Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Laporan Perjalanan

Laporan perjalanan adalah catatan lengkap aktifitas seseorang, komunitas maupun institusi kelembagaan saat sudah selesai melakukan kunjungan perjalanan ke suatu tempat dan tujuan. Apakah perjalanan tersebut termasuk perjalanan pribadi menggunakan uang sendiri atau perjalanan dinas memakai uas kas negara.

Sebenarnya membuat laporan perjalanan adalah hal biasa dan lazim dilakukan bagi pejabat publik. Menjadi tidak lazim ketika di dalam laporan tercantum biaya yang tidak wajar, seperti untuk kunjungan studi banding saja sampai harus menelan biaya miliaran rupiah.

Pentingnya Laporan Perjalanan

Zaman dahulu sebelum era reformasi, studi banding populer dilakukan pejabat publik ke suatu daerah atau kunjungan ke luar negeri. Sampai saat ini laporan dinas tersebut belum membuahkan atau menunjukkan hasil yang memuaskan, baik untuk perbaikan internal institusi pemerintah maupun publik.

Pada prinsipnya, laporan perjalanan tidak hanya diwajibkan kepada pejabat publik, pemerintah, melainkan juga kepada siapa pun dan dari institusi manapun yang secara sengaja melakukan kunjungan kerja ke suatu tempat dengan tujuan tertentu. Selagi ia tidak menggunakan uang, dana, atau anggaran pribadi, maka wajib dilaporkan penggunaan uang perjalanan tersebut.

Laporan Perjalanan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat

Sahabat, bukannya kita mau menjelek-jelekkan anggota dewan yang memang citranya sudah buruk. Kita sebagai rakyat tentulah sangat mendambakan wakil rakyat yang bersih dan benar-benar bekerja demi untuk kepentingan rakyat. Bukan kepentingan partainya sendiri.

Dalam kasus-kasus laporan perjalanan yang bermasalah. Anggota DPR paling sering disorot media seputar perjalanan dinas mereka ke luar negeri. Anggota dewan beralasan, kunjungan mereka sebagai studi banding. Publik menilai hal tersebut adalah “buang uang”. Faktanya, bukan sekali dua kali anggota DPR “kepergok” sedang jalan-jalan, shooping bersama keluarga di saat kunjungan dinas ke luar negeri.

Bagaimana tidak rakyat berprasangka buruk kepada wakil rakyat. Mereka melihat di televisi sesama anggota DPR ribut melulu, rapat malah tidur, dapat uang, dikasih rumah dinas, mobil dinas, dapat gaji ketiga belas. Parahnya lagi, terlibat skandal seks pula.

Selain itu, media khususnya televisi “memanjakan” para anggota dewan yang bermasalah dengan lebih sering mengundang mereka ke dalam acara talk show dan narasumber berita. Terang saja, anggota dewan tersebut makin “sombong” dan merasa “tidak tersentuh hukum.”

Contoh Laporan Perjalanan

Sahabat, sebelum membuat laporan dalam bentuk formal tertulis, sebaiknya dibuat dahulu “coretan-coretan” pengeluaran biaya selama perjalanan. Ada banyak contoh laporan perjalanan dan setiap perusahaan akan berbeda-beda.

Kali ini tim redaksi akan memberikan contoh laporan perjalanan, yaitu sebagai berikut.

1. Penerbit Buku

Dalam rangka mempromosikan buku “Merancang Masa Depan Si Buah Hati” penulis dan editor diminta “marathon” bedah buku di Jakarta selama 3 hari berturut-turut. Buku ini sedang dalam masa laris manis, booming, maka undangan pun banyak berdatangan. Dengan demikian sudah dirancang pengeluarannya, yaitu sebagai berikut.

Penginapan dan logistik 3 hari = Rp. 1.000.000,-

Rental mobil @Rp. 250.000 x 3 hari = Rp. 750.000,-

Driver ............................................= Rp. 300.000,-

Bensin ..........................................= Rp. 500.000,-

Tarif Tol .........................................= Rp. 100.000,-

Banner ..........................................= Rp. 100.000,-

Parkir ...........................................= Rp. 50.000,-

Penulis [bersedia tidak dibayar] promo

Lain-lain..........................................= Rp. 200.000,

============================================== +

Total ...............................................= Rp. 3.000.000,- (Terbilang Tiga Juta Rupiah)

Karena buku "Merancang Masa Depan Si Buah Hati" sedang booming, sambil melakukan bedah buku, mereka jualan buku. Dari segi hitung-hitungan penjualan buku selama 3 hari, maka terjual sebanyak 70 eksemplar dengan harga jual Rp. 69.000,-.

Buku ini booming karena membahas percepatan perubahan perilaku anak di zaman serba online. Misalkan, anak lebih sering menghabiskan waktu di depan komputer atau smarthphones yang terhubung ke internet dari pada berinteraksi sosial dan berkomunikasi dengan orang tua.

Jadi, ketika menyusun laporan, semua kwitansi pembayaran harap disimpan sebagai bukti perjalanan. Setelah laporan pengeluaran selesai, barulah masuk ke tahap laporan perjalanan, seperti menganalisis aktivitas yang dilakukan selama masa perjalanan dinas, yaitu sebagai berikut.

  • Bagaimana respons audiens.
  • Peluang menjual lebih banyak lagi dan menemukan ide-ide inovatif.
  • Dokumentasi selama kegiatan bedah buku.
  • Editor, dalam hal ini sebagai pencatat bagaimana sebuah buku bisa direspons dengan baik oleh pasar. Karena itu, editor yang cerdas adalah editor yang memiliki naluri bagaimana membuat sebuah buku menjadi laku dan booming.

Selain laporan, ada baiknya menganalisis terhadap apa yang sudah kita perbuat dalam aktivitas di perjalanan dinas.

2. Ahli Sejarah

Ahli sejarah yang bernama Dr. Jan Willem Bijzerman tahun 1895 menyusun laporan setebal 536 halaman. Bisa teman-teman bayangkan laporan perjalanan saja sampai 536 halaman dan diberi judul "Dwars door Sumatra: Tocht van Padang Naar Siak, Onder Leiding van den Hoofd-Ingenieur der Staats-Spoorwegen". Artinya, lapoaran perjalanan dari Padang ke Siak.

Siak adalah satu daerah di pulau Sumatera yang sangat terkenal kala imporium Kerajaan Melayu sedang jaya. Di dalam laporan yang menyerupai buku referensi ini diitulis dan dilengkapi dengan dokumentasi foto-foto.

3. Jurnalis

Laporan perjalanan jurnalis wartawan akan berbeda lagi. Di sini laporannya lebih bersifat liputan dan feature. Penyajian suatu berita disampaikan dengan cara berkisah.

Misalkan, Negara Thailand terkenal dengan wisata buah dan pantai. Pemerintah Thailand dalam hal ini sangat mendukung program pengembangan agraria dan perkebunan. Pengalaman kami pertama kali ke Thailand. Suasana kotanya seperti kota-kota besar di Indonesia. Penduduknya ramah bahkan para pedagangnya ada yang bisa berbahasa Indonesia. Kata mereka, “Orang Indonesia suka berbelanja. Kami tidak semua bisa bahasa Indonesia”.

Setelah menikmati kota Thailand yang hangat. Esok paginya jam 6.30 waktu setempat, kami melanjutkan perjalanan ke pusat pengembangan dan pembibitan unggul buah-buahan, dan seterusnya. Pendek kata, laporan seorang jurnalis lebih mirip narasi yang disampaikan secara lisan.

4. Study Tour

Membuat laporan study tour kelihatannya mudah, padahal tidak juga. Kita harus membuat mencatat setiap detail perjalanan, dari mulai jam berangkat sampai pulang. Lalu mengabsen jumlah peserta, menyiapkan sarana akomodasi, transportasi, dan logistik. Panitia penyelenggara harus pula bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kenyamanan peserta study tour.

Laporan Perjalanan Bermasalah

Sahabat, berikut ini adalah kasus-kasus di mana sebuah laporan perjalanan bisa menyeret seseorang ke pengadilan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Kasus-kasus laporan perjalanan yang bermasalah pada umumnya bersumber dari penyelewengan dana yang dikorupsi untuk kebutuhan pribadi.
  • Membuat laporan palsu.
  • Tidak menggunakan fasilitas sebagaimana mestinya. Misalkan, yang seharusnya dapat jatah menginap di hotel bintang 3, malah memilih menginap di hotel bintang lima, ada mark-up dana yang kemudian ditulis dalam laporan menginap di hotel bintang 3.
  • Menggelapkan pajak dalam laporan. Pajak di dalam laporan kelihatan sepele dan sederhana. Bayangkan, pajak yang dicuri dari sekian miliar dana yang dipakai untuk perjalanan dinas anggota dewan ke luar negeri.

Sahabat, jangan stress dalam membuat laporan. Buatlah dengan dua versi. Satu khusus untuk laporan pengeluaran biaya selama perjalanan, sedangkan satu lagi untuk laporan tentang keadaan, situasi, dan kondisi selama perjalanan.

Anggaplah kita membuat riset dan dokumentasi kecil-kecilan supaya kita bisa mengetahui dan mengambil hikmah selama dalam perjalanan. Dan karena itu, buatlah laporan dengan benar. Jangan pernah memalsukan laporan perjalanan, bisa-bisa nanti ditahan dan hidup Anda meringkuk di dalam sel tahanan.

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "Pentingnya Laporan Perjalanan"

Cara Membuat Kerajinan Janur Pernik... x
Cara Membuat Kerajinan Janur Pernikahan Sederhana By Cadil