Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Surat Biasa (Tidak Resmi) Dalam Bahasa Inggris

Contoh surat biasa Bahasa Inggris berkaitan dengan surat-surat yang tidak resmi. Misalnya, surat antar sahabat, surat undangan makan malam, surat mengungkapkan rasa terima kasih kepada para sahabat yang telah memenuhi undangan dan memberikan hadiah, dan lain-lain.

Contoh Surat Biasa (Tidak Resmi) Dalam Bahasa Inggris

Format Surat Biasa dalam Bahasa Inggris

Format surat biasa dalam Bahasa Inggris tidak berbeda jauh dengan format surat resmi. Pembukaan, isi dan penutupan. Perberbedaannya hanya pada pilihan kata. Misalnya untuk surat resmi dan untuk pembukaan surat menggunakan kata-kata ‘Dear Sir/Madam’. Sedangkan untuk surat biasa, cukup dengan kata ‘Dear Sunnah’ atau ‘Sunnah Dearest’.

Selanjutnya isi surat tergantung pada apa yang akan disampaikan. Surat yang dikategorikan biasa ini misalnya, surat untuk teman lama atau surat untuk teman baru. Surat undangan kepada para sahabat atau surat undangan pernikahan, surat undangan perpisahan, dan lain-lain. Surat ijin tidak masuk kelas mungkin dikategorikan sebagai surat setengah resmi. Formatnya tetap menggunakan format surat biasa.

Contoh Surat Biasa

Berikut ini contoh surat biasa yang berasal dari seorang sahabat kepada sahabat lamanya. Isi surat biasa seperti ini biasanya sangat melankolis. Surat pertama biasanya akan panjang dan berkisah tentang nostalgia. Setelah beberapa lama surat itu pun akan semakin pendek, hanya sekedar menyapa dan menanyakan keadaan. Surat biasa ini menjadi tidak biasa karena memang diniatkan sebagai sambungan silaturrahmi.

Talang Jambe, May 22, 2019

Dear Michi,

It has been ages we haven’t met each other. I have just moved to Talang Jambe. The last time I saw you was 10 years ago. I miss you so much. There are many things I would like to share. I really miss our sharing moment. I owe you a bowl of soup. When can I make one for you? I wanna know how your son is. He must be a young man now.

By the way, we have lost some of our friends. In Feb, Sapidin passed away because of a cancer. Today we got news from Edi telling us that Alfatas got an accident and he passed away this morning. You remember him, right? A little guy from Muara Lawai who was very determined to get a better future. He was a Martabak seller in Lubai. He also taught some students there. He was indeed a very hard working man.

Don’t you know that we have a grpup in facebook? We want to invite you but we don’t know your contact.

Michi, miss you and please, reply this letter.


Thx and lots of love,

Andrea

Sudah jarang orang berkirim surat biasa. Surat biasa yang dimaksud adalah surat yang dikirim melalui jasa pos dan memakai perangko sebagai imbal jasanya. Kebanyakan orang biasanya sudah menggunakan surat elektronik. Penjualan perangko pun menjadi sangat menurun karena tren ini. Bahkan mungkin saja e-mail hanya digunakan oleh kalangan tertentu terutama bagi yang masih menggunakan layanan satu ini karena belum menggunakan BBM atau teknik lain untuk mengirim berita.

Surat biasa bisa juga sangat pendek dan bahkan kadang kala malah tidak mengikuti format surat. Cukup hanya menanyakan kabar dan bertanya tentang kabar temannya. Misalnya:

Hi ... how is life?

Gonna get back home? Contact me, ok?

I have some other accounts if you wanna talk to me directly. Do you have WhatsApp, We Chat, and twitter?

Tidak jarang juga malah lebih pendek dari itu dan hanya sekedar bertanya apa kabar, seperti, ‘Bang! How is life, dude?’ Hal seperti ini tentu saja biasa dilakukan. Orang sekedar ingin tahu kabar sahabatnya. Siapa tahu ada yang bisa dibantu atau ada yang bisa dibicarakan. Rejeki itu terkadang datang melalui tangan orang-orang yang tidak pernah disangka-sangka.

Tidak ada salahnya menanyakan kabar dan bertukar kabar. Banyak hal yang mungkin bisa dibagikan termasuk informasi yang mungkin penting. Tidak perlu berpikir bahwa kalau ada yang mencoba menghubungi hanya karena ia membutuhkan seseorang yang bisa membantunya. Merasa terberkahilah saat ada orang membutuhkan sesuatu dan ia menghubungi anda.

Artinya anda dianggap seseorang yang mampu memberikan bantuan yang diinginkan. Seandainya tidak bisa membantu, siapa tahu ada teman lain yang bisa membantu. Lakukan yang terbaik untuk orang lain. Yakinlah hasil akhir yang indah akan didapatkan. Tuhan tidak pernah tidur dan tidak akan pernah lupa dengan orang-orang yang telah meringankan beban umat-Nya.

Surat Undangan Makan Malam

Surat biasa bisa berupa surat undangan makan malam. Misalnya ada acara keluarga dan ingin berbagi dengan beberapa orang sahabat yang cukup dekat.

Dear Salma,

Would you come to our house on Monday, Jun 3, 2013 at 6 pm. We would like to have maghrib together and then there will be dinner with Ongkas (grand father). Please come because Ongkas misses you.

For your information, Ongkas just got back from Mekkah. He brought some almond and your favorite dates.

Love,

Your niece

Undangan sederhana ini tentu saja akan sangat mudah dimengerti. Ada juga yang membuat surat undangan seperti berikut ini:

Dear all students of Sekolah ............,

Ms. Ali invites us to come to school Hall tomorrow evening at 8 pm. She will celebrate the opening of her new garden. There will same doorprizes. Please do com or else.

Thank you for your attention.

Regards,

Committee

Kalau ingin membuat undangan dengan bentuk seperti dibawah ini juga tidak menjadi masalah.

Dear all,

There will be a meeting tomorrow.

Place : Mr. Sayuti’s house

Time : 7 am

Regards,

Iqmal

Bentuk undangan memang bermacam-macam dan tinggal memilih yang paling dianggap bagus yang mana. Asalkan bahasanya tidak vulgar dan tidak menyinggung orang lain dari suku mana pun.

Surat Permohonan Maaf

Surat permohonan maaf tergolong surat yang tidak terlalu berat, surat ini bisa dikategorikan sebagai surat biasa dengan kata-kata yang tidak terlalu istimewa. Surat ini biasanya dibuat sebagai persyaratan pembuatan surat pernyataan. Contohnya sebagai berikut.

Dear Ify,

I would like to ask for your forgiveness. I know that I have hurt you. I took your eraser and then I put it in Heri’s suit case. Both you and Heri don’t know what really has happened. You both are the victims.

I am so sorry. I never thought that the impact would be this big. Please I apologize for what I have done to you. I am so sorry. I would to call and see you if you don’t mind.

Thanks for your attention.

Desparate friend,

Aming

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "Contoh Surat Biasa (Tidak Resmi) Dalam Bahasa Inggris"