Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Alasan Untuk Tidak Menggunakan Domain Gratisan

Perlu diperhatikan bahwa sekali beli domain maka domain ini nantinya yang seterusnya akan dipakai untuk website. Banyak yang ingin mencoba peruntungannya mendapatkan penghasilan dari website.

Namun, cara tersebut ditempuh dengan menggunakan domain gratis dengan maksud tidak ingin mengeluarkan modal. Padahal, beli domain murah yang berbayar lebih menguntungkan dibandingkan domain gratis. Selain itu, domain gratisan punya beberapa kelemahan.

5 Alasan Untuk Tidak Menggunakan Domain Gratisan


Apa Itu Domain

Domain merupakan nama dari website yang berfungsi agar lebih mudah diingat. Setiap website yang Anda ketahui pasti memiliki nama domain agar bisa diakses.

Domain berkaitan dengan alamat IP yang sebenarnya diubah dalam bentuk huruf yang mudah diingat. Awalnya, domain hanya berupa IP yang terdiri dari deret angka seperti 198.103.482.1.

Kini, nama domain menjadi nama unik yang mudah diingat seperti Youtube.com, Google.com, dsb.

Alasan Tidak Menggunakan Domain Gratisan

Ada beberapa alasan kenapa lebih baik tidak menggunakan domain gratisan Berikut adalah beberapa faktanya.

1. Domain Gratisan Tidak Terlihat Profesional

Domain gratisan untuk website Anda akan membuat pengunjung mengklaim bahwa websitenya tidak profesional. Hal ini karena domain gratisan ini bisa dipakai siapa saja meski orang yang tidak berkompeten sekalipun.

Akibatnya, isi dari konten yang ditulis membuat pengunjung menjadi lebih ragu. Jadi, lebih baik untuk membeli domain berbayar yang berguna untuk jangka panjang dan branding bisnis lebih baik.

Pakai juga VPS server agar kecepatan internet lebih stabil dan website memiliki performa yang baik.

2. Tidak Bisa Bebas Pilih Domain

Jika menggunakan domain gratis, Anda tidak bisa memilih nama domain yang diinginkan dan bagus untuk website. Hal ini karena nama domain yang bagus dan mudah diingat sudah banyak dipakai oleh blogger lainnya.

Oleh sebab itu, Anda perlu membeli domain murah agar lebih bebas memilih nama domain yang tidak digunakan orang tetapi mudah diingat dan merepresentasikan bisnis Anda.

Selain itu, sekali beli domain maka Anda tidak bisa menggantinya lagi kecuali membuat website yang baru. Jadi, perlu berhati-hati dalam memilih nama domain terbaik.

3. Tidak Ada Subdomain

Keterbatasan lain yang dimiliki oleh domain gratisan adalah tidak ada subdomainnya. Padahal, subdomain ini berfungsi untuk website yang punya banyak tea. Contoh domainnya seperti hijab.websiteku.com dan mukenah.websiteku.com

Subdomain akan berguna sekali. Sekali beli domain maka bisa mendapatkan fitur subdomain yang membuat website menjadi lebih terfokus pada tema sehingga pengguna lebih mudah untuk mencarinya.

4. Domain Mudah Diambil Orang

Kelemahan berikutnya dari menggunakan domain gratis yaitu bisa diambil oleh orang. Hal ini bukanlah sesuatu yang tidak mungkin karena mereka bisa membayar ke platform Anda mendapatkan domain gratis.

Alhasil, tidak ada yang bisa dilakukan meski domain tersebut sudah dipakai sejak lama dan sudah banyak dikenal dan dikunjungi oleh peselancar internet. Agar lebih aman, gunakan domain berbayar agar tidak diambil orang lain.

5. Tidak Ada Dukungan Saat Website Bermasalah

Domain gratis juga tidak akan mendapatkan pelayanan terbaik terutama saat website mengalami kendala. Tidak ada tim support yang akan membantu mengatasi masalah Anda. Hal ini berbeda jauh ketika menggunakan domain dari Niagahoster.

Anda bisa mendapatkan bantuan dari tim profesional sehingga permasalahan website bisa segera diatasi. Cukup menghubungi penyedia jasa yang Anda pilih untuk menyewa domain.

Kesimpulan

Dari alasan tersebut, lebih baik untuk membeli domain karena sekali beli domain maka bisa mendapatkan berbagai fitur lengkap seperti adanya subdomain sampai bantuan teknis untuk website. Pilih jasa dari Niagahoster karena disana pelayanan domain dan hosting dapat membantu website menjadi lebih berkualitas.

Mang Aip
Mang Aip Semoga Hari Esok Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "5 Alasan Untuk Tidak Menggunakan Domain Gratisan"