Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perubahan Lingkungan Fisik Disebabkan Oleh 2 Hal Ini!

Dalam pelajaran biologi kita akan mengenal dengan bidang dalam lingkungan, salah satunya dengan lingkungan fisik. Namun untuk mempelajari masalah mengenai lingkungan tersebut apa harus dengan biologi saja? Tentu saja tidak karena untuk mengetahui tentangnya bisa dari mana saja, termasuk dari keadaan di sekitar kita sendiri.

Lingkungan yang baik tentunya menjadi lingkungan yang selalu kita harapkan, bukan? Namun sayangnya hal tersebut tidak sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. Kenyataannya adalah bahwa lingkungan sekitar kita ini mengalami banyak perubahan, khususnya perubahan ke arah yang negatif. Jika menyebut mengenai di mana lingkungan yang masih baik, jawabannya adalah hanya ada di beberapa tempat saja.

Perubahan Lingkungan Fisik Disebabkan Oleh 2 Hal Ini!

Akan tetapi, kenapa sih lingkungan tersebut berubah menjadi yang lebih buruk lagi? Apa yang menjadi penyebabnya? Tentunya ini bisa kita lakukan analisis yang singkat. Namun jika tidak menganalisisnya maka kita pun bisa menjawabnya sendiri, yakni oleh manusia. Ya kita sendiri adalah yang membuatnya menjadi berubah ke arah yang negatif. Namun selain itu, ternyata ada faktor alami yang bisa menyebabkan terjadinya perubahan lingkungan fisik tersebut.

Jadi langsung saja kita simak ulasannya berikut ini mengenai penyebab perubahan lingkungan untuk fisiknya.

Faktor Yang Disebabkan Oleh Buatan

Faktor yang menjadi penyebab perubahan lingkungan secara buatan disebabkan oleh adanya kesengajaan. Kesengajaan itulah yang pada akhirnya menyebabkan banyak perubahan. Hal tersebut justru tidak boleh terjadi dalam waktu yang terlalu lama. Hal tersebut justru akan menyebabkan rusaknya lingkungan, bahkan menjadi permanen.

Adanya Penebangan Secara Liar

Hutan menjadi lingkungan yang menjadi paru-paru dunia. Dengan adanya hutan ini maka hidup manusia dan makhluk lainnya bisa berjalan sesuai dengan semestinya. Namun sangat disayangkan ternyata hutan yang ada di sekitar kita ini banyak yang rusak dan sudah berubah bukan lagi menjadi hutan yang layak. Kenapa demikian? Hal tersebut dikarenakan adanyak kerusakan yang disengaja, yakni penebangan pohon secara liar.

Penebangan secara liar menjadi penyebab paling utama dalam terjadinya perubahan lingkungan fisik tersebut. Seperti kita tahu pohon merupakan makhluk Tuhan yang memberikan banyak manfaat. Apa jadinya jika banyak pohon sudah tidak lagi berada di tempatnya? Risiko yang paling utama ialah mudahnya terjadi musibah longsor ketika hujan besar terjadi. Selain itu, kondisi sekitar pun akan berubah menjadi sangat panas karena banyak pohon yang mati. Pohon sendiri akan mengeluarkan banyak oksigen dan itu akan memberukan suhu yang sejuk.

Sampah Yang Menumpuk Di Kawasan Perairan

Kawasan perairan merupakan kawasan yang sejatinya mendapat banyak keindahan. Laut dan sungai berisi banyak biota yang hidup dengan nyaman. Namun mereka semua terancam musnah dengan banyaknya sampah yang selama ini sering kita lihat di sana. Ya sampah-sampah tersebut merupakan buangan dari manusia yang tidak bertanggung jawab.

Sampah yang terdapat di kawasan perairan tersebut akan dengan cepat mengubah lingkungan yang indah ini. Jika sampah banyak ditemukan di laut, bukan hanya mengubah keindahan bawah laut, tetapi juga dapat merusak biota yang ada di dasar laut.

Pun begitu juga jika terjadi di sungai maka sungai bisa meluap ketika hujan terjadi. Sungai yang seharusnya bisa mengalir, namun akan tersumbat oleh banyaknya sampah. Dengan demikian, banjir pun tidak akan terlakkan lagi. Jika sudah banjir maka dipastikan banyak daerah yang akan terkena imbasnya.

Pembuangan Limbah Pabrik Yang Tidak Sesuai Dengan Tempatnya

Indonesia merupakan negara demokrasi yang membuat banyak negara dan banyak orang melakukan apa saja, termasuk mendirikan sebuah pabrik. Pabrik dibutuhkan karena bisa menghasilkan produksi. Namun sayang pabrik pun memiliki nilai negatif yang harus diperhatikan, khususnya untuk lingkungan. Ya pabrik pun selain menghasilkan produksi, juga menghasilkan limbah.

Limbah pabrik sangatlah berbahaya karena dapat mengancam manusia, dan tentu saja mengancam lingkungan. Sudah banyak contoh nyatanya lingkungan yang rusak disebabkan oleh pembuangan limbah pabrik ini dengan sembarangan. Jika sudah begitu maka lingkungan fisik pun sudah tidak indah lagi untuk dinikmati. Hal itu terlihat ketika limbah terdapa di sungai atau laut. Sudah bisa ditebak, sungai dan laut pun banyak yang tercemar.

Faktor Yang Disebabkan Oleh Alami

Selain dengan penyebab yang buatan, ternyata lingkungan dengan fisik pun bisa berubah dengan faktor yang alami. Faktor tersebut tentunya tidak dilakukan dengan sengaja oleh tingkah laku manusia, melainkan oleh alam sendiri. Kondisi alam yang tidak bersahabat dapat mengubah lingkungan menjadi rusak.

Hujan Yang Ekstrem

Hujan merupakan anugerah Tuhan yang harus kita syukuri senantiasa turun. Namun percaya atau tidak jika hujan ternyata bisa membuat lingkungan menjadi berubah, bisa menjadi subur atau menjadi buruk. Namun untuk perubahan yang buruk, tentunya disebabkan oleh hujan yang ekstrem.

Hujan ekstrem bisa meliputi hujan dengan intensitas yang tinggi, juga disertai dengan badai. Hujan seperti inilah yang bisa memperburuk lingkungan, di antaranya bisa menyebabkan longsor dan banjir.

Angin Yang Bertiup Dengan Intensitas Tinggi

Angin diperlukan agar suhu yang ada di sekitar menjadi lebih nyaman lagi. Namun angin yang besarlah yang bisa menyebabkan banyak kehancuran, di antaranya adalah angin topan, tornado, dan lainnya. Angin seperti itu bukan lagi menyebabkan kenyamanan, melainkan akan menyebabkan banyak kerusakan. Hasilnya pun lingkungan akan menjadi porak poranda, dan pohon banyak yang terangkat dari akarnya.

Gelombang Laut Yang Besar

Lingkungan laut merupakan jenis lingkungan yang bisa memberikan kenyamanan bagi manusia. Namun ternyata lingkungan laut bisa menjadi penyebab berubahnya laut itu sendiri dan kawasan sekitarnya. Penyebab perubahan tersebut disebabkan oleh adanya gelombang yang amat besar dan bisa mengikis tanah disebut dengan abrasi.

Abrasi inilah yang bisa menjadi penyebab utama dari rusaknya lingkungan fisik di sekitar laut. Jika sudah begitu maka sulit untuk bisa kembali normal. Hingga akhirnya tepian pantai pun akan menjadi berubah bentuknya.

Sinar Matahari Teramat Panas

Jika tidak ada sinar matahari tentunya kita sebagai makhluk hidup akan menjadi kedinginan. Selain itu, perkembangan pertumbuhan pun akan menjadi terkendala. Akan tetapi, jika sinar matahari yang berlangsung dengan cukup lama dan menyengat, tentunya itu akan menjadi berbahaya, khususnya untuk alam sekitar.

Lingkungan alam akan menjadi rusak oleh sengatan sinar matahari yang amat terik tersebut. Sebagai hasilnya bisa merontokkan dedaunan, juga bisa membuat tanah menjadi kering hingga akhirnya akan terbelah. Jika sudah begitu maka lingkungan fisik pun akan menjadi tidak bersahabat untuk manusia dan juga makhluk lainnya. Hal inilah yang lambat laun bisa membawa banyak pengaruh buruk.

Dengan adanya perubahan lingkungan yang disebabkan oleh pengaruh yang buatan dan alami, tentunya sama-sama akan merusak lingkungan ini. Apakah ada pencegahan yang bisa dilakukan? Ya tentu saja ada. Jika kerusakan yang disebabkan oleh yang buatan maka manusialah yang harus lebih mengerti lagi tentang pentingnya lingkungan. Namun untuk yang alami, sejatinya kita memang tidak akan pernah bisa melawan alam.

Nah itulah ulasan mengenai perubahan lingkungan fisik yang disebabkan oleh dua hal. semoga bisa bermanfaat.

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "Perubahan Lingkungan Fisik Disebabkan Oleh 2 Hal Ini!"

Cara Membuat Kerajinan Janur Pernik... x
Cara Membuat Kerajinan Janur Pernikahan Sederhana By Cadil