Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Teknik Ilustrasi, Manfaat, Fungsi, Jenis dan Bantuknya

Perkembangan seni ilustrasi di berbagai media tidak terlepas dari perkembangan dinamika masyarakat dan industri yang menuntut satu kreatifitas yang terus meningkat dan disesuaikan dengan keinginan pasar. Peran teknologi kemudian turut memberi arti.

Sebuah media agar dapat terus eksis dan selalu diapresiasi oleh pembacanya, harus terus berupaya memperbagus tata desain setiap isi dan ruang-ruang yang diasuh oleh para redaktur.

Lalu apa yang yang dimaksud dengan ilustrasi, berikut beberapa pengertian yang dirangkum dengan fungsi atau manfaat serta beberapa bentuk ilustrasi yang populer di jaman kekinian.

Pengertian Teknik Ilustrasi, Manfaat, Fungsi, Jenis dan Bantuknya

Pengertian, Jenis, Fungsi dan Manfaat Serta Teknik Ilustrasi

A. Pengertian

Ada beberapa pengertian yang diberikan oleh para ahli dalam memaknai apa yang disebut dengan ilustrasi, diantaranya :

  1. Ilustrasi merupakan sebuah visualisasi dari suatu tulisan yang dapat berupa sketsa, lukisan, vector graphic, foto, atau teknik seni rupa lainnya yang lebih menekankan pada penjelasan tulisan daripada bentuk. Dan dibuat untuk untuk menjelaskan informasi yang terkandung di dalam teks. Dengan bantuan visualisasi tersebut, maka diharapkan teks tersebut lebih mudah dicerna oleh pembacanya.
  2. Ilustrasi merupakan hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan teknik drawing, lukisan, fotografi, atau teknik seni rupa lainnya yang lebih menekankan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
  3. Ilustrasi merupakan seni gambar yang dimanfaatkan untuk member penjelasan atas suatu maksud atau tujuan secara visual.
  4. Ilustrasi merupakan gambaran sesuatu yang bertujuan unutk menpercantik tulisan atau melengkapi suatu tulisan.

B. Jenis Ilustrasi

Ada beberapa jenis ilustrasi yaitu :

1. Foto

Visualisasi yang dengan pengambaran sesuatu sesuai dengan kenyataan dan keadaan.

2. Karikatur

Vsiualisasi yang berbentuk lucu dan menggambarkan sesuatu dengan sesuai dengan keadaan emosional. Karikatur tidak digunakan untuk keperluan karya ilmiah serta sering dijumpai pada tulisan populer seperti rubrik olahraga,hiburan, bahkan sekarang acap kali pula dijumpai pada bahasan kritis pada tulisan yangb berbau politik dan hukum.

3. Tabel

Visualisasi yang menyajikan suatu kegiatan, data dan menganalisis data yang disusun dalam kolom dan baris. Sering digunakan dalam karya ilmiah. Pada tabel juga sering dijumpai adanya catatan kaki yang menerangkan sumber data yang diperoleh atau keterangan lain.

4. Pie Chard

Visulisasi yang menyajikan gambaran sesuatu yang berbentuk keping-kepingan atau lingkaran dengan jumlah komponen 100 persen atau 360 derajat, dibedakan dengan warna, serta terdapat angka atau prosen.

5. Organization Chard

Visulisasi yang menyajikan data yang yang berupa struktur organisasi berdasarkan tingkatan atau hirarki.

6. Bari Chard

Visualisasi yang menyajikan dengan pembuatan berdasarkan pada sumber X dan Y, yang dipergunakan untuk dapat melihat kecenderungan data atau pengamatan menurut waktu.

7. Graph Chard

Visualisasi yang menyajikan data kuantitatif dengan menggunakan sistem koordinat, yang digunakan untuk melihat perubahan kecenderungan nilai dari waktu ke waktu.

8. Kombinasi

Visualisasi yang menyajikan data yang dimuat dalam bentuk grafik dan dan batang.

9. Flow Chard

Visualisasi yang menyajikan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya, yang dinyatakan dengan simbol untuk menerangkan porses tertentu.

10. Peta

Visualisasi yang menyajikan gambar atau lukisan keselurahan atau sebagian permukaan Bumi, baik lautan maupun daratan.

C. Fungsi dan Manfaat, Serta Teknik Ilustrasi

1) Fungsi dan manfaat

  • Berfungsi untuk menerangkan atau menghiasi suatu cerita, tulisan, puisi, atau informasi tertulis lainnya, dan diharapkan dengan bantuan visual, tulisan tersebut lebih mudah dicerna.
  • Berfungsi untuk memberikan bayangan setiap karakter di dalam cerita.
  • Berfungsi untuk memberikan bayangan bentuk alat-alat yang digunakan di dalam tulisan ilmiah.
  • Berfungsi untuk memberikan bayangan langkah kerja
  • Berfungsi untuk mengkomunikasikan cerita.
  • Berfungsi untuk menghubungkan tulisan dengan kreativitas dan individualitas manusia.
  • Berfungsi untuk memberikan humor-humor tertentu untuk mengurangi rasa bosan.
  • Berfungsi untuk dapat menerangkan suatu konsep.
  • Bermanfaat sebagai sarana pendukung cerita.
  • Bermanfaat guna mempenjelas dalam bentuk gambar.
  • Bermanfaat untuk mengisi ruang kosong dalam majalah, Koran, tabloid, dan lain – lain.

2) Teknik-teknik yang dikenal dalam pembuatan ilustrasi

Teknik Woodcut

Merupakan teknik pembuatan visualisasi yang merupakan bagian dari grafis desain dan tidak dapat dipisahkan dari teknik produksi untuk memperbanyaknya. Teknik ini diterapkan dengan cara membuat cukilan atau relief pada sebuah papan kayu kemudian dicap pada kertas atau pun kain. Teknik ini juga pernah ditemukan di cina dan jauh lebih tua dari seniman grafis yang dibuat pada tahun 868 masehi. Di Cina, teknik ini digunakan untuk menerjemahkan kitab agama budha kedalam bahasa cina, lengkap dengan visualisasi gambar dari yang diceritakan dalam naskah.

Teknik Fine Art

Sejarah awal teknik ini digunakan ketika seorang seniman grafis melukiskan visualisasi dari sebuah cerita atau dongeng, seniman tersebut mencoba mempresentasikan suatu keadaan secara natural sebagaimana yang tergambar jika menggunakan kamera untuk memotret suatu keadaan. Karya-karyanya itu kemudian dikelompokan sebagai fine art seperti karya-karya lukisan pada zaman itu. Maka dikenallah teknik fina art. Pada jaman tersebut, belum ada fotografi, dan hanya menggunakan lithografi. Litografi merupakan proses pencetakan diatas batu yang di ukir. Di jaman modern biasa disebut offset.

Teknik Art Noveau

Teknik Art Noveau sebenarnya merupakan sebuah gerakan dibidang seni yang dipelopori oleh beberapa orang seniman Prancis. Arti dari aliran tersebut adalah “ seni baru” . Gerakan seni itu merupakan gabungan fine art dan applied art. Teknik ini mengandalkan kekuatan garis, menggunakan ruang-ruang kosong dengan bloking warna gelap terang, Serta penggunaan garis-garis yang dekoratif.

Beberapa Penjelasan Tentang Bentuk-Bentuk Ilustrasi Yang Populer

Ilustrasi dalam Design Web

Bentuk ini dapat diartikan sebagai gambar non foto yang menghiasi web design. Yang digunakan untuk menerangkan teks yang sedang disajikan dalam website serta umumnya, visualisasi membentuk karakter tersendiri bila digunakan dalam website.

Website yang diberi sentuhan visualisasi dapat memunculkan kesan artistik karena sketsa tangan adalah salah satu dasar dari seni rupa. karakter design web dapat dipertajam dengan gambar-gambar yang unik sekaligus lucu karena sekaligus membuatnya menjadi ‘berbeda’ dari web-web design standar yang biasanya hanya mengandalkan foto semata.

Visualisasi yang ditampilkan dalam web design tidak hanya sebatas sketsa tradisional, karena seiring dengan perkembangan software design, design web dapat berupa vektor graphic hingga digital imaging hasil sentuhan photoshop.

Ilustrasi sering digunakan saat membuat web untuk industri kreatif, seperti perusahaan fashion atau graphic designer, dan Juga sering menjadi andalan saat membuat web bertema retro atau klasik. Namun jarang ditampilkan dalam web berbasis informasi dan berita, karena justru akan membuat pengakses web menjadi bingung dan membuyarkan fokus.

Ilustrasi dalam Cerpen atau Puisi

Pada cerpen ilustrasi biasanya disatukan dengan judul dan penulis cerita, yang bertujuan untuk memperindah perwajahan cerpen, penggunaan visualisasi menggambarkan cerita pada cerpen tersebut. Hal ini juga berlaku pada visualisasi novel atau roman. Visualisasi sampul atau cover sebuah Cerpen, novel atau roman adalah presentasi dari isi yang terkandung dalam Cerpen, novel ataupun roman tersebut.

Visualisasi kartun merupakan sebuah gambar yang memuat cerita atau pesan pada suatu momen dalam wujud humor. visualisasi artikel bergambar yang digunakan untuk memperjelas suatu tulisan, memberikan keterangan yang dapat membantu pembaca agar lebih mengerti maksud dari sebuah tulisan tersebut.

Visualisasi artikel tidak hanya gambar dengan setting tempat tertentu saja, tetapi dapat berupa keterangan-keterangan tambahan suatu data yakni bagan, diagram, tabel dan gambar berangkai untuk menerangkan sesuatu yang sistematis.

Pun begitu Vignet gambar tangan dapat kita jumpai pada karya sastra yakni puisi dan cerpen, gambar ini lebih menonjolkan segi ekspresi dalam bentuk eksplorasi gambar simbol. Vignet juga berfungsi untuk menambah keindahan tampilan dalam cetakan sebuah karya sastra.

Foto ilustrasi

Foto ilustrasi adalah hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan menggunakan teknik fotografi. Visualisasi ini lebih menekankan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud dari pada bentuk. Tujuannya adalah untuk menerangkan atau menghiasi suatu cerita, tulisan, puisi, atau informasi tertulis lainnya. Dengan harapan bantuan visual, maka tulisan tersebut lebih mudah dicerna.

Foto ilustrasi juga berfungsi antara lain untuk memberikan bayangan setiap karakter di dalam cerita, untuk memberikan bayangan bentuk alat-alat yang digunakan di dalam tulisan ilmiah, memberikan bayangan langkah kerja, mengkomunikasikan cerita, menghubungkan tulisan dengan kreativitas dan individualitas manusia, memberikan humor-humor tertentu untuk mengurangi rasa bosan, serta untuk menerangkan sebuah konsep.

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "Pengertian Teknik Ilustrasi, Manfaat, Fungsi, Jenis dan Bantuknya"