Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jasa Anti Rayap Profesional Di Jakarta, Hilangkan Rayap Sampai Tuntas

Bingung karena rayap tiba-tiba datang? Bagaimana cara menghilangkan rayap di rumah sampai tuntas? Salah satu caranya dengan menggunakan jasa anti rayap profesional di Jakarta. Untuk lebih jelasnya simak tulisan dibawah ini.

Rayap, siapa yang belum pernah mendengar binatang penghancur kayu rumah ini. Rayap merupakan sejenis serangga bertubuh kecil seperti semut, namun berwarna putih. Rayap senang sekali hidup di daerah yang lembab. Selain tinggal di tanah, rayap menjadikan kayu, tumpukan kertas karton, dan tumpukan baju usang sebagai tempat tinggal.

Jasa Anti Rayap Profesional Di Jakarta, Hilangkan Rayap Sampai Tuntas


Ketika berada di alam bebas seperti perkebunan, rayap menjalankan fungsinya sebagai binatang pengurai yang menghancurkan sampah organik di dalam tanah sehingga menjadi gembur. Bahkan, tanah itu bisa disusun secara bergotong royong sehingga menjadi sebuah gundukan yang tinggi. Di dalam gundukan itu terdapat rongga-rongga yang lembab dan menjadi tempat tinggal yang paling nyaman bagi koloninya.

Namun, ada salah satu rayap yang ternyata bisa sangat mengganggu manusia. Kegemarannya melapukkan kayu telah membuat rayap senang memasuki lingkungan yang banyak menyediakan bahan kayu. Di perkebunan atau di hutan, pohon-pohon yang telah mati merupakan tempat paling menyenangkan bagi rayap sebagai sumber makanan dan rumah sekaligus.

Ketika ketersediaan kayu di alam bebas sudah menipis, rayap pun berpindah tempat. Salah satunya adalah ke perkampungan atau ke kawasan perumahan yang banyak menggunakan kayu sebagai bahan pembangunan rumahnya.

Ciri Rumah Telah Diserang Rayap

Cara menghilangkan rayap sampai tuntas


Masyarakat pemilik rumah sebaiknya waspada terhadap kehadiran rayap di rumahnya. Begitu satu koloni rayap telah mendapatkan tempat yang nyaman di salah satu rumah, maka rumah yang lain akan menjadi sasaran koloni rayap selanjutnya.

Mengidentifikasi keberadaan rayap di suatu rumah sebenarnya mudah dilakukan, di antaranya adalah sebagai berikut.

Rayap Sangat Gemar Suasana Lembab

Sebuah rumah yang ditinggal penghuninya dalam keadaan kosong dan tertutup selama berbulan-bulan merupakan sasaran utama rayap. Rumah seperti ini nyaris tidak memiliki pertukaran udara yang baik sehingga keadaan di dalamnya menjadi sangat lembab. Rayap dengan mudah mengidentifikasi rumah ini dan segera mendatanginya untuk dijadikan tempat tinggal bersama koloninya. Dalam hitungan beberapa minggu, bisa dipastikan semua bahan kayu pada rumah sudah diserbu oleh koloni rayap tersebut.

Waspada Serangan Rayap Berupa Suara Sayup “Kretek-kretek” pada Malam Hari atau Ketika Rumah dalam Suasana Hening

Suara ini sering muncul di kusen pintu, plafon triplek, dipan kayu, balkon kayu, dan kuda-kuda rumah. Biasanya, serangan rayap paling awal adalah kuda-kuda rumah yang terletak tepat di bawah genteng. Kuda-kuda rumah merupakan lingkungan yang paling disukai rayap karena kelembaban udaranya yang tinggi dan suasana yang sunyi.

Nyaris tidak ada aktivitas manusia di bawah kuda-kuda rumah. Suara “kretek-kretek” itu bisa diidentifikasi sebagai suara rayap apabila dia berhenti pada siang hari, atau apabila sedang aktivitas di dalam rumah, atau bila dipukul-pukul sumber suaranya. Rayap akan berhenti mengeluarkan suara “kretek-kretek” itu karena merasa tidak nyaman dan tidak aman akibat suara-suara yang ditimbulkan manusia.

Permukaan Kayu Menggelembung dan Menjadi Rapuh karena Serangan Rayap

Kasus seperti ini sering ditemui pada kusen pintu dan jendela atau pada dipan kayu. Jika sudah menggelembung, berarti ada aktivitas rayap di dalam kayu tersebut sehingga mendesak kayu dari dalam. Kayu pun penggelembung. Apabila ditekan, permukaan kayu ini akan mudah pecah karena di dalamnya sudah terjadi rongga-rongga kosong tempat rayap melakukan aktivitas.

Atap Rumah atau Genteng Menjadi Tidak Rata karena Serangan Rayap

Jika dilihat dari luar rumah, atap genteng yang baik seharusnya berada dalam kondisi lurus. Apabila ternyata atap itu sudah melengkung ke bawah, atau melengkung ke atas, maka bisa dipastikan bahwa kuda-kuda pada atap rumah dalam keadaan tidak beres. Kemungkinan besar penyebabnya adalah serangan rayap.

Kuda-kuda yang telah diserang rayap biasanya juga menggelembung permukaan kayunya. Karena ukuran kayu kuda-kuda yang besar, maka penggelembungan yang terjadi juga berukuran besar sehingga mudah dilihat dengan mata manusia normal.

Kasus seperti ini seringkali terjadi di kawasan perumahan di mana semua rumah berdiri saling berhimpitan rapat. Rayap cukup memasuki sebuah rumah melalui tanah atau dinding bagian bawah rumah. Setelah mencapati atap rumah, dia akan terus berpindah dari rumah satu ke rumah yang lainnya tanpa disadari oleh pemiliknya. Pemilik rumah baru sadar ketika atap rumah sudah tidak rata lagi, di mana bisa dipastikan koloni rayap telah meraja-lela di sana.

Serangan Rayap - Rumah Menjadi Bocor Ketika Hujan

Banyak masyarakat yang berpandangan bahwa penyebab rumah bocor adalah bergesernya posisi genteng rumah. Padahal, kalau ditelusuri dengan teliti, penyebab utamanya adalah rayap yang telah merusak kayu kuda-kuda, kayu usuk, dan reng pada atap rumah. Rusaknya kayu-kayu penyangga genteng ini telah mengakibatkan genteng bergeser dan tidak bisa mengalirkan air hujan dengan benar ke talang atau langsung turun ke halaman rumah. Bocor pun tidak bisa dihindari.

Perawatan yang dilakukan pemilik rumah biasanya adalah hanya dengan menggeser-geser genteng rumah agar kembali menjadi rapi. Perlakuan ini justru akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi koloni rayap untuk semakin menyerang semua kayu yang berada di atap rumah.

Serangan Rayap - Dinding Bagian Bawah Rumah Terlihat Lunak dan Lembab

Dinding bagian bawah rumah terlihat lunak dan lembab, terutama pada bagian bawah kusen pintu dan jendela. Pada rumah yang berdiri sendiri di suatu pekarangan, rayap mendatanginya melalu jalur tanah.

Bagian yang diserbu terlebih dahulu adalah bagian rumah paling bawah. Kusen pintu kamar mandi dan dapur adalah sasaran utama rayap karena daerah ini relatif lebih sunyi dan lebih lembab daripada kusen pintu ruang tamu. Bila bagian bawah kusen ini sudah kelihatan lembab, tidak pernah kering dan melapuk, maka bisa dipastikan koloni rayap telah menyerangnya atau setidaknya dijadikan jalan utama untuk menuju ke atap rumah.

Mencegah Rayap Menyerang Rumah

Mencegah rayap masuk rumah


Sebuah rumah yang telah diserang rayap pada kayu atapnya akan memakan biaya yang tidak sedikit untuk merenovasinya. Perbaikan rumah pada bagian atap memiliki konsekuensi yang sangat besar karena rumah bagian bawah juga harus diperbaiki. Konsekuensi itu antara lain sebagai berikut.

  1. Dalam proses perbaikan atap, rumah harus kosong. Penghuni tidak boleh berada di dalam rumah karena kemungkinan bahaya tertimpanya bahan material dari atap rumah.
  2. Dinding rumah menjadi kotor akibat rontokan kotoran dari atap. Apalagi bila proses perbaikan itu dilakukan ketika musim hujan.
  3. Plafon hancur dan harus diganti akibat pecah tertimpa meterial atap rumah seperti genteng, kayu dan beton.
  4. Lantai rumah rusak akibat tertimpa material-material atap rumah yang dibongkar.
  5. Listrik harus dimatikan, dan banyak resiko yang lain. Intinya, memperbaiki rumah juga berarti memperbaiki plafon, dinding dan lantai yang akan memakan biaya yang sangat besar.

Berikut adalah tip-tip untuk menghindari resiko rusaknya atap rumah akibat serangan koloni rayap.

Gunakan Kayu Yang Berkualitas

Rayap memang paling gemar memakan kayu dan menjadikannya sebagai hunian. Namun ada beberapa jenis kayu yang sejauh ini tidak pernah dimakan rayap, yaitu kayu jati dan kayu bengkirai. Dua jenis kayu ini memang memiliki kualitas yang sangat bagus. Kepadatan seratnya tinggi dan mengandung zat kimia alami yang tidak disukai oleh rayap. Memanfaatkan kayu jati dan bengkiran untuk bahan atap rumah sebaiknya dipertimbangkan ketika hendak membangun rumah baru. Lebih baik keluar uang sedikit lebih banyak di awal daripada menimbulkan kesulitan di kemudian hari karena harga kedua kayu ini sangatlah mahal dibanding kayu jenis yang lain.

Gunakan Atap Berbahan Logam

Memanfaatkan bahan logam untuk atap dan kusen juga menjadi pilihan utama agar rumah terhindar dari rayap. Baja kanal “U” atau kanal “H” memiliki kekuatan yang sangat besar bila dijadikan kuda-kuda dan usuk, namun memiliki harga yang mahal. Baja jenis galvalum bisa dijadikan alternatif kedua karena harganya jauh lebih murah, bahkan jika dibandingkan dengan kayu jati sekalipun.

Gunakan Anti Rayap

Memanfaatkan jasa pemasangan anti rayap sebaiknya dilakukan ketika rumah dalam proses dibangun maupun rumah yang telah jadi namun belum terserang rayap. Jasa ini akan mengkondisikan lingkungan rumah agar tidak disukai oleh koloni rayap dengan menyebarkan zat kimia tertentu ke seluruh bagian rumah. Pondasi dan lantai adalah daerah yang akan diberikan sentuhan utama, yaitu dengan cara menyuntikkan zat kimia tersebut dalam waktu yang lama. Jalur bawah tanah rayap untuk memasuki rumah pun telah terisolir. Setelah itu, atap rumah akan disemprotkan cairan kimia itu baik dalam bentuk cair maupun dalam bentuk uap udara. Kusen dan perabotan rumah yang terbuat dari kayu juga akan mendapatkan perawatan oleh penyedia jasa anti rayap ini. Pemilik rumah hanya perlu mengungsi beberapa jam saja keluar rumah ketika proses pencegahan dan pembasmian rayap ini dijalankan. Setelah itu, aktivitas anggota keluarga bisa dilakukan seperti biasa.

Hal-hal mudah untuk mencegah kedatangan rayap ke dalam rumah bisa dilakukan melalui hal-hal kecil. Misalnya identifikasi keberadaan rayap secara berkala di dalam rumah, memerhatikan suara “kretek-kretek” pada kusen kayu, mencegah kelembaban pada dinding rumah bagian bawah, dan menghindari membeli perabotan rumah dari bahan kayu.

Sekali-kali naik ke atas plafon dan mencari keberadaan sumber suara rayap. Perhatikan kebocoran atap rumah dan perhatikan posisi genteng rumah. Hal-hal kecil ini jika sering dilakukan secara berkala akan mencegah kedatangan koloni rayap menyerang rumah.

Jasa Anti Rayap Profesional Di Jakarta

Jasa Anti Rayap Fumida


Sudah pusing karena rayap tidak mau hilang, maka salah satu cara untuk membasmi rayap sampai tuntas yaitu dengan menggunakan jasa anti rayap profesional. Bagi anda yang berada di kawan Jakarta anda bisa menggunakan jasa anti rayap dari Fumida.

Fumida adalah perusahaan yang telah terdaftar secara resmi sebagai anggota dari ASPPHAMI atau Asosiasi Perusahaan Pengendalian Hama Indonesia dan PTSP Jakarta.

Layanan Anti Rayap Fumida

Terdapat tiga layanan unggulan yang diberikan oleh Fumida diantaranya yaitu:

  • Pra-Kontruksi, Layanan anti raya dari fumida ini dilakukan untuk bangunan yang belum selesai atau sedang dalam tahap pembangunan. Fumida memberikan garansi 5 tahun.
  • Pasca-Kontruksi, Jasa anti rayap dari Fumida ini dilakukan terhadap bangunan yang sudah jadi atau ditempati yang memiliki masalah dengan rayap. Fumida memberikan garansi 3 tahun.
  • Sistem Pipanisasi, layanan jasa anti rayap ini berupa pipanisasi pada jalur pondasi yang dapat diisi ulang kembali.

Harga Jasa Anti Rayap Fumida

Fumida memberikan harga untuk jasa anti rayap di Jakarta dengan harga yang cukup murah, bersaing dan terjangkau. 

Harga jasa anti rayap dari Fumida dihitung berdasarkan pada luas bangunan dengan estimasi sekitar Rp. 25.000,- sampai 35.000 per m2. Kemungkinan harga bisa berubah setelah dilakukan survey oleh pihak Fumida. 

Apabila luas bangunan dibawah 100 m2, harga minimum akan berlaku secara otomatis yaitu Rp. 3.500.000,-

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "Jasa Anti Rayap Profesional Di Jakarta, Hilangkan Rayap Sampai Tuntas"