Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Surat Tugas Perjalanan Dinas Lengkap

Perjalanan Dinas merupakan salah satu kegiatan yang terikat dengan kedinasan dengan cara menempuh perjalanan. Maka bagi pegawai pemerintah, untuk melakasanakan perjalanan dinas, wajib menggunakan surat tugas perjalanan dinas.

Perjalanan dinas, biasanya berupak kegiatan seperti seminar, study banding, mengikuti pelatihan, menghadiri undangan dan sebagainya.

Contoh Surat Tugas Perjalanan Dinas Lengkap

Pengertian Perjalanan Dinas

Perjalanan dinas adalah perjalanan yang dilaksanakan oleh pegawai atau karyawan suatu perusahaan atau lembaga yang berkaitan dengan tugas pekerjaan kedinasan. Tugas pekerjaan kedinasan adalah tugas pekerjaan yang berkaitan dengan kepentingan lembaga perusahaan yang bersangkutan. Perjalanan dinas pimpinan biasanya dilakukan karena berbagai kepentingan, antara lain pelaksanaan dan pengawasan di kantor cabang atau perusahaan cabang, seminar, diklat, tender, janji temu, penjajakan kerja sama, menghadiri acara seremonial, kegiatan sosial, dan lain-lain.

Contoh Surat Perjalanan Dinas

Format perjalanan dinas secara umum, biasanya sebagai berikut:

  1. Surat Tugas Perjalanan Dinas
  2. Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD)
  3. Laporan Perjalanan Dinas

Mari kami uraikan poin-poin diatas.

Surat Tugas Perjalanan Dinas

Surat tugas perjalanan dinas, diberikan oleh pimpinan perusahaan kepada karyawan yang akan melakukan perjalanan dinas. Surat tugas ini bisa diberikan kepada banyak orang, tergantung yang akan melakukan perjalanan dinas. 

Contoh Surat Tugas Perjalanan Dinas

Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD)

Kalau anda seorang PNS mungkin sudah tidak asing dengan singkatan SPPD. Ya, itu adalah Surat Perintah Perjalanan Dinas.

Surat ini menjabarkan dari surat tugas, seperti yang disebutkan diatas. SPPD lebih rinci dan tidak bisa diberikan ke-banyak orang sekaligus, tetapi satu orang satu SPPD.

Contoh Surat Perintah Perjalanan Dinas

Laporan Perjalanan Dinas

Karyawan atau PNS yang melakukan perjalanan dinas, wajib membuat laporan perjalanan dinas. Laporan ini bisa ditulis tangan secara manual atau pun diketik. Laporan ini bisa berupa ringkasan dari perjalanan dinas atau materi apabila mengikuti seminar.

Contoh Laporan Perjalanan Dinas

Itulah conto surat tugas perjalanan dinas secara lengkap. Semoga contoh surat ini bisa bermanfaat bagi anda. Jangan lupa untuk melihat contoh surat keterangan bekerja dan contoh surat izin orang tua, yang bisa bermanfaat bagi anda.

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "Contoh Surat Tugas Perjalanan Dinas Lengkap"