Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kerangka Dan Struktur Penulisan Karya Ilmiah

Menjadi mahasiswa memang harus akrab dengan struktur penulisan karya ilmiah. Sebab dalam perkuliahan dosen biasa meminta mahasiswanya membuat artikel atau makalah.

Apalagi ketika mulai menyusun tesis atau skripsi. Pengetahuan akan struktur penulisan karya ilmiah berperan penting dalam kelancaran penyusunannya.

Kerangka Dan Struktur Penulisan Karya Ilmiah

Ajang-ajang bergengsi seperti LKTM (lomba karya tulis Ilmiah), LKTIP (lomba karya tulis inovetif produktif), PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), menuntut mahasiswa akrab dengan sistematika maupun struktur penulisan karya ilmiah.

Struktur Penulisan Skripsi

Beberapa jurusan/fakultas di universitas meminta mahasiswanya menyusun proposal skripsi sebelum penelitian, namun ada pula yang langsung masuk ke bagian BAB.

Pada dasarnya proposal skripsi sudah mencakup BAB I, II, dan III. Hanya penulisannya saja yang ditulis mengalir. Meski tidak jauh berbeda dengan proposal, saat menyusun BAB I, II, dan III tetap dimungkinkan ada revisi.

Struktur Penulisan Karya Ilmiah

Adapun struktur penulisan karya ilmiah skripsi adalah berikut:

Halaman Judul

Tulisan terletak di tengah halaman, terdiri dari :

  • Logo universitas
  • Judul
  • Kata Skrıpsı
  • Keterangan skripsi seperti “sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Sains Biologi“
  • Kata Oleh:
  • Nama
  • Nomor Induk Mahasiswa
  • Jurusan
  • Fakultas
  • Universitas
  • Tahun penerbitan

Pernyataan Keaslian Skripsi

Pada halaman ini mahasiswa membuat pernyataan yang menerangkan tentang keaslian skripsi, bukan hasil plagiatisme dan pencantuman sumber pustaka sudah ditulis dengan benar.

Pada bagian bawah diberi tanggal dan nama terang yang ditandatangani.

Abstrak

Terdiri dari 200-400 kata (sesuai panduan di jurusan), menuliskan gambaran ringkas dari skripsi. Pada bagain terahir dituliskan keyword/kata kunci.

Pengesahan

Skripsi dinyatakan sah bila telah ditandatangani oleh : penulis, panitia ujian, penguji, dan pembimbing, serta dibubuhi cap oleh pihak yang berwenang seperti dekan dan ketua jurusan.

Kata Pengantar

Kata pengantar lebih menonjolkan subjektifikas. Bisa berupa ungkapan syukur penulis dan ucapan terimakasi kepada pihak-pihak yang telah membantu hingga tersusunnya skripsi. Kadang dicantumkan pernyataan bahwa skripsinya masih jauh dari sempurna sehingga menerima saran dan kritik.

Daftar Isi

Daftar isi berfungsi untuk mempermudah seseorang mengetahui sub bab apa saja yang terdapat dalam skripsi dan mempermudah seseorang untuk menemukan sub bab yang dicari.

Daftar Tabel

Menuliskan judul tabel dan halaman tabel tersebut berada.

Daftar Gambar

Menuliskan judul gambar dan halaman gambar tersebut berada.

Daftar Lampiran

Lampiran berada di halaman terahir. Kadang kala lampiran 1 terdiri dari lebih dari 1 halaman. Oleh karenanya daftar lampiran dan pemberian halamannya wajib disertakan untuk mempermudah pencarian.

Contoh Kerangka Penulisan Karya Ilmiah

BAB I PENDAHULUAN

A. JUDUL

B. LATAR BELAKANG MASALAH

C. PERMASALAHAN

D. PENEGASAN ISTILAH

E. TUJUAN PENELITIAN

F. MANFAAT PENELITIAN


BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN HIPOTESIS

A. TINJAUAN PUSTAKA

B. HIPOTESIS


BAB III METODE PENELITIAN

A. LOKASI DAN WAKTU PENELITIAN

B. BAHAN DAN ALAT PENELITIAN

C. VARIABEL PENELITIAN

D. RANCANGAN PENELITIAN

E. LANGKAH KERJA

F. METODE PENGUMPULAN DATA

G. METODE ANALISA DATA


BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A. HASIL PENELITIAN

Saat penelitian, dilakukan pencatatan data sebagaimana yang ditentukan dalam metode pengumpulan data pada proposal.

Data kemudian analisis dengan metode seperti yang direncanakan dalam proposal. Analisis data bisa secara manual, maupun dengan bantuan komputer.

B. PEMBAHASAN

Pembahasan ditulis berdasarkan hasil analisis data. Diperlukan pustaka-pustaka yang berkaitan dengan skripsi untuk membahas kesesuaian antara data hasil penelitian dengan hipotesis. Ada atau tidaknya kesesuaian harus disertai dengan penjelasan dan teori yang telah ada sebelumnya.


BAB V. SIMPULAN DAN SARAN

A. SIMPULAN

Menuliskan garis besar hasil penelitian. Ditulis secara ringkas dan jelas.

B. SARAN

Memuat saran penulis terhadap lembaga, masyarakat, pemerintah, maupun penulis selanjutnya yang berhubungan dengan tindak lanjut dari apa yang telah diterangkan dalam simpulan.

DAFTAR PUSTAKA

Semua pustaka yang dıtulıskan dalam skrıpsı dıtulıskan sumber pustakannya pada daftar pustaka. Kelalaian yang menyebabkan tidak dicantumkannya pustaka yang dikutip dalam skripsi bisa membuat penulisnya dianggap sebagai plagiator.

LAMPIRAN-LAMPIRAN

Lampiran merupakan bagian paling belakang dari skruktur penulisan karya ilmiah. Penomoran halamannya tinggal melanjutkan halaman sebelumnya.

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "Kerangka Dan Struktur Penulisan Karya Ilmiah"