Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Surat Undangan Cantik untuk Pernikahan

Surat undangan merupakan bagian dari sebuah acara formal yang wajib ada sebagai bentuk pemberitahuan pada orang lain. Utamanya digunakan untuk acara-acara formal, seperti pernikahan, khitanan, syukuran kelahiran, dan masih banyak lagi.

Siapa sih yang tidak ingin di hari istimewanya semua pelengkapnya juga istimewa termasuk pula surat undangannya. 

Contoh Surat Undangan Cantik untuk Pernikahan

Bahkan beberapa orang rela merogoh koceknya dalam-dalam agar surat undangan yang mereka bagikan terkesan unik, elegan, mewah, dan tampak indah. Keunikan atau keistimewaan tersebut dapat dilihat dari media serta aksesoris yang digunakan, dan tulisan serta konsep packing yang unik.

Namun undangan tak hanya melulu diperhatikan dari segi keindahan dan kecantikannya, faktor isi juga perlu diperhatikan agar informatif dan efisien.

Jika teks yang termuat didalam undangan bentuk font yang terlalu unik, belum tentu dapat terbaca sehingga menjadi tidak informatif.

Juga apabila undangan didesain dengan packing yang terlalu unik membuat orang yang diundang susah membuka undangannya. Yang terpenting, isi yang disampaikan juga harus jelas.

Untuk hari istimewa seperti pernikahan tentunya kita ingin semua hal menjadi sebuah kesan, undangan pun akan dibuat selain berisi hal-hal yang informatif tentang perhelatan tersebut, juga diharapkan agar dapat dijadikan kenangan indah suatu saat nanti.

Bahwa melalui surat undangan istimewa itulah sebuah perhelatan agung mengiringi langkah perjalanan rumah tangga kita kelak.

Surat undangan juga dapat dijadikan acuan tema pernikahan. Untuk itulah maka perlu dilakukan perencanaan ide mulai dari desain, isi, hingga media yang digunakan untuk mengemas undangan tersebut.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Berkaitan Dengan Isi Surat Undangan

  • Tulis nama dan alamat terang orang yang akan kita beri undangan. Sebaiknya dalam hal penulisan nama harus disertai gelar jika ada. Atau juga disertai dengan tulisan permohonan maaf apabila terjadi kesalahan penulisan nama atau gelar agar lebih sopan.
  • Isi surat diawali dengan kalimat pembuka yang baik dan tidak muluk-muluk.
  • Tuliskan nama kedua mempelai, tanggal resepsi penikahan, tempat resepsi pernikahan dan juga waktu diadakannya pernikahan. Jika ada dua acara yaitu resepsi dan akad nikah maka sebaiknya keduanya ditulis dengan jelas.
  • Surat undangan diakhiri dengan kalimat penutup yang baik dan sopan.
  • Tulis juga nama orang tua mempelai yang mengundang.
  • Jika ingin lebih cantik bisa ditambah dengan kata-kata mutiara, kalimat-kalimat kutipan dari kitab suci, atau juga kalimat-kalimat kiasan yang indah
  • Jika disediakan acara hiburan pada saat perhelatan acara juga bisa ditambahkan untuk menarik minat orang yang diundang.

Saat ini dalam pernikahan biasanya juga marak dilakukan foto pre wedding bagi kedua mempelai. Hal ini bertujuan untuk mengabadikan moment indah sebelum pernikahan untuk dipajang di surat undangan, di acara resepsi pernikahan atau juga untuk dokumentasi.

Unsur informasi dalam undangan tersebut pun akan lebih sempurna lagi jika dilengkapi foto kedua mempelai.

Bentuk surat undangan pun saat ini bisa bermacam-macam dan mempunyai keunikan masing-masing. Misalnya saja ada yang berbentuk kipas, berbentuk tas, berbentuk gulungan surat, berbentuk payung, dan masih banyak lagi.

Packing yang digunakan juga bermacam-macam jenisnya ada yang dibungkus kotak mika, dibungkus plastik, dibungkus bambu hias, dan lain-lain.

Semua keunikan tersebut bisa disesuaikan dengan kreativitas serta kemampuan kocek atau budget pihak yang memiliki hajat.

Undangan pun sekarang tak melulu konvensional dalam bentuk media cetak. Beberapa orang juga membuat undangan melalui media-media elektronik seperti jejaring sosial dan juga melalui perangkat elektronik, seperti Hp.

Bagi sebagian orang mungkin kurang lazim digunakan, tapi undangan seperti ini juga sifatnya informatif. Undangan pun dapat tersampaikan pada orang yang tempatnya jauh untuk dijangkau.

Selain itu juga lebih hemat biaya karena pengirimannya tidak membutuhkan biaya. Namun kelemahannya ada sebagian orang yang merasa kurang sopan jika undangan tersebut dikirimkan melalui media elektronik.

Mengirimkan undangan melalui media elektronik sebenarnya juga tak ada salahnya. Tapi akhirnya kita harus berkompromi bahwa untuk mengirimkan undangan elektronik kita pilih bagi orang-orang terdekat yang sudah kita kenal, teman dekat, atau juga keluarga dekat.

Hal ini menghindarkan ketersinggungan dari pihak yang kita undang. Sehingga surat undangan tetap menjadi hal penting yang bisa kita berikan bagi relasi, partner kerja, pimpinan, tetangga, dan orang-orang yang masih terjangkau tempatnya untuk kita berikan undangan.

Untuk membuat undangan elektronik, kita bisa memanfaatkan teknologi flash. Jika kita masih newbie kita bisa mencoba belajar dari tutorial-tutorial yang banyak disediakan secara gratis di google.

Tapi jika kita merasa waktu yang dibutuhkan akan lebih lama karena kita masih belajar, maka memesan pada ahlinya menjadi solusinya. Untuk pemesanan sebuah undangan elektronik berbasi teknologi flash budget yang kita keluarkan harga biasanya berkisar antara Rp 30.000 sampai Rp 50.000.

Fasilitas yang didapat juga bergantung harga. Untuk harga yang murah biasanya hanya diberikan satu desain undangan animasi dan juga sebuah space untuk hosting untuk link.

Namun semua itu juga bergantung kesepakatan antara pemesan dan penjual. Untuk mengirimkan surat undangan elektronik inipun kita tak perlu mengeluarkan biaya pengiriman, karena surat undangan elektronik akan dikirimkan via email.

Tips Merancang Surat Undangan Cantik untuk Pernikahan

  1. Tentukan budget yang akan kita anggarkan untuk membuat sebuah undangan
  2. Buat list daftar orang-orang yang akan kita undang. Bisa dilakukan pengelompokan juga untuk lebih memudahkan, misalnya teman sekolah, teman kantor, teman kuliah, saudara, tetangga, dan lain-lain
  3. Tentukan konsep tema yang ingin dipilih untuk undangan Anda. Bisa tema simple, elegan, unik, tradisional, modern, mewah, ataupun sederhana
  4. Bisa juga dipilih warna yang akan dipakai di undangan. Warna biasanya menyesuaikan dengan tema tampilan saat resepsi pernikahan atau bisa juga warna kesukaan calon mempelai.
  5. Pilihlah bentuk yang unik dan berbeda dari undangan sebelumnya yang pernah ada jika ingin menimbulkan kesan mendalam bagi orang yang diundang. Misalnya saat Anda melihat peralatan makan di rumah Anda, mungkin Anda akan terinspirasi untuk membuat undangan dalam bentuk piring. Selain unik juga bisa dimanfaatkan orang yang kita undang.
  6. Gunakan aksesoris seperlunya tidak perlu terlalu berlebihan.
  7. Jangan lupa sertakan peta kecil di lokasi tempat pernikahan Anda. Sebab tidak semua orang mengetahui lokasi yang Anda maksudkan.
  8. Apabila Anda ingin tamu Anda juga kompak dengan tema yang Anda pilih untuk resepsi bisa disertakan catatan kecil untuk dress codenya.
  9. Anda dapat membuat undangan dengan beberapa versi. Misalnya jika jumlah tamu yang diundang sebanyak 2.000 orang. Anda bisa merancang undangan dalam bentuk kipas untuk 500 undangan, undangan dalam bentuk gulungan kertas untuk 1.000 undangan dan undangan dalam bentuk undangan elektronik sebanyak 500 undangan.
  10. Perhatikan tamu yang akan Anda undang jika akan memberikan undangan elektronik. Sebab tidak semua orang melek teknologi. Walaupun maksud Anda baik bisa jadi akan membuat tamu yang diundang tersinggung jika Anda salah memberikan undangan.

Momen pernikahan adalah moment bahagia, sekali seumur hidup, yang diharapkan akan selalu terkenang bahkan oleh semua tamu undangan yang hadir. Segala doa dan harapan baik dari para tamu yang diundang menjadikan jalan rumah tangga akan lebih terkuatkan. Pada momen inilah semua hal yang baik ingin kita berikan.

Persiapan yang matang mulai dari surat undangan, konsumsi, hiburan, hingga segala tatanan dekorasi menjadi hal yang dioptimalkan tampilannya. Surat ini memiliki peran khusus, yakni sebagai penyampai pertama sebuah moment sakral, yang diharapkan akan berkesan bagi orang-orang yang diundang.

Untuk memberikan kesan mendalam tersebut tak harus mahal. Kecantikan surat undangan kadang justru bukan karena mahalnya harga, melainkan wujud yang unik, menarik dan indah.

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB, Quibblo

Post a Comment for "Contoh Surat Undangan Cantik untuk Pernikahan"