalam surat pribadi umumnya akan menggunakan bermacam jenis tipe bahasa dalam tulisannya. Ini disamakan dengan si yang menerima dari surat itu.
  4. Sekalinya memiliki bentuk ialah surat, tetapi selalu memakai kalimat panggilan seperti saat berjumpa langsung dengan si yang menerima surat.
  5. Umumnya, beberapa penulis surat pribadi akan menggunakan kata tukar orang ke-2 , begitupun dengan yang menerima surat yang seharusnya memakai kata tukar orang ke-2 .
  6. Penulisan untuk salam pembuka, isi, sampai sisi penutupnya seharusnya menggunakan bahasa yang tidak resmi atau menghindar bahasa yang begitu sah karena pokoknya ini ialah surat pribadi.
  7. Ciri-ciri seterusnya dari surat pribadi ialah dia mempunyai pola yang bebas alias tidak terlilit. Semua isi tulisan bergantung dari kemauan dan ketertarikan penulisnya.
  8. Sisi suratnya tidak memiliki kandungan kop atau nomor surat seperti surat sah yang umum kita jumpai.
  9. Sedang untuk isi surat pribadi umumnya dicatat karena keperluan komunikasi dengan beberapa orang yang dekat sama penulis dan kebenaran ke-2 nya sedang tidak berada di lokasi yang sama alias jauh.

Tujuan Dari Surat Pribadi

Sesudah ketahui beberapa dari beberapa ciri surat pribadi, juga sangat penting untuk jadi perhatian ialah arah dari surat pribadi tersebut. Sesungguhnya, peranan atau rujuan surat pribadi sangat banyak. Hal tersebut ditetapkan oleh niat atau arah dari penulis surat yang berkaitan.

Contoh-Surat-Pribadi-Untuk-Sahabat-Teman-Sekelas -3

Antara arah dari surat pribadi ialah agar bisa memberi satu info atau berita dari seorang ke seseorang, baik ke-2 nya terkait sebagai pacar, teman, sahabat, keluarga, dan lain-lain. Pengerjaan surat itu karena sang penulis dan sang yang menerima tidak lagi ada di lokasi yang sama dan memerlukan komunikasi khusus karena lama tidak disandingkan.

Disamping itu, surat pribadi mempunyai tujuan untuk memperlihatkan gestur hati dari penulis surat ke sang yang menerima. Hati yang diartikan ialah hati dalam bermacam keadaan, baik itu suka, bersedih, terharu, senang, dan lain-lain. Namun, yang umum membuat surat pribadi dengan arah seperti ini ialah untuk kelompok wanita.

Dan Anda juga dapat menyaksikan sendiri bagaimana bila 2 orang wanita yang lama tidak berjumpa selanjutnya berjumpa, pasti hatinya akan campur baur. Walau 2 orang wanita itu telah berjumpa dan intensif bahkan juga, namun tetap ada-ada saja beberapa hal yang memikat buat mereka bahas. Jadi tidak bingung bila wanita akan tuliskan surat pribadi untuk ekspresikan hatinya.

Bagian-Bagian Dari Surat Pribadi

Di atas pasti sudah disentil jika surat pribadi tidak mempunyai referensi atau standard sah dalam pembikinannya. Penulis surat bebas untuk menulis sesuka mereka.

Contoh-Surat-Pribadi-Untuk-Sahabat-Teman-Sekelas -4

Tetapi, menulis surat pribadi harus tetap memerhatikan bagian-bagian keutamaan agar tidak ada kekeliruan. Karena itu, pada ulasan seterusnya ini akan dibahas mengenai beberapa bagian dari surat pribadi yang harus dijumpai. Baca penuturannya di bawah ini.

Tempat dan Tanggal Pengerjaan Surat

Sisi dari surat pribadi yang penting untuk jadi perhatian ialah tempat dan tanggal saat surat itu dibikin. Ini sama dengan beberapa surat yang biasa dijumpai. Penting memberikan tanggal dan pengerjaan surat yang Anda bikin. Anda jangan keterlaluan untuk sisi satu ini sekalinya yang Anda bikin ialah surat pribadi.

Umumnya, tanggal dan tempat pengerjaan surat dicatat di bagian atas samping kiri atau kanan surat. Dan untuk penulisan bulannya, Sebaiknya anda memakai huruf kapital. Sedang untuk sisi pembatas di antara tempat dan tanggal, Sebaiknya anda memakai tanpa koma dan disudahi dengan tanda titik. Tetapi, bila penulisan surat pribadi yang Anda bikin ialah dengan diketik, karena itu seharusnya tulisan tanggal dan tempatnya diciptakan tebal.

Untuk contoh penulisannya sebagai berikut ini:

  • Surabaya, 4 Mei 2018
  • Surabaya, 4-5-2018
  • Surabaya, 4/5/2018

Dari beberapa contoh yang telah ditulis tersebutm Anda dapat pilih wujud variasi penulisan yang sesuai kemauan Anda karena semua betul.

Alamat Dari Yang Menerima

Kecuali mengikutkan tempat dan tanggal pengerjaan surat, Anda pun harus mengikutkan alamat untuk yang menerima seperti yang ada di surat sah biasanya. Umumnya di bagian ini Anda harus mengikutkan nama dari yang menerima suratnya. Dalam masalah ini, Anda harus memulainya dengan tuliskan nama lebih dulu.

Selain itu, kata panggilan penting juga untuk tercantum dalam surat. Ada beberapa macam kata panggilan yang biasa dipakai, misalkan saja teman dekatku, temanku, pacarku dan lain-lain. Seterusnya, untuk nama kota penulisan surat pribadi, Anda tidak harus tuliskan nama asli dari kota itu, tetapi dengan menulis panggilan dari kota yang berkaitan. Misalkan saja, Malang kota siswa, Yogyakarta kota siswa, Bogor kota hujan, dan lain-lain.

Berikut contoh untuk menulis alamat surat untuk tipe surat pribadi,

Ke Teman Baikku, Rizka Andriani

Di Blitar

Untuk Teman dekatku Vina Almira

Di Jakarta

Dari sisi beberapa contoh yang telah ditulis itu, Anda dapat bisa memberi macam atau kreativitas sendiri yang sesuai ketertarikan Anda semasing. Yang paling penting ialah alamatnya terang dan bahasanya sopan dan gampang untuk dimengerti.

Memberikan kata panggilan

Sisi dari surat pribadi yang setelah itu memberikan kata panggilan. Karakter dari kata panggilan ini ialah lebih ke nonformal. Anda dapat menggunakan bahasa yang biasa dipakai untuk setiap hari. Arah memakai kata panggilan yang tidak sah ini ialah supaya Anda dan sang yang menerima surat pribadi terlihat lebih dekat. Sekalinya memakai bahasa yang umum dipakai, Anda harus tetap menimbang kesopanan, janganlah sampai apa yang Anda tulis kelak dapat menyentuh atau sakiti hati sang pembaca.

Berikut ini ialah sebagian dari contoh penulisan panggilan surat pribadi yang dapat Anda menjadikan referensi atau contoh saat akan menulis tipe surat ini,

  1. Halo teman dekatku
  2. Salam manis
  3. Assalamu'alaikum
  4. Salam rindu
  5. Halo manis
  6. Halo imut
  7. Hai Cantik
  8. Temanku yang tampan
  9. Kakakku yang baik
  10. Dan sebagainya

Paragraf Untuk Pembuka

Sisi seterusnya dari surat pribadi ini tetap sama dengan beberapa surat biasanya, yakni memakai paragraf pembuka. Tetapi, penting untuk digaris bawahi jika untuk penulisan pembuka di surat pribadi ini berlainan dengan paragraf pembuka pada surat yang lain.

Pada umumnya, paragraf pembuka di tipe surat pribadi ini benar-benar terkait dengan pernyataan atau gestur baik itu melimpahkan kangen, bertanya berita dan sebagainya. Untuk penulisan dari paragraf pembuka sendiri tak perlu resmi. Anda dapat memakai bahasa yang sering digunakan setiap hari supaya kesannya jadi lebih santai.

Anda bisa juga masukkan kalimat basa basi di bagian ini agar berkesan lebih dekat sesudah tidak sama-sama menegur dalam waktu yang lama. Pasti pembaca atau orang yang terima surat Anda berasa makin dekat sama Anda sekalinya lama tidak bertemu.

Isi Surat

Kecuali beberapa yang sudah disebut sebelumnya, sisi seterusnya dari surat pribadi ialah isi atau pokok surat. Dasar dari pengerjaan surat pribadi ialah sisi ini. Biasanya, yang bakal ditulis di bagian ini ialah mengenai arah atau tujuan dari penulisan surat itu. Misalkan dengan mengutarakan uneg-uneg dan hal tertentu yang sedang terjadi dalam diri Anda. Juga bisa mengikutkan limpahan rasa rindu, memberikan berita baik atau jelek dan lain-lain.

Disamping itu, Anda juga bisa juga isi sisi isi surat pribadi ini dengan bercerita bermacam pengalaman penting atau terkesan yang Anda lewati, baik itu bersedih atau berbahagia. Saat menulis sisi isi surat pribadi ini Anda pun tak perlu begitu resmi. Catat saja dalam bahasa yang mengucur dan upayakan tidak berbelit supaya pembaca dapat semakin gampang dalam pahami.

Isi Penutup

Yang jangan diacuhkan dalam membuat surat pribadi dengan mengikutkan ada penutup. Biasanya yang bakal ditulis dalam sisi ini ialah mengutarakan permintaan maaf ke yang menerima surat. Selain itu, juga penting mengikutkan bermacam keinginan dan perkataan terima kasih supaya kesannya semakin dapat.

Seharusnya, dalam membuat sisi penutup surat prbadi ini tidak dicatat panjang lebar. Anda perlu membuat 2-3 kalimat saja yang gampang dimengerti. Menulis penutup yang berbelit-belit malah akan membuat kerapian dari surat jadi hancur.

Nama Anda dan tanda-tangan

Sisi paling akhir dari surat pribadi dengan memberikan nama jelas dan tanda-tangan sang pengirim. Umumnya, sisi ini akan ditulis pada bagian bawah sendiri sudut kanan dari suratnya.

Tetapi, pada bagian kiri bawah tidak jadi masalah yang utama di dalamnya tercantum nama dan tanda-tangan Anda. Nama dan tanda-tangan sendiri dapat Anda catat dengan jelas dan singkat.

Janganlah lupa menambah tanda-tangan karena sisi ini lebih banyak yang lupa mengikutkannya. Sekalinya tipe surat pribadi ini bukanlah surat yang sah, namun tetap penting untuk Anda untuk memberikan tanda-tangan. Kecuali untuk kelengkapan surat, itu untuk memberikan keyakinan yang menerima jika itu ialah surat dari Anda.

Bagian-bagian yang perlu ada dalam surat pribadi di atas perlu Anda lihat dan ketahui satu per satu supaya betul-betul dapat membuat surat pribadi yang pas dan baik. Dan janganlah sampai ada yang terlewati karena surat Anda pasti jadi kurang prima dan kurang nyaman dibaca.

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Atau Teman Sekelas

Surat pribadi atau individual letter ialah surat yang dibikin oleh perorangan/pribadi yang diperuntukkan untuk pihak tertentu.

Misalkan untuk sahabat sejati, teman, kakak, orangtua, dan guru favorite.

Bagaimana wujud dan pola surat pribadi?

Silahkan turuti ulasan dan beberapa contoh surat pribadi untuk teman, sahabat, orangtua, dan contoh surat pribadi sah untuk guru berikut:

1. Surat Pribadi Singkat untuk Sahabat

Sidakangen, 19 Oktober 2020

Salam sahabat sejati….

Bagaimana beritanya teman,mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Pemberi Anugerah selalu melimpahkan karunia-Nya untukmu dan Bapak Ibu, dan keluarga besarmu.

Pertemanan sejati ialah idaman tiap insan.

Hubungan pertemanan yang tidak terlilit oleh waktu, tanpa pola keuntungan sebentar, dan tanpa pola-motif sebentar.

Dan saya rasakan itu semuanya ada pada hubungan pertemanan kita.

Berpuluh tahun hubungan itu tidak terputus, walaupun diperjalanan saat itu telah tidak terhitung kembali bermacam kejadian kita lewati.

Ada bersedih, ada senang, dan ada percampuran ke-2 nya.

Tetapi hubungan pertemanan kita tak pernah sirna.

Bahkan juga sampai kita sama hidup dengan keluarga semasing.

Pertemanan sejati itu masih dan terus terikat secara baik, tanpa dipengaruhi harta, kekayaan, kedudukan, dan accessories duniawi yang lain.

So, saya mengharap pertemanan ini terus akan terikat sampai ke surga-Nya.

Tulisan simpel ini, menyengaja aku bikin untuk kenang kembali perjalanan pertemanan kita.

Dan berikan motivasi diri untuk selalu mempertahankannya sampai ajal jemput dan bersambung dalam kehidupan sesudah kehidupan dunia.

Mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Dengar merestui keinginan dan doa-doa yang tercantum pada surat untuk sahabat sejati ini.

Wassalam

Sahabat sejatimu,

Roy Royan

2. Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat Pena

Pekalongan, 10 Oktober 2020

Dear sahabat pena-ku…

Pertama, cuman kata ma'af yang patut saya katakan untuk sahabat pena terbaikku.

Semenjak kuterima surat paling akhir darimu tanggal 20 Januari 2020 sampai sekarang tidak pernah kudengar kembali berita dari kamu.

Tidak pernah ada kembali SMS, WA, Telegram, dan e-mail masuk di inbox-ku darimu.

Bertanya ke teman dekat-sahabat lain juga telah saya kerjakan, tetapi belum berbuah hasil yang memberikan kepuasan.

Ini semua membuat pemikiran dan imajinasiku mengenai kamu juga melayang-layang tidak pasti arah.

Ada apakah kiranya, kok tidak ada beritanya.

"jangan-jangan…", "jangan-jangan….", dan beberapaaya terus kacau dalam pemikiran bawah sadarku.

Sampai pada akhirnya untuk menyembuhkan rasa ingin tahu, saya catat surat untuk sahabat pena ini.

Di kehidupan, permasalahan dan masalah memang tidak pernah sepi, selalu ramai seperti pasar ‘krempyeng' di dekat komplek perumahan rumahku.

So, bila kamu ada permasalahan yang susah diperpecahkan, bagaimana jika share denganku, mungkin saya dapat sedikit memberi saran dan anjuran yang kemungkinan dapat menolong.

Yang perlu bukan meminta kontribusi uang.

"itu mah saya masih tetap berusaha"

Bagaimana, siap?

Oke dech, sangkanya cukup sampai di sini dahulu ya surat untuk sahabat pena ini, lain kali kita teruskan ngobrol-ngobrolnya.

Pada akhirnya, moga Tuhan Yang Maha Pembuka Karunia selalu menebarkan rahmat-Nya untuk kita semua. Aamiin.

Sahabat pena-mu,

Akil M Jono

3. Surat Pribadi untuk Teman Sejati

Sikumpul, 18 September 2020

Dear Doni teman baikku,

Teman baik dan tidak tinggi hati memang "ngangenin setelah" tidak lekang oleh waktu, dan tidak terkikis oleh jaman.

Kembali ngapain Don?

Esok ada waktu senggang tidak?

Jika ada, yok turut saya ngumpul-ngumpul bersama rekan-rekan komune Ojol Nyleneh.

Asyik sekali acaranya, dan yang jelas hebat dan dapat membuat obat depresi.

Ingin ya?

Okelah, jika maka kelak kita tetapkan waktunya dan sekaligus menyiapkan hal yang lain.

Tetapi jika tidak maka ya tidak apalah, nyante saja teman.

Saya nantikan info secepat-cepatnya ya, supaya saya selekasnya menuntaskan pekerjaan teratur ini hari.

Begitu surat untuk teman ini aku bikin.

Mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Pemberi Kemuliaan selalu meluapkan kebaikkannya untuk kita.

Aamiin.

Teman baikmu,

Don Setiawan

4. Contoh Surat Pribadi untuk Teman Kuliah

Hello gan,

Bagaimana beritanya gan?

Telah lama sekali kita tidak bertemu sesudah ujian akhir semester genap.

Saya kangen gurau riang mu gan.

Joke-joke lucu dan pintar mu,

Dan beberapa cerita simpel, lucu, dan guyonan ciri khas mu.

Tiap pribadi di bumi ini memang beda, tidak ada yang serupa.

Tuhan membuat tiap orang memang unik dan berlainan satu sama yang lain.

Kamu semacam itu, dan saya semacam ini.

Itu asyiknya dunia, penuh warna dan ketidaksamaan.

Yang paling penting ialah bagaimana meramu ketidaksamaan-perbedaan itu jadi satu irama suara yang sama-sama lengkapi, hingga bisa membuat irama lagu yang cantik.

Seperti pelangi yang tersusun dari warna yang lain, jadi satu kesatuan yang cocok, cantik dan mempersejuk.

Kapan kamu kembali lagi ke universitas gan?

Kelak saat sebelum kembali ke universitas kabari dahulu saya ya gan.

Atau nanti kita pergi bareng-bareng saja supaya semakin asyik dan tidak menjemukan di perjalanan.

Begitu surat ini aku bikin, mudah-mudahan jadi perhatian.

Semarang, 23 Mei 2020

Teman dekatmu.

Donny K

5. Contoh Surat Pribadi untuk Teman Dekat

Piye kabare' Rek?

Kapan kembali kamu main ke rumahku?

Saya selalu menanti kehadiran kamu gan.

Habis kamu selalu menceria-kan situasi di rumahku,

Hingga Bapak dan Ibuku sering menanyakanmu "kapan temanmu main kesini", "sudahkah tidak bersahabat kembali sama dia kah?"

Cepat-cepat saya menerangkan semampuku.

Jika kamu sedang repot kerjakan pekerjaan kuliah, sedang ada pelatihan bahasa Inggris, Pelatihan Akuntansi dan lain-lain.

Dasarnya mencari argumen yang seperti dan ke-2 ortuku yakin.

Walau sebenarnya saya sendiri tidak tahu apakah yang sesungguhnya sedang terjadi dengan diri kamu.

Karena itu, saya minta esok atau kelak sore main ya ke rumahku.

Hitung-hitung turut menghibut ke-2 orang tuaku.

Meskipun kamu bukan ‘sang penghibur', tetapi sekurang-kurangnya dapat memberi sedikit selingan untuk keluarga kami

Dan lewat surat simpel ini, saya berikan bila kamu ingin ke rumahku dengan pintu terbuka saya persilakan.

Semoga pertemanan ini selalu terikat secara baik selama hidup.

Dan mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Pemberi akan memberi karunia-Nya untuk kebaikan kita. Aamiin.

Gunungsari, 17 September 2020

Teman akrabmu,

Ray Roy

6. Contoh Surat Pribadi Pendek untuk Sahabat

Jakarta, 15 Mei 2018

Teruntuk Sahabat baikku,

Di Sumatera

Assalamu'alaikum

Hai vin, sukur Alhamdulillah saya pada kondisi sehat tanpa rintangan satu apa saja. Saya benar-benar mengucapkan syukur ke Tuhan karena kabarmu baik saja. Kita telah lama ya tidak berjumpa. Saya betul-betul telah tidak sabar ingin kembali berjumpa denganmu sekedar untuk menceritakan mengenai pengalaman-pengalaman kita. Tentu saat ini kamu lebih elok dan dewasa. Oh iya, mengenai kehidupanku yang saat ini, saya kerasan sekali tinggal pada tempat ini meskipun awalannya benar-benar sulit untuk penyesuaian. Wajarlah karena hiruk pikuknya Jakarta yang paling sesak dan kurang ramah.

Saya benar-benar meridukanmu vin. Kangen dengan semua kehidupan dan rutinitas di dusun. Juga kangen dengan rekan-rekan semuanya yang berada di sana. Karena sangat rindunya, saya jadi mimpi jika tadi malam kita bermain bersama. Oh ya, kebenaran ada berita yang bagus untukmu. Sekarang saya telah diterima di Kampus Indonesia di jalur Pengkajian Wanita. Saya sukses berkompetisi dengan beberapa ratus bahkan juga beberapa ribu pendaftar lainnya loh. Saya belajar dengan benar-benar giat karena itu dan karenanya saya sukses diterima di Kampus yang dahulu kau ngomong sangatlah baik ini.

Vin, kamu harus belajar dengan benar-benar giat supaya hidupmu dikasih keringanan. Janganlah lupa juga untuk berdoa agar cita-citamu diwujudkan. Dan percayalah saya selalu doakanmu disini. Saya akan nantikan kamu di sini. Dan kamu harus semangat ya.

Saya anggap cukup sampai di sini dahulu berita dan keinginan dariku. Semua keluargamu titip salam padamu. Mudah-mudahan suskes selalu dan dalam naungan Allah.

Wassalamu'alaikum

Sahabat baikmu

Ttd

Inez

7. Contoh Surat Pribadi untuk Teman Sekelas

Blitar, 20 Mei 2018

Untuk temanku,

Fitri

Di Jombang

Assalamu'alaikum

Hai Bugar, apa kabarnya? Mudah-mudahan kamu selalu pada kondisi baik dan naunganNya. Saya di sini baik saja. Oh iya, bagaimana berita rekan-rekan sekelas semua? Mudah-mudahan mereka masih baik dan solid seperti dahulu. Sebenarnya, saya benar-benar rindukan kalian semua. Rindukan situasi kebersama-samaan kita. Dan berat untuk ku tinggalkan kalian. Khususnya kamu, saya benar-benar rindukan kamu bugar. Kita berdua selalu habiskan waktu bersama semenjak kecil. Mudah-mudahan di peluang kedepan kita dapat berjumpa kembali.

Gagasannya, berlibur saya akan main ke Jombang dan mengharap kita dapat bermain bersama-sama dengan rekan-rekan sekelas. Demikian dahulu surat dariku. Saya benar-benar mengharap balasan darimu. Terima kasih dan sampai jumpa.

Salam teman baikmu,

Intan

8. Contoh Surat Pribadi Singkat untuk Teman Sekelas

Halo teman,

Setelah sekolah barusan, saya berniat ingin ke rumahmu.

Tetapi saya memikir "kok terburu waktunya ya, kelak sore saja" hingga pada akhirnya saya gagalkan kemauan itu.

Barusan saya telah usaha mengontak HP-mu tidak diangkat.

Mengontak telephone rumahmu pun tidak ada jawaban, hingga saya catat surat simpel ini dan saya titipkan ke tetangga yang kebenaran melalui depan rumahmu.

Kembali ngapain saja saat ini? PR-nya telah ditangani apa belum?

Jika belum ditangani yok ditangani bareng-bareng supaya cepat usai dan betul.

Kelak sore seputar jam 15.00 saya akan ke situ, bagaimana, kamu dapat kan?

Jika tidak dapat, kurang lebih jam berapakah bisanya?

Selekasnya kabari saya ya supaya saya dapat menyiapkan buku-buku dan materi yang dibutuhkan hingga proses belajar bersama bisa berjalan mulus dan usai on time sesuai keinginan.

Pada akhirnya, moga Gusti Alloh Yang Maha Penyayang selalu menyiraminya luapan kasih sayang-Nya ke kita. Aamiin.

Teman dekat satu kelasmu,

Adi Joko

Kesimpulan

Surat adalah alat berkomunikasi terkenal yang dipakai oleh manusia. Ada banyak persyaratan pembagian tipe surat, ada yang membandingkan berdasar formalitasnya jadi surat sah dan surat tidak sah atau surat pribadi.

Ada pula yang membandingkan beberapa jenis surat berdasar arah, misalkan surat kuasa, surat pengakuan, surat referensi, surat pemunduran diri.

Dan kesempatan kali ini kami mengulas dan menyuguhkan 24+ contoh surat pribadi untuk teman, sahabat, dan orangtua, dan contoh surat pribadi sah untuk guru.

Demikianlah yang bisa kami bagi dan ulas mengenai surat pribadi. Mudah-mudahan berguna. Terima kasih.

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Atau Teman Sekelas"