Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimanakah Lingkungan Rumah Sehat Itu?

Lingkungan rumah sehat sangat memiliki peran penting dalam terwujudnya kesehatan pribadi maupun lingkungan sekitarnya. Sehat adalah suatu hal yang sangat diidamkan oleh semua manusia baik itu sehat jasmani maupun rohani.

Karena dengan sehat secara jasmani dan rohani kita dapat melakukan segala kegiatan secara maksimal sehingga akhirnya dapat dicapai sehat secara sosial maupun sehat secara ekonomi.

Salah satu cara sederhana menjaga kesehatan adalah menjaga kondisi tubuh yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat serta rutin berolahraga juga menjaga kebersihan diri sendiri terlebih dahulu.

Bagaimanakah Lingkungan Rumah Sehat Itu?

Mengganti pakaian setelah beraktivitas di luar rumah, mandi minimal dua kali sehari, selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan demi kebersihan diri.

Namun kesehatan diri juga tidak akan terwujud bila lingkungan di dalam dan di luar rumah tidak terjaga kebersihannya dan tidak sehat.

Pengertian Kesehatan Lingkungan

Kesehatan lingkungan adalah suatu cara membuat serta menjaga daerah di sekitar kita menjadi bersih dan nyaman sehingga dapat lebih meningkatkan kualitas hidup anggota keluarga maupun masyarakat disekitarnya.

Untuk lebih paham dan mengerti mengenai kesehatan lingkungan, kita dapat mempelajarinya dalam ilmu kesehatan masyarakat dimana kesehatan lingkungan merupakan salah satu bagian integral dalam ilmu tersebut.

Sedangkan ilmu kesehatan masyarakat sendiri merupakan suatu ilmu yang membahas serta mempelajari tentang hubungan manusia dengan lingkungan dalam keseimbangan ekologis. Kita harus memelihara kesehatan lingkungan dengan beberapa tujuan seperti berikut ini:

1. Dapat Mengurangi Pemanasan Global

Dengan pemahaman kita terhadap manfaat kesehatan lingkungan, maka kita akan berusaha untuk membuat nyaman serta bersih lingkungan di sekitar.

Banyak cara yang dapat dilakukan, antara lain dengan membuat taman yang subur di halaman rumah dengan tumbuhan-tumbuhan yang beraneka macam serta menanam pohon-pohon di sekitar lingkungan rumah atau pada lahan-lahan yang masih kosong.

Hal ini dapat membantu mengurangi pemanasan global, karena zat carbon (CO2) yang berada di udara banyak mengandung racun dapat dihisap oleh tumbuhan serta pohon-pohon yang ada. Sedangkan tumbuhan dan pohon-pohon tesebut akan mengeluarkna gas O2 (oksigen) sebagai penggantinya.

2. Membuat Lingkungan Lebih Bersih

Jika kita ingin mendapatkan lingkungan yang sehat, jauh dari berbagai sumber penyakit kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan secara rutin.

Menjaga jangan sampai ada sampah yang menumpuk didalam maupun diluar rumah. Karena sampah merupakan salah satu pengantar segala macam bibit penyakit. Baik itu sampah organik maupun sampah non organik.

Ruang lingkup kesehatan lingkungan menurut WHO yaitu suatu badan kesehatan dunia terdiri atas 17 ruang lingkup. Namun di Indonesia sendiri ruang lingkup kesehatan lingkungan terdiri atas 8 ruang lingkup sebagaimana diterangkan dalam Pasal 22 ayat (3) UU No 23 tahun 1992. Ruang lingkup tersebut meliputi:

  • Penyehatan Air dan Udara
  • Pengamanan terhadap limbah cair
  • Pengamanan terhadap limbah gas
  • Pemgamanan limbah padat atau sampah
  • Pengamanan terhadap radiasi
  • Pengamanan dari kebisingan
  • Pengamanan vektor penyakit
  • Penyehatan dan pengamanan lainnya, misalnya kondisi pasca bencana alam

Sedangkan sasaran dari pemerintah terhadap kesehatan lingkungan ini sendiri dilakukan kepada banyak tempat, yaitu antara lain:

  • Pada lingkungan pemukiman, seperti rumah tinggal, asrama.
  • Pada lingkungan tempat kerja, seperti daerah kawasan industri dan gedung-gedung perkantoran.
  • Pada tempat-tempat umum, seperti pertokoan, pasar, hotel, serta tempat wisata.
  • Pada angkutan umum, seperti kendaraan laut, darat serta udara yang digunakan untuk umum.
  • Pada lingkungan khusus ( lingkungan dalam kondisi darurat ), seperti bencana alam atau lingkungan karena reaktor nuklir dan sebagainya.

Di Indonesia sendiri masih banyak masalah yang dapat mempengaruhi kesehatan lingkungan yang harus kita tanggulangi dengan baik dan benar, yaitu antara lain:

  • Kurangnya pemahaman dari masyarakat tentang air yang bersih serta kualitas air bersih yang masih kurang.
  • Masih banyaknya masyarakat yang membuang kotoran (tinja) pada sembarang tempat.
  • Kondisi kesehatan pemukiman dan lingkungannya yang kurang mendapat perhatian masyarakat.
  • Membuang sampah sembarangan yang dapat menjadi sumber bibit penyakit.
  • Kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan makanan dam minumannya.

Bagaimanakah Lingkungan Rumah Sehat Itu?

Lingkungan rumah yang baik bukan hanya lingkungan yang secara estetika enak dipandang mata dan asri tetapi juga harus memiliki kriteria lingkungan yang sehat.

Dengan membuat lingkungan rumah kita sehat dapat memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan penghuni rumah itu sendiri serta masyarakat sekitarnya.

Sebagaimana kita ketahui bahwa sakit itu mahal, karena bila kita sakit maka tidak sedikit dana yang harus kita keluarkan untuk berobat. Bagaimanakah cara untuk mendapat lingkungan rumah yang sehat ?

Lingkungan rumah yang sehat adalah lingkungan rumah yang bersih. Dimana rumah tempat tinggal kita tidak hanya menjadi tempat untuk istirahat dan melepas lelah dari kepenatan sehari-hari.

Namun juga dapat menjadi awal tempat kita untuk dapat membina suatu keluarga yang sehat jasmani dan rohani. Disebut sebagai rumah sehat bukan berarti rumah tersebut harus memiliki bangunan yang besar dan mewah.

Hal yang terpenting bagaimana suatu rumah dan lingkungan sekitar tersebut rumah memiliki kondisi fisik, kondisi kimia serta kondisi biologi yang layak huni, bersih dan sehat sehingga setiap individu di dalamnya mendapatkan kesejahteraan kesehatan yang maksimal.

Lingkungan rumah yang sehat dapat kita peroleh baik dari kondisi lingkungan didalam bangunan rumah itu sendiri maupun lingkungan di luar rumah.

Lingkungan di Dalam Rumah

Lingkungan di dalam rumah merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Banyak cara yang dapat dilakukan agar lingkungan di dalam rumah selalu sehat. Antara lain dengan selalu menjaga kebersihan rumah dengan selalu menyiapkan tempat sampah di dalam rumah.

Rumah juga harus senantiasa rutin dibersihkan setiap harinya minimal dengan cara menyapu dan mengepel lantai. Membersihkan gorden serta kaca dari debu yang menempel minimal dua minggu sekali agar udara didalam rumah terjaga kebersihannya sehingga pernapasan tidak akan terganggu, serta besihkanlah rumah dari serangga yang menggangu.

Apabila anda merupakan pencinta hewan dan memiliki hewan peliharaan dirumah, maka sebisa mungkin jangan sampai hewan peliharaan tersebut masuk kedalam rumah. Karena bulu-bulu hewan tersebut akan menempel dimana-mana serta membawa kuman dan bakteri dari luar.

Selain itu faktor dari kelayakan suatu bangunan juga memiliki peran yang sangat besar dalam mewujudkan rumah yang sehat. Kita harus pintar memilih bahan bangunan yang bebas dari bahan kimia. Di bawah ini merupakan beberapa faktor yang harus dimiliki agar terciptanya rumah yang sehat:

1. Sirkulasi Udara Yang Baik

Dengan adanya sirkulasi udara yang baik dan mencukupi dapat membuat semua penghuni rumah mendapatkan asupan oksigen yang baik, sehingga akan tercipta kualitas hidup yang lebih baik pula. Karena dengan terpenuhinya asupan oksigen dapat terhindari dari beragam penyakit salah satunya sakit kepala.

2. Pencahayaan yang cukup

Pencahayaan yang baik bukan hanya didapat dari sinar lampu. Justru rumah yang sehat adalah rumah yang pada pagi hingga sore hari mendapatkan cahaya dari sinar matahari yang mencukupi. Dan malam hari penerangan oleh sinar lampu memiliki kecukupan pencahayaannya agar tidak menyebabkan sakit pada mata.

3. Tersedianya Air Bersih

Bagaimana suatu rumah dapat tersedia sarana air bersih yang mencukupi baik untuk aktivitas mandi, mencuci, memasak dan sebagainya. Karena dengan tersedianya sarana air bersih yang mencukupi dapat membuat lingkungan rumah yang sehat, karena dapat digunakan untuk membersihkan lingkungan di dalam rumah dan di luar rumah.

4. Pembuangan Sampah Dan Limbah

Perlu diperhatikan pula tempat dan sarana bagi pembuangan sampah serta air limbah dari rumah, jangan sampai membuang sembarangan sehingga dapat mencemari lingkungan sekitar rumah anda.

5. Lantai Rumah Serta Dinding Tidak Lembab Dan Tidak Bau.

Harus selalu di periksa kondisi lantai terutama dinding rumah. Apabila tingkat kelembaban sangat tinggi maka sebaiknya berkonsultasi pada yang ahli dibidangnya untuk memperbaikinya kondisi kelembapannya.

Lingkungan di Luar Rumah

Kesehatan lingkungan di luar rumah juga harus diperhatikan karena dapat mempengaruhi kesehatan di dalam rumah itu sendiri.

Banyak cara yang dapat dilakukan, antara lain selalu membersihkan saluran air atau selokan disekitar rumah anda agar tidak ada yang tergenang. Karena apabila ada air yang tergenang akan menjadi tempat bagi nyamuk untuk berkembang biak.

Serta sangatlah penting membuat tempat sampah di luar rumah, karena dengan begitu dapat mencegah kita untuk membuang sampah disembarang tempat. Selalu bersihkan tanaman maupun pohon-pohon disekitar rumah agar tidak menjadi sarang nyamuk dan serangga lainnya.

Selalu berusaha untuk menjaga kebersihan lingkungan baik di dalam rumah maupun diluar rumah berarti kita telah menciptakan kenyaman bagi keluarga maupun masyarakat sekitar sehingga kita selalu dapat hidup sehat. Karena dengan kesehatan, semua aktivitas apapun dapat kita lakukan secara baik dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Bagaimana cara menciptakan dan memelihara lingkungan rumah yang sehat. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan suatu lingkungan yang sehat serta memeliharanya agar manusia mendapatkan manfaat darinya. Antara lain:

  • Tidak membuang sampah sembarangan, terutama membuang sampah di sungai. Karena bila hal ini dilakukan akan membuat sungai tercemar dan pasokan air bersih akan berkurang.
  • Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor bila keadaan tidak sangat mendesak, karena polusi asapnya dapat menggangu pernapasan.
  • Menanam pohon-pohon pada lahan yang masih kosong serta membuat taman yang asri di halaman rumah agar pasokan O2 (oksigen) tetap terjaga.

Dengan menjaga kesehatan lingkungan rumah, kita dapat menghindari berbagai macam penyakit yang dapat timbul karena kondisi atau lingkungan rumah yang tidak sehat. Misalnya DBD, TBC, Diare, ISPA dan sebagainya.

Melihat hal tersebut di atas, marilah kita berlomba-lomba untuk menciptakan lingkungan rumah yang sehat. Dengannya kita akan dapat menciptakan suatu generasi yang sehat dan memiliki kemampuan jiwa dan rohani yang kuat.

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "Bagaimanakah Lingkungan Rumah Sehat Itu?"

Cara Membuat Kerajinan Janur Pernik... x
Cara Membuat Kerajinan Janur Pernikahan Sederhana By Cadil