Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat Yang Baik Dan Benar

Kata pengantar merupakan sebuah istilah yang tentu sudah banyak didengar dan dibaca oleh sebagian besar orang yang sudah mengenyam dunia pendidikan. Namun, yang mengetahui pengertian kata pengantar tersebut tentulah tidak sebanyak yang mendengar atau membacanya.

Dalam sebuah makalah misalnya, kata pengantar makalah tersebut merupakan salah satu sesuatu sajian yang mungkin tidak akan dilewatkan oleh pembaca. Pembaca bisa sedikit mencuri start untuk mengetahui isi makalah atau buku melalui sebuah kata pengantar. Lantas, apakah sebenarnya kata pengantar itu?

Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat Yang Baik Dan Benar

Pengertian Kata Pengantar

Kata pengantar, baik itu dalam sebuah makalah, skripsi, buku, laporan, atau bentuk karya ilmiah lainnya merupakan sepatah dua patah kata dari si penulis yang hendak disampaikan kepada pembaca mengenai karyanya tersebut. Kata pengantar biasanya berisi ucapan rasa syukur pada tuhan, ucapan terima kasih pada pihak-pihak terkait, harapan penulis, dan doa.

Cara Membuat Kata Pengantar

Cara membuat kata pengantar makalah atupun yang lainnya sangatlah gampang, cukup mengerjakan beberapa langkah saja maka kata pengantar itu pun sudah jadi. Langkah-langkah yang dimaksud tadi, di antaranya sebagai berikut.

Awali dengan memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberikan Anda kesehatan sehingga bisa menylesaikan karya tersebut dan pihak-pihak terkait yang telah membantu penulisan karya Anda.

Lanjutkan dengan memberikan sedikit gambaran tentang karya yang telah Anda tulis. Biasanya berisi tujuan penulisan makalah.

Setelah itu, akhiri dengan pernyataan permintaan maaf jika ada kekurangan dalam karya Anda, harapan-harapan Anda pada pembaca, dan doa agar karya Anda bisa bermanfaat.

Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat Yang Baik Dan Benar

Berikut ini adalah beberapa contoh kata pengantar untuk berbagai keperluan

Contoh Kata Pengantar Buku Motivasi

Sebagai seorang karyawan yang hanya mengandalkan gaji bulanan, kadang terpikirkan ingin menjadi orang kaya. Rasanya, malas sekali bila setiap akhir bulan harus berantisipasi memikirkan pendapatan tambahan, sedangkan mendapatkan hal itu tidak mudah. Menjadi orang sukses sama halnya dengan menciptakan kebahagiaan. Kesuksesan bukan dicari, melainkan diciptakan oleh kita sendiri. Begitupun dengan kebahagiaan. Jangan mencarinya karena sejatinya itu semua ada dalam diri kita sendiri. Semua usaha bergantung dari kemauan, kerja keras, dan disiplin dalam menjalani setiap proses menuju tujuan akhir yang diinginkan.

Apa saja yang diperlukan untuk meraih target kaya itu? Komponen atau faktor apa saja yang bisa membuat pegawai itu menjadi berkecukupan secara materi? Banyak langkah yang bisa diikuti untuk melangkahkan kaki menuju kebebasan finansial. Seperti yang telah disebutkan tadi, semua impian dan keinginan terbesar yang pernah dibayangkan seseorang dapat terwujud berkat kerja keras dan ketekunan. Tidak mudah menyerah meski hambatan banyak menghadang. Tapi, apakah ada langkah konkret untuk mewujudkan itu semua, kembali lagi pertanyaan itu berbalik pada diri anda sendiri.

Semua yang tertuang dalam buku ini bisa dijadikan pendorong semangat untuk mencapai tujuan besar. Setiap orang harus mempunyai keteguhan untuk melakukan semua proses panjang yang membutuhkan waktu cukup lama. Kesuksesan tidak didapat dalam sekejap mata. Semoga semua yang diuraikan dalam buku ini dapat menjadi gambaran bagaimana seorang pegawai biasa menjadi kaya, baik secara finansial ataupun ‘kaya’ yang seutuhnya.

Penulis tentu mengharapkan pembaca bisa mengambil manfaat dari isi yang tertuang dalam kalimat-kalimat penuh semangat di dalam buku ini. Selamat berjuang dan good luck.

Contoh Kata Pengantar Makalah Olahraga

Sepak bola adalah salah satu olahraga paling populer di dunia. Berjuta-juta pasang mata akan rela melek di tengah malam hanya untuk melihat satu laga penuh kontroversi, pujian, dan permainan berkelas. Suguhan yang disajikan oleh pemain kaliber dunia dengan keahlian dan ketangkasan menguasai si kulit bundar di kakinya sungguh memperlihatkan atraksi yang bisa membuat penonton terpana atau menahan napas demi melihat terciptanya sebuah gol cantik.

Ya, meskipun tidak semua orang menggilai olahraga ini, tapi tetap sepak bola merupakan olahraga yang paling banyak menarik perhatian orang. Perhatikan saja ajang Piala Dunia, di mana pun dan kapan pun digelarnya akan menarik jutaan manusia untuk menandai hari kapan tim favoritnya bermain. Saat final digelar, saat inilah jutaan manusia rela antre atau memesan tiket demi menghadiri pertandingan di stadion yang sudah disiapkan atau siap menyalakan televisi biarpun tengah malam hanya untuk menyaksikan kemeriahan dan kepiawaian para pemain sepak bola dunia seperti Lionel Messi, Mesut Ozil, ataupun Cesc Fabregas.

Mereka, para pesepak bola bertalenta berlomba mengembangkan kemampuannya dalam setiap pertandingan yang mereka lalui. Bukan hanya untuk kepuasan penonton atau memenuhi ekspektasi penonton, tetapi juga demi diri mereka sendiri. Meraih sebuah prestasi kelas dunia bukan hal mudah, berbagai fase sulit mereka lalui dalam hidup sebelum akhirnya bisa mencapai mimpinya. Tidak semua pemain muda ini mendapat jalur mulus menuju klub yang mereka impikan namun mereka terus berjuang dan pantang menyerah. Jalannya setiap pertandingan juga tidak semudah yang dibayangkan.

Bersaing dengan banyak pemain berbakat dalam satu tim maupun berhadapan dengan lawan tangguh adalah sebuah perjuangan. Tak jarang cedera mendera mereka dan menghambat mulusnya karir professional mereka. Tapi, layaknya hidup, setiap hal terus berjalan baik susah ataupun senang dan waktu terus bergerak tak henti.

Buku ini menguraikan tentang perjalanan karier para pesepak bola muda dunia termasuk biografi singkat, keluarga serta perjuangan mereka meraih semua pencapaian yang dianggap tertinggi dalam hidup mereka. Semoga sedikit dari penuturan ini dapat memuaskan pembaca khususnya para penggemar pemain-pemain muda bertalenta yang ada di dalam buku ini. Selamat menikmati.

Contoh Kata Pengantar Singkat

Puji syukur penulis panjatkan ke khadirat Tuhan yang maha kuasa, karena atas berrkat dan rahmat-Nya, akhirnya penulis bisa menyelesaikan makalah ini. Tak lupa penulis ucapkan terima kasih pada pihak-pihak yang baik secara langsung atau pun tidak langsung telah membantu proses penulisan makalah ini dari awal hingga akhir.

Masa remaja adalah masa di mana keingintahuan seseorang yang berada di usia remaja berada di atas segalanya. Rasa ingin tahu yang tinggi serta mencoba sesuatu yang baru bisa terjadi dan dialami remaja di masa ini. Begitu banyak hal yang bisa dilakukan remaja, mulai dari hal yang bersifat positif atau pun negatif. Oleh sebab itu, ilmu agama mejadi sangat perlu untuk ditanamkan di setiap jiwa remaja.

Secara garis besar, makalah ini akan membahas peranan ilmu agama sebagai alat kendali pergaulan dan kehidupan kaum remaja saat ini.

Semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi pembaca, khususnya orangtua, dan remaja-remaja yang peduli akan masa depannya. Penulis ucapkan maaf jika makalah ini belumlah sempurna. penulis sadar, masih banyak kekurangan dalam makalah ini. Untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan.

Penulis

Penutup

Itulah beberapa contoh kata pengantar makalah singkat yang baik dan benar. Semoga contoh kata pengantar tersebut bisa bermanfat bagi anda yang sedang mencarinya. 

Bagi anda yang mau request contoh surat untuk kebutuhan anda, silahkan request surat kepada admin di halaman: Request Contoh Surat.

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat Yang Baik Dan Benar"