Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menekan Perkembangan Pinjal Anjing, Bagaimana Caranya?

Kemunculan pinjal pada tubuh anjing Anda tentu sangat meresahkan. Baik bagi anda sebagai seorang pemilik maupun bagi anjing Anda yang menjadi inangnya. Keberadaan pinjal anjing juga bisa membuat peliharaan anda tersebut kesakitan, selain merasa terganggu. Ia bukan kutu tapi sama-sama hidup sebagai parasit di tubuh anjing anda.


Cara Mencegah Kemunculan Pinjal

1. Penggunaan Sisir Kutu

Selalu gunakan sisir kutu pada hewan peliharaan Anda. Jadi, bukan hanya manusia saja yang butuh sisiran. Namun, anjing Anda juga perlu disisir. Fungsi dari sisir kutu sendiri yaitu bisa menghilangkan kotoran dan telur-telur pinjal yang menempel.

2. Memandikan anjing Secara Rutin

Sebagai pemilik hewan peliharaan, Anda jangan sampai malas untuk memandikan anjing Anda. Apabila anjing Anda tidak merasa risih dan nyaman ketika dimandikan, maka Anda bisa menjadikannya rutinitas. Ini bisa Anda lakukan sebulan sekali menggunakan air hangat. Jangan sering-sering, tetapi rutin dan terjadwal.

3. Rajin Membersihkan Kandang

Sebuah kandang yang bersih tentu akan membuat anjing Anda merasa nyaman. Selain itu, Anda bisa mencegah tumbuhnya pinjal di sana bila Anda selalu memastikan kebersihan di kandang anjing Anda. Kegiatan bersih-bersih kandang ini bisa Anda jadwalkan secara rutin dalam jangka waktu tertentu.

4. Menjaga Kebersihan Rumah

Seekor anjing tidak mungkin akan berdiam diri di kandangnya saja. Ia akan bermain kesana kemari di rumah Anda. Dari sudut satu ke sudut lain sampai bisa mengelilingi seluruh rumah. Maka dari itu, menjaga rumah selalu dalam keadaan bersih adalah hal yang penting supaya tidak menjadi media perpindahan pinjal ke tubuh anjing Anda.

5. Membiarkan Anjing Merawat Dirinya

Seekor anjing biasanya mampu merawat dirinya sendiri. Kadang mereka bermain air untuk membersihkan dirinya. Terutama saat di tubuhnya ada pinjal. Namun, yang dikhawatirkan adalah apabila anjing Anda menggigit kulitnya demi mengusir pinjal sampai menyebabkan infeksi kulit. Jadi, Anda perlu memperhatikannya di sini.

Beberapa hal di atas bisa mencegah tumbuhnya pinjal anjing pada peliharaan Anda. Dengan mematuhi dan menerapkan poin-poin di atas, secara tidak langsung anda ikut menjaga anjing anda dari serangan pinjal. Sebagai antisipasi, anda juga perlu menyediakan tablet kunyah Nexgard di rumah.

Mang Aip
Mang Aip Semoga Hari Esok Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Menekan Perkembangan Pinjal Anjing, Bagaimana Caranya?"