Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Skripsi Prestasi Belajar

Menulis skripsi merupakan salah satu kewajiban para mahasiswa sebelum berhak menyandang gelar sarjana. Setiap tahun, ribuan bahkan puluhan ribu skripsi dihasilkan dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Bermacam-macam topik dan masalah menjadi bahan penelitian skripsi.

Salah satu tema atau masalah yang cukup sering dijadikan bahan penelitian oleh para calon sarjana, terutama dari ilmu keguruan dan ilmu sosial adalah prestasi belajar siswa dan mahasiswa.

Cara Membuat Skripsi Prestasi Belajar

Skripsi prestasi belajar ini sepertinya dapat ditemukan di semua perguruan tinggi.

Meskipun demikian, bukan berarti skripsi-skripsi mengenai prestasi belajar ini usang atau hanya mengulang-ulang pembahasan yang sudah ada.

Banyak aspek yang dapat diteliti dalam skripsi prestasi belajar, antara lain motivasi belajar siswa, motivasi mengajar guru, kondisi psikologis siswa dan guru, faktor sosial ekonomi keluarga, kemampuan dan keterampilan guru dalam mengajar, penguasaan materi, keikutsertaan dalam bimbingan belajar atau les, pemanfaatan internet, penggunaan teknologi multmedia, fasilitas pendukung, pemanfaatan perpustakaan, ketersediaan buku di perpustakaan, dan sebagainya.

Hasil Penelitian Skripsi Prestasi Belajar

Dalam sebuah skripsi prestasi belajar disebutkan bahwa mahasiswa yang berkunjung ke perpustakaan minimal empat kali dalam kurun waktu dua minggu untuk membaca dan meminjam buku-buku yang relevan dengan kuliahnya, memperoleh IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) yang lebih baik daripada yang tidak memanfaatkan perpustakaan.

Skripsi prestasi belajar ini juga menyebutkan bahwa menggunakan banyak waktu untuk membaca buku tidak selalu berarti akan memperoleh IPK yang lebih tinggi daripada mereka yang hanya menggunakan sedikit waktu untuk membaca. Hal ini bisa terjadi karena:

  • Buku yang dibaca tidak relevan dengan mata kuliah yang diambil.
  • Tidak dapat berkonsentrasi dengan baik saat membaca buku
  • Tidak dapat mengambil inti bacaan.

Agar manfaat perpustakaan lebih maksimal dalam meningkatkan prestasi belajar, skripsi ini menyarankan agar perpustakaan:

  • Meningkatkan ketersediaan buku-buku yang relevan dengan kebutuhan penggunanya. Buku-buku yang tidak sesuai dengan kebutuhan akan kurang diminati. Jika pun diminati dan dibaca tidak berpengaruh banyak pada peningkatan prestasi belajar.
  • Menyediakan buku-buku yang up to date (sesuai dengan perkembangan terbaru). Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang cepat. Buku-buku yang ketinggalan zaman tidak akan banyak membantu peningkatan prestasi belajar.

Selain skripsi prestasi belajar yang mengambil lokasi penelitian di sebuah PTS di Bandung ini, masih banyak lagi skripsi sejenis yang sama-sama berkonsentrasi pada peningkatan prestasi belajar.

Sayangnya, skripsi-skripsi yang sudah dibuat dengan susah payah ini, seperti halnya hampir semua skripsi yang pernah ditulis oleh para calon sarjana, kemudian hanya menjadi onggokan berdebu di sudut ruang dosen atau di rak-rak buku perpustakaan.

Penelitian-penelitian itu tentu tak dibuat dengan data imajiner. Penelitian-penelitian itu dibuat dengan studi literatur yang cermat dan penelitian langsung ke lapangan (wawancara, survei, dan sebagainya).

Jika hasil-hasil penelitian itu ditindaklanjuti dengan bijak, dunia pendidikan bisa sedikit demi sedikit dibenahi dan prestasi belajar peserta didik dapat terus ditingkatkan.

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB, Quibblo

Post a Comment for "Cara Membuat Skripsi Prestasi Belajar"