Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Membuat Cerita Pendek Lucu Yang Menghibur Dengan Teknik Ini!

Menjadi komedian ternyata tidaklah mudah. Bagaimanapun, mereka yang mempunyai profesi sebagai komedian haruslah selalu bisa membuat cerita pendek lucu yang bisa menghibur orang yang menontonnya. Sebuah cerita lucu biasanya selalu diawali dengan kejadian yang umum yang kadang membuat pendengar berfikir terlebih dahulu setelah itu akhirnya baru diberikan klimaks agar cerita itu menjadi lucu.

Cerita lucu yang baik setidaknya harus bisa membuat orang tertawa bukan malah menjadi sebuah cerita yang membosankan. Cerita lucu juga harusnya ditulis atau diceritakan singkat saja. Jika kita membuat cerita lucu yang terlalu panjang, orang yang mendengarnya apsti akan bosan menunggu apa akhir dari cerita itu dan dimana bagian lucunya tersebut.

6 Cara Membuat Cerita Pendek Lucu Yang Menghibur Dengan Teknik Ini!

Mengapa harus bisa membuat cerita lucu? Karena semua orang pastilah menyukai humor. Jika seseorang tidak menyukai humor dalam hidupnya berarti bisa dipastikan dia adalah orang yang serius. Menjadi orang yang terlalu serius dalam menjalani hidup sebetulnya tidak baik karena hal ini akan berpengaruh kepada psikologis kita.

Ketidaksukaan seseorang terhadap humor akan membuat otak selalu tegang dan tidak rileks. Dengan mendengarkan, membaca atau membuat cerita lucu kita akan merasakan hidup lebih rileks dan terkesan ramah karena bisa membuat orang-orang atau diri sendiri sering tertawa ataupun sering tersenyum.

Untuk membuat cerita pendek lucu ternyata da teknik-teknik yang harus dikuasai. Beberapa teknik itu adalah sebagai berikut:

1. Membuat Cerita Lucu Haruslah Bisa Berani

Berani dalam konteks membuat cerita lucu ini adalah kita harus punya muka tebal, tidak tahu malu agar sukses menjadi penulis cerita lucu tersebut. Jika tidak berani menyatakan sesuatu yang biasa saja menjadi hal yang lucu kita belum sukses untuk membuat sebuah cerita lucu.

Keberanian untuk melucu dalam bentuk tulisan adalah sesuatu yang penting yang harus dimiliki oleh seorang penulis cerita lucu. Jangan takut merasa bahwa melucu dengan cara memperolok diri sendiri atau orang lain akan membuat orang tersinggung. Biatlah sedikit catatan bahwa ini adalah sebuah perumpamaan bukan mengolok dalam konteks yang sebenarnya.

Untuk menjadi seorang yang berani dalam menulis cerita lucu juga jangan asal berani. Yang terpenting, jika ingin mengambil objek orang lain dalam membuat cerita lucu, jangan sampai kita membicarakan fisik atau hal-hal negatif yang bisa benar-benar membuat orang lain itu tersinggung. Karena hal seperti itu bukan membuat sebuah cerita menjadi lucu malah menjadikan cerita itu sebagai hal yang sangat konyol.

2. Membuat Cerita Lucu Harus Bisa Berfikir di Luar Batas Imajinasi

Biasanya, orang yang bisa membuat cerita lucu adalah orang yang sehari-harinya bisa juga untuk melucu di depan banyak orang. Melucu itu haruslah mempunyai pemikiran di luar batas orang yang mendengarnya. Cerita lucu yang disampaikan oleh komedian professional biasanya tidak disangka akhir ceritanya ataupun menceritakan hal yang tidak pernah terpikirkan oleh diri kita sendiri. Hal ini akan menjadi nilai plus dalam membuat cerita pendek lucu.

Para komedian yang bisa membuat cerita lucu di luar batas adalah salah satu contoh orang yang kreatif menuangkan ide-ide ke dalamnya. Hal-hal yang remeh dalam kehidupan nyata sehari-haripun bisa jadi bahan cerita lucu jika kita megemaskan dengan baik sekali.

Itulah yang dinamakan berfikir di luar batas imajinasi. Dengan segala keterbatasan yang ada, jika kita bisa membuat sebuah cerita lucu dari bahan yang ada kita bisa disebut dengan salah satu orang kreatif peramu cerita.

3. Menjadi Orang Lain

Orang yang bisa membuat cerita lucu baik itu komedian ataupun ahli membuat cerita lucu bisa saja tidak menjadi diri sendiri melainkan jadi orang lain untuk menarik perhatian pembaca, pendengar atau penonton dalam menyampaikan cerita lucu kita. Salah satu hal penting yang harus dicata untuk seorang penulis cerita lucu adalah, kita harus meyakinkan pembaca bahwa cerita kita adalah cerita yang lucu.

Untuk membuat cerita lucu itu tidak harus dengan berpura-pura menjadi badut, membanyol, ataupun dengan bertingkah laku aneh. Dengan menjadi orang lain contohnya, kita tidak akan disangka akan bisa menulis cerita lucu tersebut.

Misalnya, jika kita adalah orang yang sering membuat orang tertawa, cobalah sekali-kali kita menjadi orang yang bukan diri kita sendiri seperti orang serius dalam menulis cerita. Jika pembaca mengerti betul karakter kita sebenarnya dalam menulis cerita lucu, maka hal ini akan dianggap lucu oleh mereka karena itu bukan kita yang sebenarnya.

4. Memperolok Diri Sendiri

Biasanya, salah satu cara jitu untuk mennjadi komedian atau membuat cerita pendek lucu adalah dengan mencoba memperolok diri sendiri. Selain memperolok, biasanya kita menampilkan kelemahan kita sendiri di dalam tulisan atau ketika sedang tampil menjadi komedian di depan umum.

Memberikan cerita lucu dalam tulisan tidak perlu harus mengorbankan untuk memperolok atau membicarakan orang lain, dengan membicarakan diri sendiri pada sisi yang konyol pun bisa menjadi bahan tawaan bagi para pembaca maupun penonton yang mendengarkan atau membaca cerita lucu kita.

5. Mengejutkan Orang Lain

Salah satu tujuan membuat cerita lucu adalah mendapatkan kesimpulan di akhir cerita. Inilah yang harus dilakukan untuk bisa mengejutkan orang lain. Karena isi dari cerita lucu haruslah ada di akhir.

Jadi, jangan terllau membuat cerita lucu di awal tulisan. Hal ini akan membuat pembaca bisa menebak akhir cerita. Kalau bisa, buat cerita awal dan akhir sedikit berbeda dengan tema kelucuan yang sama. Inilah yang bisa mengejutkan orang lain sebagai pembaca.

Untuk itu, biarlah para pembaca berpikir dan menemukan titik kelucuannya itu sendiri jangan diarahkan terdahulu dengan tulisan lucu kita di awal cerita. Jangan gunakan kata-kata yang rumit dan sulit dicerna oleh pembaca. cerita lucu adalah cerita yang ringan jadi gunakan kata-kata yang singkat ataupun sederhana agar pesan dalam cerita itu bisa dimengerti oleh semua kalangan pembaca.

6. Poles Cerita Lucu Agar Terkesan Lebih Sempurna

Sebuah cerita pastilah tidak akan ada yang sempurna. Maka dari itu, menulis sekali saja dan dirasa beres dan rapi pastilah tidak akan terukur sempurna. Untuk mencapai kesempurnaan, walau pastinya tidak akan 100% sempurna, tulisan dalam cerita lucu haruslah ditelaah kembali dengan dipoles ataupun diedit dengan baik.

Hal ini dkarenakan mengeditan sebuah cerita dalam naskah akan membuat kita mengetahui apa yang kurang, apa yang salah dan apa yang harus dipotong dalam tulisan itu. jiak sudah diperiksa dan dipoles dengan diamati berkali-kali tulisan dalam cerita lucu itu barulah kita bisa mengatakan kalau cerita lucu itu layak untuk dibaca oleh orang lain.

Beberapa tips untuk membuat cerita pendek lucu ini hendaknya dipelajari dengan baik karena setidaknya kita mempunyai pendapat dan pemikiran masing-masing dalam menuangkan ide dalam menulis cerita lucu ini. Semoga bisa berhasil membuat cerita yang lucu dan syarat makna. Semoga bermanfaat.

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "6 Cara Membuat Cerita Pendek Lucu Yang Menghibur Dengan Teknik Ini!"