Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Penulisan Surat Resmi Yang Baik Dan Benar

Bagaimana cara penulisan surat resmi? Sebelum membahasnya, ada baiknya kita bahas sedikit tentang dunia kerja. Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk bekerja yang sesuai keinginan atau cita-citanya di kemudian hari. Salah satu cara agar bisa mencapai cita-cita yaitu belajar, baik belajar formal ataupun nonformal.

Apabila kita memiliki keinginan, sudah seharusnya kita mewujudkannya. Jika kita mempunyai keinginan sebagai wirausaha maka kita harus belajar pula tentang wirausaha. Jika anda ingin bekerja sebagai pegawai Anda harus terlebih dahulu mambuat surat lamaran pekerjaan. Dengan demikian Anda harus belajar membuat surat lamaran pekerjaan terlebih dahulu sebelum membuatnya, karena surat tersebut sangatlah berbeda dengan surat cinta yang biasa dibuat oleh anak muda-mudi.

Cara Penulisan Surat Resmi Yang Baik Dan Benar

Surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu jenis surat resmi. Maka dari itu kita terlebih dahulu membedakan antara surat resmi dan surat tidak resmi. Agar anda tidak salah dalam membuat surat pernyataan ataupun surat yang dikirimkan untuk orang tersayang.

Apa Itu Surat Resmi?

Surat resmi ialah surat yang dibuat menggunakan bahasa yang baik untuk menyampaikan sesuatu sesuai keinginan penulis dan disajikan dengan keadaan rapi. Surat resmi dapat disebut juga surat dinas, karena surat resmi yaitu surat yang disampaikan kepada instansi, lembaga pemerintah, atau organisasi. Sedangkan Surat dinas ialah surat yang isinya menyangkut segi kedinasan dalam administrasi atau instansi pemerintahan. Surat resmi juga biasa digunakan oleh organisasi-organisasi ke dalam golongan lain.

Ketika menulis surat resmi harus mengikuti kaidah-kaidah penulisannya. Seperti bahasa yang digunakan harus menggunakan bahasa yang baik, benar dan baku. Kalimat yang digunakan sederhana, tidak bertele – tele dan mudah dipahami. Maksud dan tujuan harus jelas.

Berbeda dengan surat tidak resmi, surat resmi memiliki syarat-syarat atau ketentuan yang harus diketahui. Cara penulisan surat resmi yaitu tentukan tujuan penulisan surat, buatlah kerangka penulisan(kerangka surat harus menggunakan kata baku dan tampilan surat rapid an bersih dari coretan), dan isikan bagian-bagian surat.

Bagian-Bagian Surat Resmi

Bagian-bagian isi surat resmi:

  • Tanggal pembuatan. Dalam menuliskan tanggal, bulan dan tahun. Tanggal dan tahun harus menggunakan angka sedangkan bulan harus menggunakan huruf. Pemisah nama kota dengan tanggal menggunakan koma ( , ).
  • Perihal atau hal ( jika perihal tidak disingkat maka kata lampiran pun tidak disingkat).
  • Lampiran atau Lamp.
  • Alamat surat (penulisan kata jalan tidak boleh disingkat).
  • Salam pembuka.
  • Isi yang disertai paragraf pembuka.
  • Paragrap penutup
  • Tanda tangan, nama terang.

Apa Itu Surat Tidak Resmi?

Surat tidak resmi ialah surat yang ditulis menggunakan bahasa tidak baku dan terkesan pribadi. Dengan demikian, surat tidak resmi juga disebut surat pribadi. Surat pribadi sering dibuat oleh kalangan muda-mudi kepada pasangannya atau surat yang dikirimkan untuk keluarga yang tinggal nan jauh disana. Dahulu banyak orang yang membuat surat tidak resmi atau surat pribadi ini, karena mareka hanya bisa berkomunikasi dengan surat menyurat tersebut.

Penulisan Surat Tak Resmi


Sedangkan penulisan surat tidak resmi tidak ada kaidah-kaidah tertentu, yang harus dipenuhi. Karena banyak surat yang dibuat oleh muda – mudi menggunakan kalimat langsung tanpa ada tanggal, salam pembuka, alamat atau pun tanda tangan dan nama terang. Meski demikian mereka tetap bisa mengerti atau tahu tujuannya, karena surat tersebut bersifat pribadi. Itulah yang dinamakan surat tidak resmi atau surat pribadi yakni surat yang dibuat oleh seseorang untuk orang lain dengan tujuan tertentu dan menggunakan bahasa yang biasa mereka gunakan atau mereka fahami.

Bahasa atau kata-kata yang paling banyak digunakan dalam surat pribadi yaitu curahan hati seseorang tentang perasaannya. Dengan kata lain ungkapan hati sang penulis tanpa ada pembukaan yang resmi seperti Yth. . ., yang ada yaitu yang tersayang atau yang tercinta atau masih banyak lagi kata untuk mengawalinya.

Namun, saat ini mulai banyak kaum muda-mudi atau pun tua muda yang menggunakan handphone sebagai alat komunikasi. Karena menurut mereka dengan alat itu semakin mudah dalam berinteraksi, meskipun ada beberapa dampak negative yang selalu menghampiri mereka. Dampak-dampak negative yang timbul diantaranya : semakin rendahnya nilai moral dikalangan anak muda atau remaja, sikap-sikap yang ditimbulkan semakin negatif, handphone telah dijadikan ajang perselingkuhan.

Dengan demikian kita harus lebih hati-hati dengan menggunakan alat komunikasi apapun sesuai perkembangan zaman. Karena saat ini tidak hanya pada alat komunikasi yang berkembang, namun alat berpikir atau pola berpikir semua orang mulai berubah. Dan mulai banyak yang hilang kendali dengan globalisasi yang telah terjadi.

Jika dilihat kembali di masa yang lalu, akan terasa indah jika masa lalu yang indah tetap ada namun di hilangkan beberapa yang perlu dihilangkan. Dan diganti yang baru yang lebih baik seperti komunikasi menggunakan surat. Ketika berbicara mengenai surat pribadi maka dibenak kita akan tersirat pengantar surat tersebut yaitu merpati pos. Yang dahulu sangat dibutuhkan oleh setiap orang yang ingin mengirimkan surat pada saudara jauh.

Burung merpati merupakan salah satu alat untuk mengantarkan surat, yang terkenal dengan kemahirannya. Burung merpati adalah satu-satunya burung yang dapat mengirimkan surat dari satu orang ke orang lain. Itu merupakan salah satu sifat khas yang dimiliki merpati pos, burung itu dibawa kemanapun dan akan diberikan siapapun dia akan tetap kembali kepemiliknya.

Selain merpati pos, ada juga tukang pos yang selalu mengantarkan surat dari satu rumah ke rumah yang lain. Tukang pos dahulu sangat dibutuhkan untuk mengirimkan surat, karena dahulu belum ada alat telekomunikasi yang paling cepat.

Di masa yang modern sekaranglah, semakin sedikit orang yang mengirimkan surat melalui media pos atau kantor pos. Yang saat ini semakin berkembang yaitu media komunikasi melalui telefon, email, facebook, twittwer, mms dan masih banyak lagi. Media tersebut memudahkan kita dalam berkomunikasi dengan orang yang jauh dengan kita. Bahkan dengan media itu kita dapat berbicara dan tata muka dengan saudara yang sedang tinggal jauh dengan kita.
Mengirim Surat

Saat ini, melamar pekerjaan pun tidak memerlukan surat lamaran melalui kantor pos. Kita bisa mengirimkan surat lamaran melalui email atau media lainnya. Dengan demikian kita dimudahkan dalam cara mengirim surat. Yang dapat kita kirim tidak hanya bentuk tulisan saja, bisa juga mengirimka video tentang diri kita jika diminta.

Alat komunikasi ini sangat membantu kita dalam banyak hal. Contohnya saja jika kita ingin melamar pekerjaan diluar negeri, tidak perlu kita datang jauhjauh kesana untuk tes wawancara atau repot-repot mengirimkan surat lamaran melalui pos. Anda cukup membuat beberapa file yang diminta, duduk di depan komputer, kirimkan file, dan jika sudah mendapat jawaban. Anda bisa menggunakan layanan MMS yang fungsinya untuk berbicara tatap muka dengan orang yang ada di negara lain atau tempat lain.

Itulah ulasan singkat tentang cara penulisan surat resmi.
Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "Cara Penulisan Surat Resmi Yang Baik Dan Benar"