Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Membuat Magnet Sederhana Dengan Mudah

Magnet pertama kalinya diketemukan oleh orang Yunani di sebuah tempat bernama Magnesia. Dari situlah kata magnet berasal dan secara luas dipakai. Wujud magnet yang paling awal diketemukan berbentuk magnet alam berupa batu.

Bersamaan dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, magnet sekarang sudah dipakai pada banyak alat electronic seperti telephone, dinamo, alat ukur, dan banyak yang lain. Pada intinya, beberapa benda yang dapat diambil oleh magnet ialah benda yang memiliki kandungan elemen logam. Tetapi, tidak seluruhnya logam dapat dipengaruhi daya magnet logam. Salah satunya logam dengan daya magnet magnet kuat ialah besi dan baja.

3 Cara Membuat Magnet Sederhana Dengan Mudah


Magnet sendiri mempunyai dua kutub, yakni kutub utara dan kutub selatan. Dua kutub itu ialah sisi magnet yang mempunyai style terkuat. Bahkan juga saat magnet dibagi jadi sisi paling kecil juga, ada selalu kutub utara dan selatan. Sama seperti yang dijumpai, bila dua kutub magnet yang serupa didekatkan, karena itu bisa terjadi tolak menampik.

Kebalikannya, bila dua kutub magnet berlainan didekatkan, karena itu dua magnet itu akan hasilkan style tarik-menarik. Berkenaan memiliki bentuk, magnet bisa ditemui dalam bermacam-macam dan ukuran. Yang kerap diketemukan ialah magnet berupa tangkai lempeng. Tetapi, ada pula wujud tapal kuda dan jarum.

Bicara berkenaan magnet, rupanya kamu dapat membuat magnet bikinanmu sendiri, lho. Ada 3 cara membuat magnet yang dapat kamu kerjakan di dalam rumah. Ketentuannya, kamu perlu mempersiapkan magnet tetap dan benda yang ingin kamu ganti jadi magnet.

3 Cara Membuat Magnet Dengan Mudah

Berikut adalah 3 cara mudah membuat magnet yang dikutip dari beragam sumber

Membuat Magnet Dengan Menggosok

Cara membuat magnet yang pertama dengan menggosok. Kamu cuman memerlukan magnet tetap dan benda yang ingin kamu aliri. Benda yang dapat dialiri magnet ialah benda yang sudah mempunyai karakter kemagnetan, misalkan besi dan baja. Benda itu terdiri dari domain atau magnet kecil yang disebutkan dengan magnet elementer.

Triknya dengan menggosokannya magnet tetap pada benda yang ingin kamu menjadikan magnet. Gosokkan secara satu arah dengan teratur. Pergerakan yang sama arah dan teratur membuat saluran magnet tetap pada benda jadi dipengaruhi magnet.

Untuk tentukan kutub utara dan selatan magnet bikinan, kamu perlu menyaksikan ujung magnet tetap yang kamu gosokkan. Karena itu, benda yang kamu pakai untuk terima saluran magnet ialah kutub yang bersimpangan dengan ujung magnet tetap.

Membuat Magnet Dengan Elektromagnetik

Cara membuat magnet yang ke-2 dengan elektromagnetik. Sama sesuai namanya, elektromagnetik sebagai alternative membuat magnet dengan cara saluran arus listrik. Sumber listrik yang bisa kamu gunakan dapat berbentuk batu battery semua ukuran.

Elektromagnetik memerlukan arus listrik sama arah atau direct current (DS). Maknanya, kamu perlu 2 buah batu battery supaya bisa mengaplikasikan cara ini. Disamping itu, persiapkan benda yang ingin kamu ganti jadi magnet, misalkan paku besi. Persiapkan kabel kumparan atau kawat besi sebagai mediator saluran.

Pertama, pijakk dua batu battery untuk disambungkan dengan kabel kumparan. Sambungkan ke-2 ujung kabel dengan kutub positif dan negatif battery. Janganlah lupa untuk kupas ujung kabel kumparan memakai gunting. Seterusnya, lilitkan kabel pada paku besi. Karena itu, magnet bikinan kamu sudah siap dipakai.

Untuk tentukan kutub utara dan selatan magnet bikinan, kamu dapat pakai aturan tangan kanan. Yakni dengan memegang paku besi barusan pada status ibu jemari dibuka, dan jemari lain masih tetap memegang. Dengan begitu, ibu jemari memperlihatkan arah kutub utara magnet.

Membuat Magnet Dengan Cara Induksi

Cara membuat magnet yang ke-3 dengan cara induksi. Cara kerja induksi muncul karena dampak style magnet pada suatu benda magnet elementer atau konduktor. Persiapkan magnet tetap dengan benda yang ingin kamu ganti jadi magnet. Tempatkan dua benda itu secara bersisihan dengan status vertikal.

Selanjutnya, tempatkan jarum atau benda yang lain dapat melekat dengan magnet. Yakinkan status magnet tetap dan konduktor tidak beralih-alih. Perhatikan pergerakan jarum yang sudah kamu tempatkan di bawah konduktor. Perlahan-lahan, jarum itu akan melekat pada konduktor.

Tetapi, bila magnet tetap dijauhkan, secara automatis konduktor akan kehilangan karakter kemagnetannya. Berlainan ceritanya bila konduktor yang kamu pakai ialah tangkai baja. Tangkai baja masih dapat tarik jarum walau magnet tetap sudah dijauhkan.

Medan Magnet

Awalnya sudah diterangkan jika style ambil magnet terkuat ada pada kutub utara dan kutub selatan. Tetapi tak berarti bagian lain magnet tidak dapat tarik benda logam. Style-gaya magnet muncul disekitaran magnet selainnya di dua kutub. Style itu dikenali dengan medan magnet.

Medan magnet dapat dilukiskan dengan menabur serbuk besi di atas kaca yang di bawahnya ditempelkan magnet. Karena itu serbuk besi itu akan melekat seakan disambungkan langsung dengan magnet. Untuk ketahui sisi paling kuat magnet, kamu dapat menyaksikan serbuk besi yang kelihatan rapat keduanya.

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "3 Cara Membuat Magnet Sederhana Dengan Mudah"