Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anda Dan Lingkungan Kerja, Apakah Sudah Nyaman?

Lingkungan adalah salah satu dari dua faktor yang memengaruhi seseorang. Fungsi lingkungan bagi seseorang sangat besar dalam menjalani kehidupan, kelangsungan hidup, bermasyarakat, atau dalam bekerja, seperti halnya lingkungan kerja. Anda seorang pekerja, karyawan, seorang pedagang, atau seorang manejer di sebuah perusahaan? Siapa pun Anda, apa pun pekerjaan Anda tentunya Anda tidak akan pernah terlepas dari lingkungan pekerjaan.

Anda Dan Linkungan Kerja, Apakah Sudah Nyaman?

Namun lingkungan pekerjaan seperti apa yang Anda harapkan? Bagaimana bentuknya? Hal itu merupakan suatu konsekuensi yang notabenenya harus Anda terima. Logikanya jika orang lain mampu bertahan mengapa Anda tidak. Tapi setidaknya tentu banyak orang yang memimpikan lingkungan pekerjaan yang nyaman, jauh dari permasalahan.

Lingkungan Kerja yang Nyaman

Menyatukan ide dari banyak kepala tentu suatu hal yang tidak mudah, apalagi menyangkut sifat bawaan dari masing- masing individu. Hal itu seolah menjadi tantangan yang harus dan butuh kesiapan yang matang bagi seseorang untuk terjun ke dunia kerja atau ke dalam masyarakat. Lingkungan pekerjaan adalah suatu tempat yang diisi oleh orang- orang yang berbeda karakter dengan satu tujuan dan memiliki suatu target tertentu dalam mencapai kepentingan tertentu pula.

Seperti halnya yang Anda ketahui, tempat kerja adalah tempat yang terbentuk atas dasar kepentingan yang sama namun tetap dibutuhkan kesiapan yang mendasar dari diri seorang, karena penyatuan pikiran dari banyak idealis itu sangat tidak mudah. Kondisi lingkungan yang nyaman sangat berpengaruh terhadap kinerja karyawan dan orang tersebut. Bila kondisi pekerjaan kerap dirundung perseteruan maka bisa disimpukan kinerja karyawan dan pekerja sangat tidak nyaman.

Namun sebaliknya jika lingkungan pekerjaan aman, pekerjaan apa saja akan cepat terselesaikan, semangat kerja akan tinggi, tentunya kedamaian dan kedekatan antara masing-masing pekerja bisa dipastikan menyenangkan. Yang harus diketahui oleh seorang pemimpin dan karyawan adalah komunikasi yang baik dalam pekerjaan yang nantinya akan membina kedamaian, etos kerja, dan kenyamanan yang nantinya tentu akan berimbas pada motivasi kerja.

Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Produktif

Lingkungan pekerjaan yang produktif sangat dibutuhkan. Namun, untuk menciptakan lingkungan kerja yang produktif sangat sulit ditemukan, karena kebanyakan yang terjadi adalah rasa tanggung jawab yang didorong oleh ketakutan yang sebenarnya tidak beralasan. Namun ini dapat memengaruhi kinerja karyawan. Beberapa kondisi di lingkungan yang bisa meciptakan pekerjaan yang produktif adalah sebagai berikut.

Komunikasi

Komunikasi adalah media utama yang sangat menentukan dalam keseharian apalagi dalam dunia kerja. Interaksi dan komunikasi yang baik antara karyawan dengan atasan serta karyawan dan karyawan adalah komponen utama yang harus ada. Selama ini telah banyak permasalahan yang terjadi karena tidak terjalinannya hubungan komunikasi yang baik antara sesama karyawan maupun antara pimpinan dengan karyawan.

Pemimpin kadang sibuk dengan egonya tanpa memikirkan bahwa ia adalah penentu bertahannya seorang karyawan. Tidak dipungkiri pula banyak karyawan yang tidak mau bertanggung jawab dalam pekerjaannya atas beberapa faktor tertentu. Namun itu semua terkadang diawali oleh komunikasi yang kurang terjalin dengan baik.

Perhatian Terhadap Karyawan

Menjejali karyawan dengan tugas seabrek dan tidak ada waktu luang juga kebebasan adalah sumber dari masalah. Karyawan adalah pondasi utama yang mendorong lancarnya kinerja, namun suatu keadaan yang berbanding terbalik akan terjadi jika karyawan tidak diberikan kesempatan untuk bernapas lega. Hari–harinya dipenuhi oleh asap kesibukan yang akan membuat kelelahan dan kejenuhan. Hal itu yang mendorong rendahnya motivasi kerja karyawan.

Tidak adanya kebebasan dalam menciptakan ruang pekerjaan yang nyaman pada karyawan juga berpengaruh terhadap kenyaman karyawan dalam bekerja. Biarkan mereka berkreasi di ruang kerja yang luas dan lega agar rasa betah tercipta.

Kerjasama

Kerjasama yang sangat erat antara semua pihak adalah awal dari pekerjaan yang nyaman. Manajemen adalah partner dari karyawan dan tim, yang tentunya harus saling mendukung. Baik dalam pembentukan peraturan yang saling menjaga kenyamanan dan saling menguntungkan maupun kesepakatan yang didapat dari keputusan bersama dan tentunya tak lepas dari musyawarah yang sportif dan obyektif.

Satu Rasa

Suatu tujuan dalam dunia kerja akan cepat terwujud jika antara sesama tim memilki satu rasa dalam berjuang, tidak adanya sekat-sekat yang memisahkan antara tim yang intinya tidak mengurangi rasa kode etik yang berlaku. Satu rasa yang dijunjung dalam pekerjaan akan melahirkan rasa penghargaan yang tinggi antara sesama tim baik itu manajemen maupun karyawan.

Dengan tercapainya beberapa kriteria di atas, setidaknya telah terwujud suatu lingkungan pekerjaan yang penuh semangat dan produktif. Kenyamanan dalam pekerjaan adalah harapan setiap orang yang memengaruhi kinerja dan motivasi dalam bekerja.

Permasalahan dalam Lingkungan Kerja

Saat ini beberapa hal sudah berubah dalam dunia kerja, salah satunya konsep lama tentang dunia pekerjaan yang dulu menjadikan karyawan adalah omzet paling berharga. Hal itu sekarang telah berganti dengan pelanggan dan sponsor yang terhormat. Dari segi prinsip tersebut seolah posisi karyawan sebagai salah satu elemen penting agak sedikit terkesampingkan, sementara berjalannya dan lancarnya suatu pekerjaan ditunjang oleh karyawan.

Beberapa kepentingan karyawan yang seharusnya menjadi fokus sudah melebur atas dasar kebutuhan. Tak pelak beberapa permasalahan pun mencuat yang memengaruhi kenyamanan pekerja. Selain itu, adapula beberapa masalah lain yang kerap hadir dalam dunia kerja, yang tentunya sangat memengaruhi pekerja. Beberapa masalah itu bersumber dari berbagai pihak di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Tekanan pekerjaan yang membuat karyawan stress dan bosan.
  2. Komunikasi yang kurang terjalin sehingga ada ketidakjelasan yang bersumber dari berbagai pihak, entah karyawan ataupun pimpinan yang kurang mampu berkomunikasi dengan baik.
  3. Faktor dari dalam diri seorang karyawan juga sangat berpengaruh terhadap kinerja seperti masalah keluarga yang menyesakkan
  4. Pimpinan yang tidak tegas, tidak bersahabat, atau terlalu sewenang-wenang.
  5. Karyawan yang selalu tidak serius dalam bekerja yang didasarkan pada pemimpin yang kurang mampu memimpin karyawan.
  6. Cegah dan Atasi Lingkungan Kerja yang Tak Nyaman

Berbagai masalah dalam lingkungan kerja tidak bisa dipungkiri kehadirannya. Sebagai makhluk sosial Anda tentu diburu oleh berbagai macam masalah, kerap dihadapkan pada banyak pemikiran yang mendesak dan menyesakkan. Ada beberapa hal yang dapat mencegah dan mengatasi permasalahan–permasalahan tersebut, di antaranya sebagai berikut.

Faktor Ekstern

Faktor luar yang harus diperhatikan saat terjadi masalah adalah masing- masing harus menggali kembali permasalahan dan membicarakan secara baik antarpimpinan maupun karyawan. Sediakan tempat luang untuksharing dan buka pikiran bahwa Anda adalah tim kerja yang harus membangun rasa kebersamaan, mengenal satu sama lain. Jangan ada rasa atau sekat yang membatasi ruang gerak dalam bekerja dan tetap berpegang pada etika.

Faktor Intern

Faktor intern adalah faktor yang ada dalam diri yang tentunya bersumber dari masing- masing individu. Faktor ini yang membuktikan bahwa masing- masing individu adalah suatu organisme yang harus mampu mengelola jiwanya untuk bergabung dan melebur dengan orang lain. Hilangkan segala sifat yang mengganggu hubungan baik dengan sesama. Jauhkan sifat egois, merasa paling bisa, dan berbagai sifat yang intinya adalah terlalu mengagungkan diri.

Lingkungan Kerja - Menjadi Seorang yang Dinanti

Lingkungan kerja adalah lingkungan yang majemuk, berasal dari latar belakang yang berbeda dan menyatu atas dasar tujuan sama dan kepentingan yang sama. Namun banyak orang yang tersandung masalah lingkungan tak mampu bertahan dalam masyarakat yang terdiri dari berbagai karakter.

Untuk tetap menjadi suatu bagian yang dinanti oleh masyarakat, Anda harus mampu menjadi diri sendiri dan membangun karakter yang dinanti orang lain. Beberapa karakter tersebut adalah sebagai berikut.

  • Bijak
  • Jujur
  • Percaya diri
  • Arif
  • Sportif
  • Objektif
  • Sopan
  • Logis
  • Rendah hati
  • Kreatif
  • Inovatif
  • Sosialis

Beberapa sikap tersebut sangat membantu Anda dalam membina hubungan dengan orang lain. Setidaknya memberikan pencerahan dan patokan dalam membina diri dalam lingkungan pekerjaan.

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "Anda Dan Lingkungan Kerja, Apakah Sudah Nyaman?"

Cara Membuat Kerajinan Janur Pernik... x
Cara Membuat Kerajinan Janur Pernikahan Sederhana By Cadil