Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Langkah Termudah Dalam Membuat Laporan

Ketika kita menjalani sebuah tugas, pastinya tugas tersebut diberikan oleh mereka yang menjadi atasan kita, bukan? Ataupun ketika kita menjalani sebuah kegiatan, kita pastinya ingin membuat sebuah dokumentasi, bukan? Semua itu bisa dimasukkan ke dalam bentuk sebuah laporan. Dalam membuat laporan terkadang memang diperlukan. Tujuannya ialah untuk memberitahukan apa saja yang sudah dikerjakan dalam kegiatan tersebut.

Dengan adanya sebuah laporan yang diperlihatkan kepada atasan atau orang banyak, membuat mereka menjadi lebih yakin dengan apa yang kita kerjakan saat itu. Fungsi laporan memang sangat penting, tidak hanya untuk memberikan sebuah berita, juga berisi komitmen yang kita lakukan dalam kegiatan tersebut. Dengan demikian, membuat sebuah laporan bisa menjadi cara yang penting dilakukan.

10 Langkah Termudah Dalam Membuat Laporan

Namun tahukah bahwa bentuk laporan tersebut ada bermacam-macam jenisnya? Semua itu disesuaikan berdasarkan dengan di mana laporan tersebut dibuat. Selain itu, cara membuatnya pun bisa dikatakan tidak terlalu sulit. Nah mau tahukah ulasan seputar laporan yang diperlukan itu? Untuk itu, ada baiknya untuk menyimak ulasannya di sini saja.

Cara Membuat Laporan Dengan Mudahnya

Untuk membuat sebuah laporan banyak yang dibuat bingung bagaimana memulainya. Namun semua itu sebenarnya tidak perlu dibuat bingung karena membuat sebuah laporan tersebut cukup mudahnya. Lalu seperti apakah caranya itu? Untuk mengetahuinya, marilah kita simak ulasannya dalam paparan berikut ini.

Langkah pertama - Sampul

Dalam langkah yang awal ini kita akan diajak untuk membuat sampul dari laporan tersebut. Dalam sampul tersebut nantinya ada beberapa informasi yang harus dijabarkan dengan jelas. Dari informasi tersebut, judul kegiatan tentunya jangan sampai lupa. Untuk judul kegiatan tersebut bisa dibuat dengan cukup besar, dengan huruf yang jelas terbaca pula.

Jika memang memungkinkan untuk dipasang dengan logo maka itu bisa dilakukan. Selain itu, agar lebih kuat, tambahkan pula dengan waktu pelaksanaan kegiatan tersebut beserta dengan lokasinya. Untuk lokasi dan waktu bisa dengan gambaran secara garis besar saja. Misalkan dengan Bandung, Jakarta, atau Surabaya. Sedangkan untuk waktu cukup menyertakan hanya tahun pelaksanaanya saja.

Langkah Kedua - Dasar Kegiatan

Dalam langkah yang kedua ini bisa diberitahukan mengenai dasar kegiatan. Apakah dasar kegiatan itu? Untuk mengetahuinya cukup mudah, yakni alasan atau latar belakang kenapa kita melakukan kegiatan tersebut. Untuk langkah yang satu ini kita bisa memberitahukannya dengan mendetail.

Beri pandangan mengenai alasan tersebut dari sudut yang lain sehingga kegiatan tersebut memang layak dilakukan. Jika perlu, tambahkan dengan beberapa fakta yang memang ada di lapangan. Hal ini adalah data yang diperlukan untuk memperkuat laporan tersebut. Jadi ketika ada yang bertanya kenapa kita melakukan kegiatan tersebut, kita bisa menjawabnya dengan data yang akurat.

Langkah Ketiga - Tujuan Laporan Kegiatan

Untuk mengulas tentang langkah berikut ini, kita perlu menjabarkan tentang tujuan dari dilakukannya kegiatan tersebut. Kenapa kita dirasa sangat perlu untuk melakukan kegiatan tersebut? Jabarkan secara mendetail dan usahakan untuk bisa tepat sasaran.

Untuk mempermudah dalam pembahasan, alangkah baiknya tujuan disusun dengan bentuk poin-poin. Selian tentunya didukung pula dengan keterangan paragraf narasi deskripsi agar menjadi semakin kuat.

Langkah Keempat - Pembahasan

Dalam langkah ini akan berisi tentang bahasan dari waktu pelaksanaan kegiatan serta dengan di mana tempat tersebut berlangsung. Untuk waktunya harus dijabarkan dengan mendetail juga, jangan pernah memberi ulasan yang fiktif. Beritahukan pula yang sesuai dengan kenyataan dari kondisi yang ada di lapangan.

Sementara itu, untuk lokasi kegiatan bisa diberitahukan secara mendetail juga seperti apa kondisi lapangan tersebut. Jika memang untuk sampai ke lokasi tersebut diperlukan banyak biaya, jangan luput dari perhatian dan harus dicantumkan berapa banyak dana yang diperlukan. Semua ini harus dijabarkan secara tepat sasaran.

Langkah Kelima - Peserta Kegiatan

Bagaimana untuk mengisi dalam langkah yang satu ini? Untuk langkah kelima ini berisi tentang siapa yang menjadi peserta dari kegiatan tersebut. Selain itu, bagaimana dengan sasaran yang diterima dari imbas kegiatan tersebut, apakah sudah sesuai sasaran atau masih belum?

Untuk peserta kegiatan tersebut sebaiknya dijelaskan secara mendetail jangan pernah ada yang terlewat. Beritahukan secara jelas, mulai dari setiap bagian yang kecil sampai dengan bagian yang terbesar. Sementara itu, untuk sasaran tentunya ada sasaran yang harus dicapai dengan kegiatan tersebut, bukan? Nah beritahukan siapa saja yang menjadi sasaran dalam kegiatan tersebut, apakah mereka rakyat kecil, rakyat pedesaan, atau dengan kalangan orang di pemerintahan. Semua itu harus gamblang dijabarkan.

Langkah Keenam - Jadwal Kegiatan

Untuk menyusun isi dari langkah keenam ini kita akan mengisinya dengan jadwal dari kegiatan tersebut. Dalam setiap kegiatan pastinya diperlukan dengan beberapa jadwal, bukan? Dari mulai hari pertama sampai dengan hari terakhir. Namun ada yang harus diperhatikan, yakni usahakan untuk membuatnya dalam program Microsoft Ecxel. Kenapa?

Dengan membuatnya dalam program tersebut kita akan mendapatkan hasil jadwal yang tersusun secara rapi. Kerapian memang menjadi salah satu yang harus diperhatikan dalam membuat laporan kegiatan ini.

Langkah Ketujuh - Sumber Dana Kegiatan

Kegiatan yang dilakukan pastinya akan menyedot dana, baik itu sedikit apalagi sampai banyak. Lalu dari manakah dana tersebut diperolehnya? Apakah itu dari dompet pribadi atau dari suatu lembaga dengan menyerahkan proposal? Ulasan mengenai dana ini menjadi sebuah ulasan yang sangat penting dilakukan.

Dalam membuat laporan sangat penting mengulas tentang dana. Kenapa demikian? Dana tersebut rentan dengan urusan politik dan korupsi. Jika tidak dijabarkan dengan mendetail, dikhawatirkan ada banyak anggapan yang tidak sesuai harapan. Jika sudah begitu maka bukan tidak mungkin kita sendiri yang nantinya akan terpojokkan. Untuk itu, beritahukan dengan sejelas-jelasnya, jangan ada dana terselubung.

Langkah Kedelapan - Penggunaan Dana

Untuk langkah berikut ini masih ada hubungannya dengan dana. Di sini akan diulas mengenai penggunaan dana yang sudah diberitahukan tersebut. Untuk apa sajakah dana tersebut digunakan? Jabarkan secara jelas dari mulai penggunaan yang paling kecil sekalipun sampai dengan penggunaan yang palilng besar. Jika perlu sertakan juga dengan bukti berupa kuitansinya. Tentunya hal ini agar penggunaan dana tersebut memiliki kekuatan.

Langkah Kesembilan - Hasil Kegiatan

Setiap kegiatan tentunya memiliki hasil seperti apa yang telah dicapainya, bukan? Hasil inilah yang harus ada di bahasan kesembilan ini. Kegiatan tersebut akan memberikan hasil, baik untuk pribadi yang melaksanakan atau dengan kelompok yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

Nah untuk memberikan hasil nyata yang telah dibuat, sertakan dengan deretan fotografi. Dengan foto tersebut akan membuat sebuah laporan tersebut tampak begitu nyata, dan tidak sekadar tulisan komputer belaka. Hasil tersebut bisa diberikan dengan data yang akurat tentunya, jangan pernah ada fiktif untuk sebuah hasil laporan.

Langkah Kesepuluh - Kritik Dan Saran

Langkah ini menjadi bagian yang terakhir untuk dibahas dalam cara membuat laporan. Saran terkadang diperlukan untuk membuat laporan di kemudian harinya menjadi lebih lancar lagi. Untuk isian dari bahasan tentang saran ini bisa dengan kendala atau juga dengan hambatan apa saja yang ditemui selama kegiatan berlangsung ataupun sebelum.

Kenapa perlu adanya ulasan tentang saran dari hambatan tersebut? Tentu saja karena dengan adanya bahasan tersebut, dapat membantu ulasan laporan di kemudian harinya bisa berjalan dengan semestinya.

Nah itulah ulasan mengenai cara membuat laporan dengan mudahnya. jadi bagaimana, tentunya bisa kan untuk membuatnya? Semoga bermanfaat.

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "10 Langkah Termudah Dalam Membuat Laporan"