Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Surat Keterangan Beda Nama Dari Desa Untuk Berbagai Keperluan

Contoh surat keterangan beda nama dari desa biasanya sangat diperlukan untuk berbagai keperluan yang sangat penting atau mendadak. Surat keterangan beda nama bisa dibuat dengan mendatangi kantor desa setempat.

Biasanya surat keterangan beda nama diharuskan dibuat, karena terdapat data yang berbeda di masing-masing data. Perbedaan tersebut, biasanya terletak di data yang sangat penting atau pribadi, contohnya saja eKTP, Kartu Keluarga, Kartu BPNT, Kartu sembako, kartu bansos, buku rekening dan yang lainnya.

Contoh Surat Keterangan Beda Nama Dari Desa Untuk Berbagai Keperluan

Apa Itu Surat Keterangan Beda Nama?

Surat keterangan beda nama, merupakan surat keterangan yang dikeluarkan oleh intansi pemerintahan yang mana menerangkan terdapat perbedaan data antara data yang 1 dengan data yang lainnya.

Surat keterangan ini, menjelaskan perbedaan dari kedua data tersebut dan menyimpulkan mana data yang sebenarnya.

Kenapa Terdapat Perbedaan Nama?

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan perbedaan nama di beberapa dokumen penting, diantaranya:

Salah Ketik

Tidak bisa dipungkiri, kalau manusia tempatnya salah dan lupa. Maka urutan pertama yang menyebabkan terdapat perbedaan nama yaitu dari human eror. Misalnya salah ketik, salah memasukan tempat dan tanggal lahir dan yang lainnya.

Ejaan Lama

Biasanya orang yang sudah memiliki usia ditas 60-70 tahun memiliki data atau dokumen dengan ejaan yang lama. Seperti data yang tercantum pada akta kelahiran atau buku nikah, atau dokumen lainnya.

Pada ejaan tersebut sering menyertakan Tn (Tuan), Ny (Nyonya) pada dokumen tersebut. Sehingga biasanya, sebutan atau ejaan ini akan berpengaruh terhadap data terkini. Apalagi data sekarang tidak menyertakan sebutan diawal nama.

Persyaratan Surat Keterangan Beda Nama Dari Desa

Ada beberapa persyaratan umum yang biasanya digunakan untuk mendapatkan surat keterangan beda nama dari desa setempat. Persyaratan umum ini, mungkin akan berbeda di beberapa desa, sesuai dengan aturan dan kebijakan dari pemerintah setempat. Berikut diantaranya:

  1. Data/dokumen ke-1 (misalnya eKTP)
  2. Data/dokumen ke-2 (misalnya kartu BPNT)
  3. Fotocopy akte kelahiran
  4. fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  5. Surat Pernyataan Beda Nama (dari yang bersangkutan) mengetahu Ketua RT dan RW setempat

Setelah semua dokumen tersedia, maka silahkan datang ke Desa yang bersangkutan untuk mendaptakn surat keterangan beda nama

Manfaat Surat Keterangan Beda Nama Dari Desa

Berikut beberapa manfaat dari surat keterangan beda nama dari Desa, diantaranya:

  1. Pencairan bantuan (sembako, bansos, BPNT, PKH, BLT dan lainnya)
  2. Pendaftaran Sekolah
  3. Pencairan tunjangan seperti tunjangan pensiunan

Mungkin masih banyak lagi manfaat dari surat keterangan beda nama ini, terutama yang bersangkutan dangan yang namanya Pencairan.

Contoh Surat Keterangan Beda Nama Dari Desa

Berikut adalah contoh surat keterangan beda nama dari desa, atau anda bisa mendownloadnya di: Contoh Surat Keterangan Beda Nama Dari Desa

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "Contoh Surat Keterangan Beda Nama Dari Desa Untuk Berbagai Keperluan"

Kenalin, Kucing Lucu Bernama Si Idoy
Kenalin, Kucing Lucu Bernama Si Idoy