Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah SD SMP SMA Yang Baik

Saat-saat sekolah ialah periode yang membahagiakan, sampai tidak berasa kita telah perlu lewat serangkaian aktivitas pada tahun paling akhir sekolah, dimulai dari hadapi ujian nasional, diteruskan dengan informasi kelulusan, sampai acara perpisahan dengan seluruh guru dan adik-adik kelas.

Saat yang sudah dilalui sepanjang enam tahun di sekolah dasar dan 3 tahun di sekolah menengah pertama atau sekolah menengah atas, tentu saja menyeratkan banyak masa lalu, kesan-kesan, dan pesan yang semestinya dikatakan lewat pidato perpisahan sekolah.

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah SD SMP SMA Yang Baik

Jika kamu sedang bingung karena didaulat jadi perwakilan pelajar untuk sampaikan pidato perpisahan sekolah, karena itu beberapa contoh di bawah ini menjadi rujukan dan bisa dipakai oleh kamu untuk membuat materi pidato perpisahan sekolah.

Materi yang bagus didukung oleh keyakinan diri dan karakter yang alami akan membuat pidato perpisahan sekolah yang kamu berikan akan makin terkesan untuk yang dengarnya.

Contoh Pidato Perpisahan SD, MI, dan Sederajat

Assalamualaikum wr. Wb

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Yang terhormat Kepala Sekolah SD.....

Yang terhormat Bapak dan Ibu Guru, pendidik di SD.....

Yang kami hargai beberapa orang-tua pelajar dan beberapa peserta yang bahagia.


Pertama, mari kita panjatkan puji dan sukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena karena karunia dan hidayahNya ini hari kita bisa bergabung pada acara perpisahan SD..... pada kondisi sehat wal'afiat.

Beberapa peserta yang bahagia, kesempatan ini saya berasa terhormat sebab bisa sebagai wakil rekan-rekan saya untuk sampaikan pidato perpisahan. Tidak berasa telah enam tahun kami tempuh pengajaran di SD.....yang paling kami sayangi. Masih teringat rasanya saat baru masuk sekolah ini dan saat itu kami tidak dapat membaca, berhitung, dan menulis.

Tetapi sekarang karena layanan Bapak dan Ibu guru tersayang yang segenap hati mendidik kami menjadi insan pintar yang bermanfaat, kami sudah bergerak dari periode ketidakjelasan ke arah periode berpengetahuan. Semuanya ialah bekal untuk kami untuk meneruskan pengajaran sekalian tempuh hari esok yang ceria.

Banyak narasi cantik yang kami alami sepanjang bersekolah di sini, peristiwa yang tidak pernah kami lupakan sampai kami dewasa kelak. Karena di sekolah berikut, tapak awalnya pengajaran kami dijejakkan. Beribu terima kasih kami berikan ke beberapa guru tersayang yang sudah mengajar kami bermacam ilmu dan pengetahuan sejak kelas satu sampai kelas enam ini. Karena layanan Bapak dan Ibu Guru-lah, kami dapat ada dalam tempat kami saat ini.

Kami semua mengharap pengetahuan yang kami peroleh sepanjang tempuh pengajaran di SD..... ini dapat berguna dan bermanfaat untuk diri kita, keluarga, warga, dan nusa dan bangsa. Perpisahan ini ialah perpisahan ke arah kebaikan, sebuah perpisahan yang bakal menghadapkan kembali di periode tiba. Dan mudah-mudahan bersilahturahmi kita terus terikat secara baik.

Demikianlah yang bisa saya berikan, kira-kira saya minta maaf, karena kelebihan hadirnya dari Allah SWT dan kekurangan ialah punya saya.

Wabilahitaufik walhidayah wassalamu'alaikum wr.wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Contoh Pidato Perpisahan SMP, MTS, dan Sederajat

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat Siang dan Salam Sejahtera.

Yang terhormat Kepala Sekolah SMP.....

Yang kami sayangi Bapak dan Ibu Guru SMP.....

Dan yang paling kami banggakan beberapa orangtua pelajar SMP.....dan rekan-rekan yang saya cintai

Saat sebelum mengawali pidato, mari kita selalu mengucapkan sukur ke Tuhan Yang Maha Esa karenanya perkenan dari-Nya kita dapat datang dan mengadakan acara perpisahan SMP.....Tahun Ajaran 20../20..

Izinkan saya sebagai wakil rekan-rekan seangkatan saya untuk sampaikan perkataan terima kasih yang sebesar-besarnya atas semua evaluasi dan tuntunan yang pernah kami terima dari Bapak dan Ibu guru sekaligus. Tidak lupa kami menghaturkan permintaan maaf yang ikhlas dari dalam hati kami yang paling dalam ke Bapak/Ibu Guru jikamana dalam 3 tahun ini kami pernah lakukan kekeliruan yang disengaja atau yang tidak disengaja, atau jikamana kami pernah mencederai hati Bapak/Ibu Guru dengan tindakan yang tidak kita ketahui.

Sepanjang 3 tahun tempuh pengajaran di sini, senang dan duka datang silih bertukar. Pucuk dari beberapa tahun pengajaran itu ialah kami bisa capai kelulusan dari ujian nasional dengan nilai yang memberikan kepuasan.

Semuanya sebagai buah usaha keras kami, doa dan suport orang-tua kami, dan yang khususnya ialah pengabdian Bapak dan Ibu Guru dalam jadikan kami pelajar yang disiplin dan berprestasi sejak dari kelas satu sampai kelas tiga ini. Layanan dan kebaikan Bapak dan Ibu Guru akan terpatri di hati kami selama-lamanya.

Ke adik-adik yang duduk di kelas 1 dan kelas 2, kami harap adik-adik selalu belajar dengan rajin, menuntut pengetahuan secara baik, dan capai prestasi setingginya dan tidak lupa selalu untuk taat ke Bapak dan Ibu Guru dan berbakti ke 2 orang tua. Mudah-mudahan adik-adik bisa capai kesuksesan seperti kami.

Begitu pidato ini saya berikan, saya minta maaf jika dalam pengutaraan pidato ini ada perkataan yang kurang sudi dan saya berterima kasih banyak atas perhatian peserta sekaligus.

Selamat pisah, mudah-mudahan perpisahan ini jadi masa lalu yang cantik untuk kita dan jadi penyemangat dalam meneruskan pengajaran ke tingkatan yang semakin tinggi.

Sukses terus dan selamat meraih harapan. Mudah-mudahan NAMA SMP.....selalu wangi dan makin jaya dari waktu ke waktu.

Terima kasih dan Wassalamu'alaikum wr. Wb.

Contoh Pidato Perpisahan SMA, MA dan Sederajat

Selamat Sore dan Salam Sejahtera

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bapak/Ibu Kepala SMA..... yang kami hargai dan selalu memberi kami motivasi menjadi pelajar yang disiplin dan berprestasi.

Bapak dan Ibu Guru dan seluruh Staff TU SMA.....yang kami hargai, yang paling memiliki komitmen dalam mendidik, mengajarkan, dan menuntun kami sepanjang 3 tahun ini.

Beberapa orang-tua pelajar SMA.....yang kami hargai dan benar-benar kami banggakan dan selalu jadi anutan untuk kami semua.

Dan semua rekan-rekan di kelas 12 IPA/IPS.....Angkatan..... dan adik kelas yang saya sayangi. Salam Solid.

Pertama, izinkan saya sebagai wakil semua pelajar Kelas 12 Angkatan 20.. untuk sampaikan pidato perpisahan pada ini hari. Tentu saja puji sukur silahkan bersama kita berikan ke Allah SWT atas karena dan rahmatnya, acara perpisahan ini bisa terselenggara secara baik.

Dan atas kita bisa meraih kelulusan 100 % dan mengharumkan nama SMA.....Dan perkataan terima kasih kami berikan ke beberapa panitia yang sudah berusaha keras untuk mengadakan acara ini.

Rasanya baru tempo hari, kita memijakkan kaki di SMA..... tersayang, jalani liku-liku kehidupan di SMA sambil mencecap periode remaja. Sampai tiba kita di ini hari di mana kita harus menyampaikan salam perpisahan. Karena hidup harus terus berjalan, dan kursi kuliah menunggu di muka kita. Setapak untuk setapak kita melalui tingkatan pengajaran dimulai dari SD, SMP, sampai SMA, semua untuk mendekati hari esok yang lebih bagus.

Tetapi, perpisahan bukan akhirnya segala hal. Masa lalu manis yang terbentuk dan persaudaraan dan pertemanan yang terikat tidak putus demikian saja. Lewat ikatan alumni SMA.....mudah-mudahan dimanapun kita akan meneruskan pengajaran sesudah ini kita selalu ingat dengan SMA..... tersayang dan satu hari bisa berperan untuk makin lebih memajukan sekolah yang kita sayangi ini.

Waktu tidak bisa diputar kembali. Karenanya rekan-rekan yang saya sayangi, bila ada sesuatu hal yang ingin kalian berikan ke rekan-rekan lainnya atau adik-adik kelas kita, berikanlah saat ini juga. Bila ada permintaan maaf yang ingin kalian berikan atau perkataan terima kasih dan penghargaan yang kalian berikan, kerjakan saat ini juga. Ini ialah peristiwa yang pas saat sebelum kita betul-betul tinggalkan sekolah tersayang ini.

Demikianlah yang bisa saya berikan. Terima kasih banyak atas perhatian beberapa peserta sekaligus dan minta maaf atas kalimat yang kurang sudi dalam pidato ini.

Selamat pisah. Sampai bertemu kembali dan selamat mendekati hari esok yang lebih ceria. Sukses untuk selalu SMA..... We love you forever.

Wabilahitaufik walhidayah wassalamu'alaikum wr.wb.

Selamat sore dan salam sejahtera untuk kita semua.

Panduan Menyampaikan Pidato Yang Baik

  1. Mengumpulkan keberanian kamu. Karena untuk bicara di muka umum kita memerlukan keberanian yang besar. Tidak boleh takut salah. Bila kamu berani, karena itu kamu akan berasa nyaman dan tenang dalam sampaikannya.
  2. Optimis. Kunci agar bisa sampaikan pidato secara baik dan lancar ialah optimis dan percaya dengan performa kita.
  3. Kuasai materi. Contoh dokumen pidato di atas ialah tutorial yang bisa dipakai untuk menulis pidato. Upayakan menulis sendiri materi pidato kamu karena materi yang dicatat sendiri oleh kamu akan mempermudah kamu untuk sampaikannya.
  4. Banyak latihan. Kekuatan bicara di muka umum memerlukan jam terbang. Bila kamu kerap aktif dalam komunitas dialog atau rutinitas di muka umum yang lain, karena itu ini akan memberikan dukungan kamu untuk meminimalkan rasa grogi atau gugup hingga kamu dapat menyampaikan pidato secara baik.
  5. Di saat menyampaikan pidato, pakailah style kita sendiri saat bicara dan saat sampaikan materi. Rileks tetapi sopan. Tenang tetapi tegas. Performa yang alami makin lebih terkesan dibanding performa yang dipaksanya.

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "Contoh Pidato Perpisahan Sekolah SD SMP SMA Yang Baik"