Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Makalah Efek Rumah Kaca Bagi Kehidupan

Efek rumah kaca merupakan proses pemanasan yang terjadi pada permukaan suatu benda langit yang terjadi akibat adanya kondisi atmosfer maupun komposisinya. Hal ini biasanya terjadi pada benda langit yang beratmosfer, misalnya mars, venus, saturnus, planet, dan sebagainya. Jadi, makalah efek rumah kaca adalah makalah yang membahas tentang benda-benda langit yang memiliki efek rumah kaca.

Dalam makalah efek rumah kaca ini, Anda dapat mengetahui seluk-beluk efek rumah kaca, pengaruh rumah kaca, cara menanggulangi efek rumah kaca, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga harus menjelaskan kepada pembaca bahwa, efek rumah kaca dibagi menjadi dua bagian yang berbeda, yaitu efek rumah kaca alami dan tidak alami.

Efek rumah kaca alami yang merupakan pemanasan yang terjadi secara alami di bumi dan efek rumah kaca tidak alami yang merupakan pemanasan yang terjadi akibat ulah tangan manusia (pemanasan global). Saat ini keduanya diterima oleh para ilmuwan, meskipun terdapat perbedaan pendapat.

Contoh Makalah Efek Rumah Kaca Bagi Kehidupan

Joseph Fourier merupakan orang yang pertama kali mengusulkan tentang efek rumah kaca, tepatnya pada tahun1824. Istilah efek rumah kaca atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai green house effect. Anda pasti ingin tahu gambaran sederhana mengenai terjadinya efek rumah kaca.

Hal tersebut bisa dilihat pada pengalaman para petani yang bermukim di daerah yang memiliki iklim sedang. Biasanya, para petani tersebut memanfaatkan rumah kaca sebagai media untuk menanam sayur-mayur dan beraneka ragam bunga.

Anda pasti heran, mengapa para petani memilih rumah kaca? Karena suhu di dalam rumah kaca lebih tinggi jika dibandingkan dengan di luar rumah kaca.

Hal tersebut terjadi karena sinar matahari yang masuk ke rumah kaca tersebut akan dipantulkan kembali oleh benda-benda yang ada di dalam ruangan kaca sebagai gelombang panas yang berupa sinar infrared. Panas yang tertahan pada atap kaca tersebut dapat mengakibatkan udara di dalam rumah kaca menjadi hangat meskipun udara di luar rumah kaca dingin.

Mekanisme dan Penyebab Terjadinya Efek Rumah Kaca

Pada makalah efek rumah kaca, Anda juga dapat membahas mengenai mekanisme dan penyebab terjadinya efek rumah kaca. Efek rumah kaca terjadi akibat meningkatnya gas karbondioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer.

Peningkatan tersebut terjadi akibat adanya kenaikan pembakaran bahan bakar minyak, batu bara, dan beberapa bahan bakar organik lainnya yang melebihi batas kemampuan tumbuhan-tumbuhan dan laut dalam menyerapnya.

Tahukah Anda bahwa energi yang masuk ke bumi, dipantulkan oleh awan dan partikel lain di atmosfer sebesar 25%, diserap oleh awan sebesar 25%, diserap oleh permukaan bumi sebesar 45%, dan yang 5 % dipantulkan kembali oleh permukaan bumi dalam bentuk radiasi inframerah. Nah, sinar yang dipancarkan oleh bumi tersebut tertahan oleh awan, gas CO2, dan gas yang lainnya, yang akan dikembalikan ke permukaan bumi.

Dari masalah tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa selain gas CO2, ada benda lain yang bisa menimbulkan efek rumah kaca, di antaranya nitrogen dioksida (NO2), belerang dioksida, nitrogen monoksida (NO), dan masih banyak senyawa organik lainnya, seperti klorofluorokarbon (CFC) dan gas metana.

Gas-gas yang memiliki fungsi sebagaimana terdapat pada rumah kaca bisa disebut sebagai gas rumah kaca (GRK) atau green house gases. Gas-gas tersebut memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan efek rumah kaca.

Efek rumah kaca terjadi karena adanya perubahan pada komposisi gas rumah kaca, yakni meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca secara global sebagai akibat dari aktivitas manusia terutama aktivitas yang ada hubungannya dengan pembakaran bahan bakar fosil, misalnya minyak, gas, dan batubara.

Beberapa aktivitas yang menimbulkan efek rumah kaca, di antaranya AC, kendaraan bermotor, pembangkit tenaga listrik, komputer, dan memasak. Selain disebabkan oleh beberapa aktivitas tersebut, gas rumah kaca juga bisa dihasilkan akibat dari penggundulan dan pembakaran hutan.

Di samping itu, aktivitas dalam pertanian dan peternakan yang menggunakan tambahan zat-zat tertentu dalam kegiatan mereka, misalnya karbondioksida, metana, dan nitroksida.

Dampak yang Ditimbulkan Efek Rumah Kaca

Selain informasi mengenai pengertian efek rumah kaca, salah satu hal yang wajib Anda sertakan dalam makalah efek rumah kaca adalah dampak yang ditimbulkan dari aktivitas tersebut. Setelah memahami penjelasan sebelumnya, Anda dapat memahami bahwa konsentrasi CO2 yang tinggi pada atmosfer bumi menjadi penyebab emisi panas yang dikeluarkan oleh benda lain di permukaan bumi.

Akibatnya, suhu di bumi ini menjadi bertambah panas. Nah, efek yang ditimbulkan akibat ketinggian CO2 yang mencapai ambang batas adalah sinar matahari tidak akan mampu lagi menembus hingga ke permukaan bumi.

Dalam hal tersebut, kita dapat mengambil kesimpulan sederhana bahwa, jika konsentrasi CO2 sudah mencapai titik jenuh, maka bisa dipastikan bumi akan mengalami gelap akibat adanya radiasi panas yang tidak mampu menembus bumi. Selain itu, hal tersebut terjadi sebagai akibat dari dipantulkannya kembali C02 keluar angkasa.

Akibatnya, suhu bumi akan menurun secara drastis dan terjadi pembekuan pada permukaan air. Efek lain yang ditimbulkan akibat emisi gas rumah kaca adalah masalah pada beberapa flora dan fauna.

Pada hewan yang bertelur, seperi ikan dan ayam akan mengalami kerusakan reproduksi dan beberapa jaringan lainnya yang berakibat pada musnahnya populasi hewan tersebut. Pada tumbuhan yang seharusnya membutuhkan konsentrasi CO2 untuk membantu proses fotosintesis, menjadi tidak bisa melakukan prosesnya.

Proses sel fotosintesis yang terdapat pada daun tertutup oleh jelaga yang merupakan efek samping dari CO2. Hal itu bisa mengakibatkan kerusakan pada tumbuhan. Selain berakibat pada kerusakan beberapa flora dan fauna, meningkatnya suhu permukaan bumi bisa menyebabkan perubahan iklim yang sangat ekstrim di bumi.

Perubahan tersebut bisa mengakibatkan terganggunya hutan dan ekosistem lainnya yang seharusnya membantu menyerap karbon dioksida di atmosfer menjadi berkurang kemampuannya. Efek rumah kaca bisa mengakibatkan gunung-gunung es di kutub utara mencair, yang berakibat pada naiknya permukaan laut.

Permukaan air laut yang naik dapat mengakibatkan erosi di daerah sekitar pesisir pantai, kerusakan terumbu karang, kerusakan hutan bakau, intensitas cahaya di dasar laut menjadi berkurang, dan gelombang air laut yang semakin tinggi.

Efek rumah kaca yang membuat suhu di bumi meningkat tidak hanya mengganggu ekosistem, akan tetapi juga kerusakan pada lingkungan, misalnya pencemaran limbah, polusi udara yang ikut berkontribusi terhadap berbagai penyakit, seperti jantung, asma, alergi, paru-paru, coccidiodomycosis, dan lain-lain.

Namun, satu yang perlu diingat bahwa efek rumah kaca tidak hanya memiliki dampak buruk pada kehidupan, karena efek rumah kaca juga memiliki dampak positif yang bisa dirasakan oleh manusia dan seluruh makhluk di bumi.

Bayangkan saja, jika tanpa adanya efek rumah kaca, maka bisa dipastikan bahwa planet ini akan menjadi sangat dingin. Selain itu, adanya efek rumah kaca membuat kita semua menjadi lebih hati-hati dan hemat dalam menggunakan bahan bakar fosil, menyadarkan manusia akan pentingnya Tuhan sebagai penyerap gas polutan dan penghasil oksigen, dan menjadikan manusia lebih kreatif dalam mengolah limbah.

Cara-Cara Menanggulangi Efek Rumah Kaca

Nah, agar makalah efek rumah kaca Anda menjadi menarik, jangan lupa untuk menyertakan cara-cara menanggulangi efek rumah kaca. Terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk memperlambat bertambahnya gas rumah kaca.

Pertama, dengan cara mencegah terlepasnya karbon dioksida ke atmosfer dengan menyimpan gas tersebut ke tempat lain atau yang disebut dengan carbon sequestration. Kedua, dengan cara mengurangi produksi gas rumah kaca. Cara yang paling mudah dilakukan, di antaranya memelihara pepohonan, reboisasi lahan yang gundul, pengelolaan sampah secara tepat, dan sebagainya.

Demikian informasi tentang efek rumah kaca, semoga bermanfaat.

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "Contoh Makalah Efek Rumah Kaca Bagi Kehidupan"

Cara Membuat Kerajinan Janur Pernik... x
Cara Membuat Kerajinan Janur Pernikahan Sederhana By Cadil