Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Yang Simple

Contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris memiliki banyak model. Namun, yang terpenting dalam menulis surat lamaran kerja baik dalam bahasa inggris maupun bahasa Indonesia adalah mengikuti aturan baku penulisan lamaran pekerjaan.

Ada beberapa model dari contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris yang bisa Anda pelajari. Gunakan penuturan bahasa Inggris yang umum digunakan atau gunakanlah bahasa formal. Menggunakan idiom, istilah yang tidak umum, atau bahasa Inggris lokal yang tidak dipahami oleh semua orang tentu tidak diperkenankan dalam menulis surat lamaran kerja, termasuk dalam contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Yang Simple

Dari beberapa contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris, Anda bisa memperhatikan penggunaan bahasa formal dan cara penulisannya. Makin banyak yang Anda perhatikan dan pelajari dari contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris, tentu saja akan lebih baik. Dengan demikian, ketika Anda akan menulis lamaran kerja dalam bahasa Inggris, Anda tidak akan membuat sama persis dengan contoh yang ada.

Dari contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris yang ada baik yang terdapat di dalam buku maupun di dalam majalah yang menyediakan contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, surat lamaran pekerjaan diajukan kepada pihak lain baik itu lembaga, perusahaan, maupun yayasan. Lamaran bisa atas inisiatif sendiri, bisa pula karena mendapat informasi dari orang lain.

Seiring dengan perkembangan media baik media cetak, elektronik, maupun media online, surat lamaran pekerjaan diajukan bisa juga karena mendapat informasi dari media massa tersebut. Di dalam contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris yang ada, bisa dipelajari beberapa model.

Delapan Hal Penting dalam Surat Lamaran

Membuat lamaran kerja bahasa inggris sejatinya tidak jauh berbeda dengan membuat surat lamaran kerja bahasa Indonesia. Hanya saja, lantaran belum memasyarakat sehingga kelihatan susah atau berbeda. Ada delapan hal yang harus termuat dalam surat lamaran berbahasa inggris:

  • Alamat pelamar
  • Tanggal surat
  • Alamat yang dituju
  • Salam pembukaan
  • Badan surat
  • Penutup
  • Tanda tangan
  • Nama yang jelas

Ke delapan unsur ini wajib tercantum. Makanya, penting juga dipahami bagaimana membuat salam pembukaan umum. Biasanya, kata yang populer digunakan adalah Dear Sirs, Dear Sir, Dear Mr…. 

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Simple

Contoh-contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris tersebut bisa memberi gambaran sehingga Anda bisa membuat surat lamaran pekerjaan dengan baik dan benar. Kadang, lembaga atau departemen yang mensyaratkan penulisan lamaran kerja dengan mengikuti aturan yang tidak umum. Tetapi, tentu hal ini sah-sah saja karena sebenarnya surat lamaran pekerjaan adalah media pertama untuk mengetahui latar belakang calon karyawan.

Ketika anda akan menulis surat lamaran kerja dalam bahasa inggris seperti contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris yang ada, mau tidak mau Anda harus mengikuti bentuk baku penulisan surat, apakah menggunakan block style, full block style, atau bentuk lainnya yang telah disepakati secara global.

Pada saat Anda menulis surat lamaran kerja, bisa anda lihat dari contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris yang ada, surat lamaran ditulis dengan singkat, padat, ditulis dengan tangan dan rapi, serta langsung kepada pokok persoalan alias tidak bertele-tele.

Dari contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris yang ada, biasanya surat lamaran ditulis di atas kertas putih bisa bentuk HVS maupun folio bergaris. Namun, sejauh ini pada umumnya surat lamaran ditulis di atas kertas folio bergaris sehingga terlihat lebih rapi dan formal.

Yang lebih penting, coba Anda perhatikan contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris yang ada, bagian terpenting dari surat lamaran kerja adalah daftar riwayat hidup pelamar. Daftar riwayat hidup ini harus memiliki nilai jual karena itulah yang akan diperhatikan. Coba Anda perhatikan dengan saksama contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris yang terlampir.

Daftar riwayat hidup setidaknya mengandung informasi tentang keadaan diri, pengalaman kerja, pendidikan, alamat pelamar, surat keterangan berkelakuan baik, dan tentu saja referensi. Tentang referensi ini, dari contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris yang ada, memang harus bisa diungkapkan secara formal dengan mencantumkan nama dan jabatan seseorang yang sekiranya bisa membantu menerangkan diri pelamar.

Sebuah referensi pekerjaan bisa ditulis sendiri sebagai lampiran. Dengan demikian, Anda akan lebih leluasa menerangkan diri Anda, pekerjaan sebelumnya, cara menyelesaikan hambatan dalam pekerjaan sebelumnya, serta bagaimana pengalaman tersebut sangat bermanfaat untuk menghadapi pekerjaan baru. Hal ini tidak tercantum dalam contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris karena harus dikreasikan sendiri.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris 1

September, 7 TH, 2020

To HRD TV8

PO. BOX 4585 JKB 12700

Dear,

I would like to apply for the post you advertised in “Kompas Minggu” edition September, 4th, 2005 for position Producer. I am a man, 40 years old, married, familiar in creative production, radio broadcasting, have skill in script writing, familiar in word processing programmed, PageMaker programmed and graduated from academy. I have got experience in the same position.

For your consideration, herewith I enclosed a curriculum vitae, many certificate, a copy of Id card, many appreciation of writing championship’s certificate, and a 3 to 4 sized photograph. I’ll be ready to come anytime for a interview or further information. Thank you very much and I’ll be looking forward to hearing from you.

Your sincerely,


Ahmad Baehaki

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris 2

Medan, 6th November 2020

PT. Surya Persada Baja

PO. Box 1178 Jakarta


Dear Sir,

Denoting your advertisemen in Kompas, 2nd November 2007, that PT. Surya Persada Metal now is seeking for the position of HRD Staff.

According to your information, the qualifications needed are minimum fresh graduated from known university, 2 years experience in speak fluently English.

Name: Tantri Istimewati

Age: 27 years old

Sex: Female

Education: …………………..

Address: ………………………..


I would like to apply for the position of HRD Staff. I should be grateful if you could give me further information.


Your sincerely,


Tantri Setyowati

Enclosed:

1. Recent Photograph

2. Curriculum vitae

3. English Certificate

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris 3

Komplek Ciliwung Indah B4, Ciliwung 109 lane. Condet, East Jakarta

Phone: 081944881516

October 12th, 2020

Attention To: ersura@yahoo.co.id


Dear Sir,

As I read from the mailing list, that your company Siliwangi Production is looking for employees to hold some position. Based on the advertisement, according with my background educational as Marketing Management. My name is Rajendra Khalil, I am twenty six years old. I have 2.5 years experience working on PT Bakrie Life retail Distribution, Cab Malang Jl. Soekarno Hatta B3 Kavling C. (0341) 405611 since 2007 until 2009, with position Financial advisor (FA), I have working in Bakrie Telecom (ESIA) Jl. Darmo raya No.112 (031) 91101112, with position AMC Corporate since August 25th 2009, since October 05th 2009 I have move division on AMC Kios because this division need more amployee to pick up the target shell every month, March 02 2010 I was resign from PT. Bakrie Telecom, Tbk, And Date may – 01 - 2010 I was work In PT kafka Renaisans with Position Consultation Project audio Visual until June - 01 – 2010 I was resign from this company.

I was graduated from Marketing Management Brawijaya University in Malang on July 2009. My thesis title is Analisis Harapan Pelanggan Terhadap Dimensi KualitasPelayanan Jasa Selular Berbasis CDMA (CODE DIVISION MULTIPLE ACCES) Pada Fren Mobile 8 Telecom Malang. I consider myself that I have qualifications as you want. I have good motivation for progress and growing, eager to learn, and i can work with a team (team work) or by myself. Beside that I posses adequate Marketing skill and have enough command in English (oral and written), and i am ready in every where placement. With my qualifications, I confident that I will be able to contribute effectively to your company.

Here with I enclose my:

1. Curriculum Vitae

2. Copy of Bachelor Degree (S-1) Certificate and Academic Transcript

3. Copy Job Training Certificate

4. Copy English Course Certificate

5. Recent Photograph with Size of 4x66. Copy Driver's License A/C, & NPWP

I would gladly welcome an opportunity to have an interview with you at your convenience. I hope my skills can be one of your company’s asset. I am looking forward to hearing from you in the near future. Thank you for your consideration and attention Sir/Madam.

Sincerely, 


Rajendra Khalil

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris 4

Bandung, 7th July 2020

Personel Manager Surya Persada Aditama Lestari Tbk

Jl. Suryakencana No. 15 Cilegon


Dear Manager,

I have seen your advertisement in Harian Pikiran Rakyat, data 6th July 2011, your company Surya Persada Aditama Lestari Tbk in Jalan Suryakencana No.15, Cilegon, Banten, is looking for a Marketing Development Representative.

My name Sugen Apriadi, male, 32 years old and my address Jl……………..

Sir, I have 5 years experience of sales marketing in building and construction industry, able to communicate active and passive English, bahasa Indonesia, Mandarin and Java.

I regard to your information, I would like to propose or apply for the position as you need for your company. This is my application letter. I would be grateful if you could give me further attention.

Thank you very much.

Your sincerely,


Sugen Apriadi

Enclosed:

1. Photograph

2. Certificate

Itulah beberapa contoh surat lamaran kerja bahasa inggris simple dan beberapa hal penting dalam membuat surat lamaran kerja bahasa inggris. Jangan lupa juga untuk menyimak 10 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang mungkin akan bermanfaat bagi anda

Mang Aip
Mang Aip Semoga Hari Esok Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Yang Simple"