Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menentukan Topik Makalah Antibiotik

Pembahasan mengenai antibiotik adalah sangat luas. Karena itu sebelum Anda membuat makalah antibiotik, tentukan dulu topik dengan cara mempersempit lingkup pembahasan. Topik yang Anda tentukan ini pada gilirannya bisa menjadi judul dari makalah antibiotik Anda, bisa juga tidak.

Namun, bukan berarti Anda harus memilih topik yang spesifik sebagai judul dari makalah antibiotik yang sedang Anda rancang. Topik makalah berupa tinjauan umum pun masih bisa menjadi pilihan Anda dalam menyusun makalah Antibiotik.

Cara Menentukan Topik Makalah Antibiotik

Tema Umum

Misalnya, jika makalah antibiotik dengan tipe naskah berupa tinjauan umum, beberapa topik yang bisa Anda pilih antara lain: Sejarah antibiotik, Antibiotik for beginner, Apa itu antibiotik? Mengapa perlu antibiotik? Bagaimana menggunakan antibiotik? Bahaya antibiotik dst.

Di sini Anda bisa menggambarkan mulai dari definisi antibiotik, sejarah penemuan antibiotik pertama kali bernama penisilin oleh Alexander Fleming pada tahun 1928. Kemudian dari sini pun pembahasan bisa Anda kembangkan mengarah pada sosok sang penemu yang konon menemukan antibiotik secara tidak sengaja alias kebetulan.

Singkatnya makalah antibiotik yang berupa tinjauan umum harus mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar secara ontologis, epistimologis dan aksiologis. Secara ontologis, makalah harus membuat pengertian antibiotik yang paling representatif dan diterima secara akademik.

Sedang secara epistimologis, pembahasan makalah lebih diarahkan pada latar belakang penemuan antibiotik, mengapa dunia memerlukan antibiotik dan apa motif para ilmuwan melakukan penelitian dan pencarian terhadap obat ajaib tersebut.

Secara aksiologis Anda bisa memaparkan kegunaan praktis dari antibiotik, manfaat dan pengaruhnya bagi kesembuhan penyakit serta kehidupan manusia pada umumnya. Di sini Anda juga bisa menambahkan cara yang tepat dan efisien dalam menggunakan antibiotik berikut bahaya yang harus dihindari dari pemakaian antibiotik.

Tema Khusus

Namun jika Anda bermaksud atau ditugasi membuat makalah antibiotik dengan analisis khusus dan topik yang spesifik, maka biasanya terdapat variabel lain yang mengikuti topik pembahasan Anda mengenai antibiotik. Contohnya; Pengaruh pemakaian antibiotik terhadap imunitas anak, Klasifikasi antibiotik berdasarkan golongan kimia dan cara kerjanya, resistensi bakteri terhadap antibiotik, Efektivitas penisilin melawan bakteri stafilokokus dan alternatifnya dst.

Dalam menyusun makalah antibiotik yang demikian, tentu Anda membutuhkan referensi sebagai bekal penulisan Anda seperti jurnal, makalah sejenis, buku dsb. Penelitan pun harus dilakukan baik secara pustaka maupun uji laboratorium.

Pembahasan akan topik khusus ini sangat menarik mengingat semakin resistennya bakteri terhadap antibiotik. Sehingga justru bisa berbahaya dan mengancam jiwa ketika antibiotik tidak efektif lagi melawan infeksi. Seperti diketahui seringnya resep antibiotik yang diberikan dokter kepada pasien flu atau demam biasa mengakibatkan pemakaian antibiotik yang berlebihan.

Faktor-faktor inilah yang pada gilirannya menjadi penyebab resistennya bakteri terhadap antibiotik. Sehingga menemukan antibiotik baru mau tidak mau harus dilakukan tidak hanya untuk melawan penyakit baru, akan tetapi infeksi-infeksi lama yang sudah tidak mempan lagi karena bakteri yang semakin cerdas dan resisten. Karena itu makalah dengan tema demikian akan sangat memberi manfaat bagi dunia kedokteran dan kesehatan khalayak pada umumnya.

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "Cara Menentukan Topik Makalah Antibiotik"

Cara Membuat Kerajinan Janur Pernik... x
Cara Membuat Kerajinan Janur Pernikahan Sederhana By Cadil