Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Muhammad, Manusia Terhebat Di Bumi

Salah satu manusia terhebat yang diakui memiliki peran besar dalam perkembangan kehidupan dunia adalah Nabi Muhammad SAW. Sosok yang menjadi teladan umat Islam di seluruh dunia ini, tidak hanya mampu menciptakan perubahan dalam sudut spiritual keagamaan saja. Namun lebih jauh dalam perkembangan kehidupan bermasyarakat pun, ajaran-ajaran yang diberikan oleh Nabi Muhammad dianggap mampu menjawab berbagai permasalahan yang terjadi di dunia sepanjang masa.

Pengakuan tentang peran besar Nabi Muhammad ini, bukan hanya diakui oleh umat Islam sebagai pengikut ajarannya saja. Namun, kalangan luar Islam pun banyak yang mengakui bahwa Muhammad adalah satu dari sedikit manusia yang berperan besar dalam menciptakan peradaban modern dan mengubah manusia menuju kehidupan seperti sekarang ini.

Muhammad, Manusia Terhebat Di Bumi

Salah satu dari pengakuan tersebut adalah dengan dicantumkannya nama Muhammad, dalam daftar 100 manusia paling berpengaruh di dunia. Salah satu dasar pencantuman tersebut adalah karena ajaran yang dibawanya, mampu menjadikan Islam sebagai salah satu agama yang memiliki pengikut paling banyak di dunia.

Selain itu, kehebatan nabi Muhammad lainnya adalah bahwa ajaran yang dibawanya bukan sekedar berbicara mengenai hubungan rohani antara manusia dengan Sang Pencipta saja. Namun, Islam juga mengajarkan beragam konsep yang berkaitan dengan kehidupan di dunia ini. Baik itu di dunia ilmu pengetahuan maupun dalam ilmu sosial, Islam yang dibawa manusia bernama Muhammad ini memberikan tuntunan secara tuntas.

Salah satu ajaran Muhammad yang pada saat ini mulai dilirik masyarakat dunia adalah ajaran mengenai konsep perekonomian syariah. Konsep ini dipercaya menjadi sebuah solusi ketika perekonomian dunia yang sebelumnya mendewakan konsep perekonomian berbasis kapitalisme, mulai keropos. Dampaknya, terjadi krisis ekonomi yang melanda hampir seluruh negara di dunia ini.

Dunia perbankan merupakan salah satu sektor ekonomi yang paling menonjol pergeseran orientasinya menuju konsep syariah tersebut. Hal ini dibuktikan dengan dibukanya divisi syariah oleh hampir semua perbankan konvensional, baik di Indonesia maupun internasional. Bank dunia pun sudah menjadikan ekonomi syariah sebagai salah satu kajian mereka dalam menciptakan strategi mengatasi krisis ekonomi dunia.

Sejarah Nabi Muhammad

Nabi Muhammad SAW sendiri dilahirkan dari Ayah bernama Abdullah bin Abdul Muthalib, dan ibu bernama Aminah Binti Wahb. Keduanya berasal dari kabilah Quraisy, dimana ayah berasal dari keturunan Hasyim dan ibu keturunan Bani Zuhrah.

Pada saat lahir, Muhammad sudah tidak memiliki ayah yang meninggal saat Muhammad masih di dalam kandungan. Sedangkan ibunya wafat ketika Muhammad berusia tujuh tahun. Selanjutnya, Muhammad kecil diasuh oleh kakek dan pamannya yaitu Abdul Muthalib dan Abu Thalib. Muhammad menghabiskan masa kecilnya bersama kedua orang tersebut hingga menikah pada usia dua puluh lima tahun.

Wanita yang dinikahinya adalah Khadijah yang pada waktu itu sudah berusia empat puluh tahun. Usia pernikahan kedua adalah dua puluh lima tahun, hingga Khadijah meninggal pada usia enam puluh lima tahun. Nabi Muhammad mendapatkan wahyu kenabiannya pada usia empat puluh tahun, melalui wahyu yang disampaikan oleh malaikat Jibril kepadanya.

Hal ini terjadi pada tahun 611 M, dimana pada masa tersebut kehidupan manusia di Makkah berada dalam titik nadir. Kepercayaan kuno yang menyembah berhala demikian kuat melekat dalam kehidupan masyarakat. Dan Muhammad datang dengan wahyu yang dibawanya dari Allah, untuk mengajak manusia kembali dari kesesatan dan menuju kehidupan yang lurus dengan menyembah Tuhan. Bukan patung dan berhala yang tidak lain hanyalah ciptaan dari manusia itu sendiri yang kemudian dijadikan sembahan oleh para pembuatnya.

Mukjizat Muhammad

Secara umum, ada lima mukjizat yang dimiliki Nabi Muhammad sebagai bukti kenabiannya. Kelima mukjizat tersebut di antaranya adalah :

Mukjizat Akhlak

Sejak berusia muda, Muhammad sudah dikenal sebagai manusia yang memiliki kejujuran, bisa dipercaya, sabar, tegar dan dermawan. Nabi Muhammad selalu menunjukkan wajah ceria terhadap para sahabat serta berusaha mengetahui kabar mereka. Selain itu, beliau selalu menjadi manusia yang pertama merasa gelisah apabila ada sahabatnya yang sedang tertimpa musibah. Demikian pula, beliau menjadi orang pertama yang bergerak untuk menolong mereka yang sedang mengalami kesulitan.

Kepada mereka yang membencinya sekalipun, Nabi Muhammad tidak menunjukkan sikap permusuhan. Bahkan, sekedar untuk mengucapkan cacian atau celaan tidak pernah sekali pun terdengar dari mulut beliau. Kepada musuh Islam yang sudah terang-terangan menghina dan melemparkan kotoran pun, Nabi Muhammad tetap memberikan maaf dan mendoakan orang tersebut untuk diberikan kebaikan.

Sebagai pemimpin pun, Nabi Muhammad bukanlah sosok yang gemar berdiam di belakang meja saja. Namun, beliau selalu turun bersama para pengikutnya, dalam menghadapi segala halangan dan rintangan tanpa harus takut akan status kenabiannya. Terhadap orang lain, terutama mereka yang lebih tua atau pada anak-anak, Nabi Muhammad menunjukkan sikap rendah hati, menghormati serta menyayangi mereka.

Hal ini dibuktikan, bahwa Nabi selalu berpakaian sebagaimana pakaian yang dikenakan rakyat kebanyakan. Demikian pula, saat duduk Nabi tidak berada di atas kursi yang lebih tinggi. Namun lebih menyukai duduk bersama di atas tanah dengan para sahabatnya sehinga mereka sejajar.

Mukjizat Ilmiah

Mukjizat ilmiah ini berkaitan dengan rangkaian pengetahuan yang didapat dari apa yang dilakukan Nabi Muhammad selama hidupnya. Seperti tentang rahasia puasa Senin-Kamis yang menjadi sunnah Nabi, ternyata memiliki dampak positif pada mereka yang menjalankannnya. Di antaranya memiliki tubuh yang lebih sehat dan lebih kebal terhadap serangan penyakit, dan meminimalisir kemungkinan terjadinya gangguan organ tubuh seperti jantung dan pencernaan.

Mukjizat Amaliah

Mukjizat ini terkait dengan prestasi yang berhasil ditorehkan Nabi Muhammad selama 23 tahun menjalankan tugas sebagai nabi dan rasul. Beberapa prestasi Nabi Muhammad diantaranya adalah :

  • Mampu menyampaikan sebuah agama Illahian yang menghasilkan banyak orang beriman pada ajaran tersebut hingga saat ini. Hal ini dilakukannya ketika pada masa itu, kekuatan jahiliyah yang menyembah berhala demikian kuat mempengaruhi penduduk di tanah Arab.
  • Mengubah kebiasaan masyarakat pada jaman jahiliyah yang gemar berperang, serta berpecah belah menjadi masyarakat yang memiliki rasa persatuan dan menjalin persaudaraan tinggi.
  • Menciptakan suatu sistem pemerintahan yang bersatu padu dan memiliki landasan hukum dari hukum Allah yang tidak hanya mengatur kebaikan di dunia namun juga kebaikan di akhirat.
  • Nabi Muhammad mampu menciptakan undang-undang dan peraturan yang masih relevan digunakan hingga saat ini. Dimana jika undang-undang ini digunakan akan mendatangkan kebahagiaan bagi umat manusia hingga kiamat tiba.

Mukjizat Maknawiyah

Mukjizat maknawiyah adalah sebuah mukjizat yang datang dari Tuhan yaitu berupa Al Qur’an. Di aman dalam Al Qur’an, terdapat berjuta pengetahuan yang jika manusia mau berpegang padanya, maka manusia tersebut akan menemukan hakikat kehidupan yang hakiki.

Mukjizat Keturunan

Mukjizat keturunan ini adalah sebuah mukjizat dimana para keturunan suci Nabi Muhammad akan terjaga dari dosa. Kondisi ini hanya bisa terjadi berkat kedudukan tinggi kenabianlah, sehingga para putra putri serta imam ma’shum berada dalam keadaan yang terjaga dari dosa.

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "Muhammad, Manusia Terhebat Di Bumi"

Si Idoy Kucing Lucu, Tidur Sambil D... x
Si Idoy Kucing Lucu, Tidur Sambil Duduk