Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Dan Cara Membuat Surat Bisnis Bahasa Inggris

Bisnis yang semakin marak saat ini harus ditopang dengan kemampuan berkomunikasi dengan baik. Salah satu komunikasi yang dijalin adalah melalui surat bisnis bahasa Inggris.

Cara membuat surat bisnis berbahasa Inggris ini menyesuaikan dengan konteks dan kebutuhan.

Contoh Dan Cara Membuat Surat Bisnis Bahasa Inggris

Panjang pendeknya pun sesuai dengan keperluan. Yang harus dipelajari adalah pilihan kata dan bagaimana menyampaikannya.

Pembukaan

Untuk semua jenis surat dalam bahasa Inggris, pembukaannya dimulai dengan kata ‘Dear’. Setelah itu sebutkan nama orang yang menerima surat itu. Misalnya, ‘Dear Mr. Gun’ atau ‘Dear Ms. Mariam’. Selanjutnya, isi surat yang singkat, padat, dan lugas. Kalau surat yang lengkap semisal surat pemberitahuan dari sebuah bank kepada konsumennya, biasanya ada kop surat, tanggal, alamat pengirim, dan alamat yang dikirimi surat.

Contoh Surat Bisnis Bahasa Inggris

Surat bisnis dalam bahasa Inggris ini biasanya dikirim melalui surat elektronik. Isinya bisa mengenai segala sesuatu yang menyangkut urusan bisnis. Misalnya, surat bisnis yang dikirim oleh sebuah perusahaan pemegang merek yang meminta dukungan pihak produsen produk.

Dear Mr. Lee,

We would like to ask for your support. PT. Menara Miring will have a contract of some products for 6 months. Would you give us prices of those products. Names of products are attached.

We need it as soon as possible. Next week we will discuss the contract. Thank you for your attention.

Regards,

Budi

Contoh surat bisnis tersebut cukup sederhana dan terlihat kalau antara Mr. Lee dan Budi telah terjalin komunikasi yang cukup lama. Budi menggunakan kata-kata yang sangat lugas dan yakin kalau Mr. Lee sudah paham apa yang ia pinta. Kata penutupnya pun tidak menggunakan kata yang sangat resmi seperti ‘Yours Faithfully’ atau ‘Yours Sincerely’.

Budi cukup hannya menggunakan kata ‘Regards’. Kata ini dianggap sangat tidak formal tetapi tidak menjadi masalah jika hanya untuk orang yang telah dikenal. Terkadang malah disingkat dengan ‘Rgds’. Singkatan tersebut tidak menjadi masalah. Sekali lagi yang terpenting adalah isi surat yang cukup jelas dan padat. Berikut contoh lain. Sebuah surat yang isinya tentang keluhan seorang manajer pabrik kepada perusahaan penyedia barang.

Dear Ms. Ina,

We have used a machine from your company for a month. But so far the machine has not shown the best performance. Could you send Mr. Amir to our factory to check the machine?

Thank you for your attention.

Regards,

Handi

Dari dua contoh tersebut, terlihat bahwa untuk surat bisnis itu memang tidak harus panjang. Bahkan prinsipnya adalah surat tersebut seharusnya hanya satu halaman saja. Sedangkan keterangan lainnya ditautkan saja. Kalau terlalu panjang, dikhawatirkan akan ada kesalahpahaman yang mengakibatkan terhambatnya bisnis yang telah dijalin.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Surat lamaran kerja termasuk salah satu surat bisnis. Bagi para pekerja yang sudah cukup berpengalaman, surat lamaran itu tidak harus panjang. Yang biasanya lebih diperhatikan oleh penerima surat adalah curriculum vitae atau CV.

Dalam CV inilah akan terlihat kompetensi yang dimiliki oleh sang pelamar pekerjaan. Selanjutnya, kalau perusahaan memang membutuhkan kompetensi sang pelamar, mereka akan memanggil pelamar dan mengadakan wawancara.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Bagi Yang Telah Berpengalaman.

Talang Jambe, Palembang

May 12, 2013

Ms. Cantik

PT. Berkah Hidup

Palembang Square

Palembang

Dear Ms. Cantik,

I got the information about a vacancy as a Sales Manager in this company from my friend and I am interested in the post.

I believe that I can be the right for the position. I have been a Sales Manager in my current company for 2 years. I have got some achievements. I know that probably you are wondering why I want the same position. As you know, the company I am working now is not as big as your company. I need more challenges and higher income.

I send my resume and some important documents for you to see who I am. I hope that we can meet to discuss my application.

Thank your for your kind attention. I am looking forward to meeting you every day at 1-4 PM. But it is very important, I am willing to meet you on weekends.

Yours Faithfully,

Iwan Bakir.

Dalam pembuatan sebuah surat lamaran pekerjaan, yang paling penting adalah kejujuran. Jangan sesekali memberikan keterangan yang tidak benar. Kalau pun ingin memberikan keterangan yang bersifat prestasi, jangan lupa untuk menunjukan bukti prestasi itu. Jika tidak, akan sangat sulit bagi orang lain untuk percaya. Bila perlu, mintakan referensi dari orang yang tahu siapa Anda yang sebenarnya secara profesional.

Isi surat lamaran juga tidak boleh terlalu menyembah sehingga merendahkan diri dan terlalu memuji perusahaan yang akan dimasuki. Biasa saja dan sewajarnya saja. Belum tentu perusahaan itu memang sangat bagus seperti yang dibayangkan. Harga diri tetap harus dijaga agar tidak dianggap menjadi seorang penjilat. Bahkan seorang kandidat yang sangat kompeten tidak diterima kalau cara penyampaian diri dalam surat lamaran dinilai terlalu menyombongkan diri.

Kalau pun sudah berpengalaman, ada baiknya tidak menyebutkan nilai gaji yang diinginkan. Cukup katakan menginginkan pendapatan yang lebih. Nanti dalam wawancara akan didiskusikan berapa nilai yang disepakati. Ada perusahaan yang memperlakukan sistem percobaan. Misalnya, untuk masa percobaan 3 bulan, gaji yang diterima hanya 5 juta rupiah.

Perjanjiannya adalah kalau menunjukan kinerja yang baik, setelah masa percobaan, akan langsung diangkat menjadi pegawai tetap. Setelah diangkat menjadi pegawai tetap, akan memperoleh berbagai fasilitas seperti asuransi kesehatan, asuransi jaminan masa tua, dan fasilitas lainnya. Gaji pun akan dinaikan secara berkala sesuai dengan prestasi kerja.

Membuat surat lamaran kerja ini memang terkadang terasa sangat sulit. Ada beberapa hal yang harus dipikirkan terutama yang berkenaan dengan pilihan kata. Paragraf pertama biasanya berisi tentang dari mana mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan tersebut.

Paragraf kedua berisi tentang keterangan singkat si pelamar. Sedangkan paragraf yang terakhir mengenai ungakapan terima kasih dan kesediaan untuk diwawancarai. Jangan membuat surat lamaran lebih dari satu lembar. Buatlah beberapa tautan agar surat lamaran tetap satu halaman.

Macam-Macam Surat Bisnis

Surat bisnis dalam bahasa Inggris ini banyak jenisnya. Selain surat pemberitahuan tentang pembayaran, tagihan, penyampaian keluhan, dan permintaan harga barang, ada juga yang berupa undangan. Yang terpenting ada bahasa yang digunakan memang tidak boleh yang terlalu sulit dimengerti. Bila perlu gunakan saja kata-kata yang biasa dipakai dalam percakapan sehari-hari.

Apalagi kalau yang menerima surat tersebut bukan orang penutur asli bahasa Inggris. Misalnya, orang tersebut berasal dari Malaysia, Singapura, Italia, dan negara-negara lain yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris.

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "Contoh Dan Cara Membuat Surat Bisnis Bahasa Inggris"