Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhatikan Beberapa Hal Ini Jika Ingin Pasang Alarm Pada Mobil

Mobil merupakan kendaraan roda empat yang lumayan mahal harganya sehingga harus dijaga perawatannya selama ini. Selain perawatan, mobil juga harus dijaga keamanannya agar tidak beralih ke tangan orang yang berniat untuk mencuri mobil milik orang lain. Agar mobil tetap aman dari orang-orang tersebut dan bisa meminimalisir terjadinya pencurian maka bisa memanfaatkan alarm. Selain tidak bisa dicuri, alarm juga punya fungsi tambahan lain seperti memberi tahu jika terjadi bahaya dan juga mudah menemukan mobil di tempat parkir umum.

Perhatikan Beberapa Hal Ini Jika Ingin Pasang Alarm Pada Mobil

Bagi kendaraan yang belum memakai alarm, maka disarankan untuk menggunakan fitur ini karena membuat mobil memiliki sistem keamanan yang lengkap. Apalagi cara pasangnya juga mudah dan tidak sulit bahkan ada orang yang memasang alarm di mobil miliknya di rumah. Pemilik hanya perlu memasang beberapa lock actuator di semua pintu dan menyambungkan kabel alarm. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin pasang alarm sendiri.

Pilih Central Lock Dan Komponen Alarm Yang Cocok

Saat beli produk alarm maka akan mendapatkan beberapa komponen lengkap mulai dari lock actuator, satu set kabel, kawat, dan juga central lock berjumlah 8 buah. Sebelum langsung membeli, ada baiknya bertanya kepada penjual mengenai kecocokan alarm dengan tipe kendaraan. Pastikan alarm yang dibeli sudah cocok dengan mobil yang akan dipasang alarm sehingga mendapatkan produk yang cocok. Jika salah beli, maka tidak bisa dipasang dan ada baiknya ditukar dengan yang cocok. Dalam pemasangan alarm, tentu akan berkaitan dengan kelistrikan sehingga harus teliti dan juga hati-hati. Jika salah pasang maka bisa membuat adanya korsleting yang membahayakan penumpang.

Kenali Dulu Fungsi Dari Setiap Kabel

Untuk kabel alarm berjumlah banyak sehingga harus diketahui dulu fungsi dari setiap kabel. Ada 5 jenis kabel yang harus dipasang dengan benar dan tidak boleh salah, jika salah maka alarm tidak bisa berfungsi dengan baik. Ada kabel yang harus disambungkan ke central lock tetapi ada juga kabel yang disambungkan ke sistem listrik. Untuk memudahkan pemasangan, setiap kabel memiliki warna agar tidak salah pasang. Warna merah dihubungkan ke komponen aki, kemudian untuk kabel warna hitam disambungkan ke bodi aki. Untuk kabel merah hitam bisa disambungkan ke area bagasi, sedangkan warna coklat bisa disambungkan ke lampu sein. Sisanya ada warna pink yang harus disambungkan ke speaker agar bisa menghasilkan suara.

Itulah 2 hal yang mesti diperhatikan agar pemasangan alarm di mobil berjalan lancar. Jika tidak ingin ribet mengenai hal ini, maka bisa beli mobil bekas yang sudah ada alarm dan masih bisa digunakan pada aplikasi mobbi. Di dalam aplikasi ini bisa untuk penjual dan pembeli mobil bekas dengan harga mobil bekas Bandung yang pastinya kompetitif dibanding tempat lain. Bagi yang penasaran, maka bisa langsung buka aplikasi mobbi untuk lihat daftar kendaraan bekas.

Mang Aip
Mang Aip Semoga Hari Esok Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Perhatikan Beberapa Hal Ini Jika Ingin Pasang Alarm Pada Mobil"