Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Yang Benar Dan Sopan

Contoh Surat Pribadi Untuk Guru - Bersamaan dengan perubahan jaman dan kehebatan tehnologi saat ini, pemakaian surat sebagai alat berkomunikasi pribadi makin sedikit dan banyak ditinggal oleh warga. Warga saat ini biasanya cenderung pilih untuk memakai media komunikasi kekinian, seperti e-mail, whatsapp, dan bermacam sosial media atau media chatting yang lain.

Ini memang lumrah saja ingat kecepatan dan kemudahan yang diberi oleh media komunikasi saat ini telah jauh tinggalkan surat. Untuk masalah sah, pemakaian surat mungkin masih dipertahankan dan telah sebagai satu kewajiban untuk perusahaan, lembaga pemerintah, instansi, atau organisasi dan bermacam barisan yang lain.

Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Yang Benar Dan Sopan

Pokok - Pokor Surat Untuk Guru

  • Tulis tempat dan tanggal pengerjaan surat
  • Tulis nama dan alamat tujuan
  • Pembuka surat
  • Isi surat
  • Penutup surat

Langkah Membuat Surat Pribadi Untuk Guru

Saat menulis surat pribadi untuk guru kamu jangan asal, walaupun ini surat pribadi yang karakternya bebas. Tetapi guru ialah orang yang semestinya disegani, oleh karenanya ada beberapa langkah yang perlu kamu kerjakan supaya surat itu santun dan betul.

Pembuka Surat

Dalam membuat surat pribadi untuk guru, langkah awal kamu harus buka surat. Di bagian ini tulislah alamat dan nama di pojok atas kanan untuk pengirim, lalu samping kiri untuk yang menerima. Tidak boleh lupakan tanggal pengerjaan surat. Seterusnya bikinlah salam pembuka yang santun untuk menegur orangtua

Kenalkan diri mu di bagian pertama surat. Kamu dapat mengingati jika kamu adalah siswa dari guru mu. Agar semakin terangnya kamu dapat tuliskan nama komplet, kelas, atau tahun lulus. Kemudian baru pastikan arah penulisan surat. Terangkan dengan singkat kenapa kamu menulis surat ini dan apa yang kamu harapkan.

Membuat Isi Surat

Supaya jadi contih surat pribadi untuk guru yang santun dan betul, karena itu bikinlah isi surat dalam bahasa yang resmi tetapi tetapn rileks. Pakai kata tukar "saya" untuk selalu memberikan rasa hormat ke guru. Maksudnya supaya kamu dapat mempunyai jalinan yang lebih bagus. Seterusnya mulailan point utama dalam surat.

Pastikan arah mu dengan jelas dan singkat satu-satu. Bila kamu ingin mengutarakan rasa atau berterima kasih karena itu tulislah dengan santun. Buat dalam beberapa paragraf supaya gampang dibaca dan tidak menjemukan.

Penutup Surat

Dalam sisi ini tulislah simpulan arah atau keinginan yang diharapkan. Selanjutnya catat kalimat penutup di bagian akhir, melengkapi dengan salam penutup saat sebelum akhiri surat. Janganlah lupa berikan tanda-tangan dan nama jelas mu.

Contoh Surat Pribadi Untuk Guru

Sedang untuk pemakaian surat pribadi, telah jarang kita dapatkan. Tetapi walau begitu, bukan bermakna anda tidak dapat memakai surat pribadi. Seperti memakai surat pribadi untuk guru, sebagai hal yang paling pantas buat anda coba.

Mungkin anda ingin menyampaikan sepatah kata terima kasih untuk guru, karena itu anda dapat mengirim contoh surat pribadi untuk guru. Atau saat anda mempunyai kekeliruan dan ingin mohon maaf ke guru, tetapi anda tidak mempunyai keberanian langsung, karena itu pemakaian contoh surat pribadi untuk guru bisa banyak menolong anda.

Menulis surat pribadi untuk guru bukan kasus yang sulit. Tetapi anda harus memakai bahasa yang santun, ingat status guru sebagai pahlawan tanpa tanda layanan untuk kita. Berikut beberapa contoh surat pribadi untuk guru yang dapat anda untuk jadikan bahan rujukan.

1. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Untuk Bercerita Diri

Sebagai seorang pelajar, sudah selayaknya kita selalu ingat guru - guru kita, sekalinya kita telah tamat dan telah ke sekolah lain untuk meneruskan pengajaran di jenjang yang semakin tinggi. Nach, bila ingin bercerita kondisi diri kita saat ini, karena itu anda dapat mengirim contoh surat pribadi untuk guru anda.

Surabaya, 24 APril 2018

Ke ibu guru tercinta

Ibu Lastri

Jalan. Margonda No.71


Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Ibu Lastri bagaimana beritanya? Alhamdulillah saya di Surabaya baik saja. Mudah-mudahan ibu disitu sehat selalu ya, dan lebih semangat mengajarkan anak didik di sekolah.

Alhamdulillah ibu, Rani saat ini bisa meneruskan sekolah seperti keinginan saya. Saya saat ini sekolah di MAN 3 Surabaya ibu, sama seperti yang ibu ucapkan dahulu saat di sekolah "bila kita punyai kemauan kita harus memburunya sampai bisa". Dan itu terus saya ingat sampai saat ini. dua minggu kembali saya akan mengikut lomba fisika yang diselenggarakan oleh Kampus Brawijaya, saya meminta do'anya ya agar dapat menang dan kelak semogbisa kuliah disitu ambil jalur fisika.

Rani benar-benar mengucapkan terima kasih ke ibu, karena usaha keras ibu mengajariku rumus-rumus fisika saat ini, walau dahulu Rei benar-benar sulit diajarin. Tetapi saat ini saya lebih cinta dengan pelajaran ini. Buku yang ibu beri selalu saya dalami dan saat ini saya punyai banyak koleksi buku fisika.

Saya ingat selalu, dahulu ibu selalu mengingatiku saat saya mulai malas, dan menyemangatiku untuk selalu dan tidak jemu dengan belajar. Karenanya belajar tidak ada yang percuma, dan semua ada hasilnya.

Terima kasih ibu Lastri, saya saat ini menunjukkan jika memang dengan belajar yang benar-benar saya dapat mengalahkan pelajaran -pelajaran yang saya kira susah.

Sampai disini surat dari Rani, meminta restunya untuk lomba kelak ya bu, saya tidak minta surat ini untuk dibalas, karena bila ibu telah membacanya saya telah suka sekali. Sesungguhnya saya benar-benar kangen dengan ibu. Bila kelak saya kembali pulang ibu tidak berkeberatan kan bila saya bersilahturahmi kerumah ibu. Saya rindu sama putri ibu, Manda.

Satu kali lagi terimakasi bu Lastri, mudah-mudahan Allah selalu memberi kesehatan agar ibu terus dapat menyebarkan semangat ke siswa-murid ibu.


Wassalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh


Salam kangen,


Reni Sumarni

2. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Sekalian Memberi Kenang-kenangan

Bila anda telah pergi tinggalkan daerah dan telah jauh dari guru - guru yang dahulu mendidikan anda, karena itu anda dapat mengirim mereka surat sebagai pelepas kangen. Meskipun anda ada di negeri orang, tetapi jarak bukan penghambat untuk berbicara dengan guru - guru anda. Anda bisa juga sekalian mengirim kenang-kenangan ke guru anda.

Kuala Lumpur, 24 April 2019

Ke :

Yth. Ibu Widyawati

Di

Manado


Assalamualaikum wr.wb,

Nama saya Adi Rusmana, saya ialah pelajar di SMU Negeri 19, Makassar, kelas 2A. Ibu Widyawati ialah wali kelas di kelas 2A saat saya masih bersekolah disitu. Sekarang ini saya telah ada di Malaysia mengikut program transisi siswa.

Lewat surat ini saya cuman ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kontribusi Ibu Widyawati hingga saya dapat direferensikan oleh kepala sekolah untuk mengikut program transisi siswa ini. Saya masih memerlukan tuntunan dan doa dari Ibu Widyawati mudah-mudahan aktivitas belajar saya sepanjang di sini dapat berjalan secara lancar sesuai keinginan.

Semoga pada berlibur semester selanjutnya saya dapat balik ke Indonesia dan bersilaturahmi ke rumah Ibu bersama-sama dengan ke-2 orangtua saya untuk berterima kasih atas kontribusi dari ibu sejauh ini.

Bersama ini juga saya kirimkan kenang-kenangan dari Malaysia yang saya membeli di saat bertandang ke Johor. Semoga ibu sudi untuk menerimanya.

Begitu, dan satu kali lagi saya berterima kasih banyak atas kontribusi Ibu sejauh ini.


Hormat Saya,


Adi Rusmana

3. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru dari Luar Negeri

Sesudah tamat sekolah, mungkin anda ke luar negeri karena banyak hal. Mungkin karena anda ingin meneruskan pengajaran disitu atau karena harus bekerja di luar negeri. Nach, bila anda kangen dengan guru - guru anda, karena itu anda dapat mengirim mereka sepucuk surat sebagai pelepas kangen.

Belanda, 24 April 2018

Teruntuk Ibu Guruku

Assalamualaikum wr. wb. ,

Halloo Ibu, bagaimana beritanya? Saya berharap Ibu selalu sehat dan ada dalam naungan Allah SWT. Ibu masih peringatkan dengan saya? Saya ialah Salman, Siswa ibu yang selalu membuat Ibu kecewa saat di SMA. Tentu saja saya percaya ibu masih mengingatnya.

Saya masih mengingatnya Bu, Peristiwa sekian tahun lalu sebagai titik balik di kehidupan saya. Peristiwa yang membuat saya sadar begitu bodoh dan sia - sianya diri saya saat itu. Ibu masih mengingatnya kan? Saat saya sedang absen dari sekolah dan Ibu mendekati saya pada tempat persewaan play station. Ibu ambil kuping ini dengan benar-benar keras dan seluruh orang yang berada di sana menertawaiku.

Sampai saat ini saya juga masih ingat pengucapan itu. Ibu berbicara,"Jika kamu sekolah cuman untuk main, stop dari sekolah kasian sama orang tua mu." pengucapan itu tadi yang selalau terngiang - ngiang dalam benakku. Kemungkinan bila saja Ibu tidak tiba dan menjewer telinga saya saat itu, Saya tetap jadi orang yang kacau-balau.

Saya ingin sekali berjumpa dengan ibu dan menyampaikan rasa terima kasih saya langsung. Tetapi, kelihatannya kondisi belum juga mengijinkan karena saya harus jalani tanggung jawab sebagai dubes Indonesia di Belanda.

Karena itu, lewat surat ini saya menyampaikan rasa terima kasih ku ke Ibu. Kemungkinan ini tidak sepadan dengan yang sudah Ibu kerjakan padaku karena saya ketahui layanan - layanan ibu tidak mampu untuk terbalas. Yang dapat saya kerjakan ialah berdoa mudah-mudahan ibu selalu sehat dan ada dalam naungan Allah SWT.

Tanpa yang kekal di bumi ini, tapi layanan dan dedikasimu terus akan hidup sejauh waktu. Terima kasih Guruku tersayang.


Dengan Penuh Cinta,


Salman Reza

4. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Bercerita Kesuksesan

Tanpa kebahagiaan paling besar untuk seorang guru kecuali dari menyaksikan anak didiknya sukses di masa datang. Karena itu, bila anda berpretasi bagus atau mempunyai kesuksesan yang membesarkan hati, anda dapat bercerita hal itu ke guru anda. Anda dapat mengirim sepucuk surat ke guru anda untuk bermacam kebahagiaan itu.

Karawang, 24 April 2019

Teruntuk Bapak Guruku,


Assalamualaikum wr. wb. ,

Bagaimana berita Bapak ? Saya mengharap Bapak selau ada pada kondisi sehat walafiat. Oh ya Pak, saya ingin sampaikan sebuah kabar bahagia untuk Bapak. Informasi sebagai keinginan kita berdua saat Saya masih ada di SMA jika Saya sudah sukses dipilih sebagai olahragawan badminton yang bakal sebagai wakil Indonesia dalam gelaran Sea Game tahun ini.

Saya ingin menghaturkan terima kasih ke Bapak atas didikannya dan tuntunannya sejauh ini. Saya tidak pernah lupakan layanan - layanan Bapak karena Bapak lah yang sudah mendapati talenta ku dan Bapaklah yang sudah menuntunku jadi olahragawan yang populer.

Tanpa kata capek apa lagi patah semangat dalam mendidikku. Bapak selalu latihku dengan penuh kepercayaan dalam hati Bapak. Bapak selalu berikan motivasi dan menyakinkan Saya menjadi olahragawan yang luar biasa. Sekarang semua usaha Bapak sejauh ini sudah terbayarkan.

Karena itu, saya benar-benar mengucapkan terima kasih ke Bapak atas layanan - layanan yang sudah Bapak beri kepadaku. Disamping itu, saya mengundang Bapak untuk temani saya ke Singapura untuk menyaksikan dan menyemangatiku di situ. Saya akan jemput Bapak dan keluarga dua hari kembali.

Demikian surat ini, kita akan teruskan percakapan nya kelak di saat berjumpa di lapangan terbang.


Salam Hormat,


Sandi Akbar

5. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Matematika

Kemungkinan cukup banyak orang yang paling membenci pelajaran matematika saat ada di kursi sekolah. Ini bukan rahasia kembali, ingat pelajaran matematika memang populer sulit untuk beberapa orang. Tetapi bila rupanya anda dapat mengalahkan pelajaran matematika, bahkan juga jadi seorang guru matematika, karena itu anda dapat bercerita hal itu ke guru matematika anda dahulu.

Medan, 16 Juli 2019

Salam hormat,


Assalamualaikum wr. wb.,

Halo apa kabarnya Ibu Ayu? Masih ingatkah Ibu dengan saya? Saya percaya Tentu ibu tidak dapat lupakan saya kan?. Saya ialah salah satu siswa Ibu yang tidak pahami pelajaran Matematika. Tiap pulang sekolah, saya sering kali menyusahkan ibu untuk minta waktu tambahan.

Masih ingatkah dengan janji saya Bu? Saya janji ke ibu jika saya pasti dapat seperti ibu. Dan saat ini Saya telah memberikan bukti ibu. Sekarang ini saya sudah jadi guru matematika untuk tingkat SD di kota Medan. Semuanya karena kontribusi Ibu. Terima kasih Bu untuk semua. Saat liburan datang kelak, saya akan balik ke Banda Aceh, saya mengharap bisa berjumpa dengan Ibu. Apa Ibu masih tinggal di tempat tinggal ibu yang dahulu ?

Ada banyak hal yang ingin saya katakan ke Ibu, tetapi helai kertas batasi kalimat saya. Saya akan berceritanya saat berjumpa dengan Ibu satu hari kelak.

Begitu surat dari saya Bu, saya menanti balasan dari Ibu. Terima kasih Ibu.


Salam dari siswamu,


Ramdan Maulana

6. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru yang Berpindah Sekolah

Bila salah seorang guru anda harus berpindah sekolah dan mengajarkan di sekolah yang baru, mungkin anda akan merindukan. Terutama bila anda mempunyai masa lalu yang cantik bersama guru itu, karena itu rasa kangen yang bakal anda alami pasti makin besar. Karena itu, anda dapat mengirimkan sepucuk surat untuk menurunkan kangen yang anda alami.

Banda Aceh, 24 April 2020

Assalamualaikum wr.wb.,

Hallo Pak Ridwan, apa kabarnya Bapak pada tempat mengajarkan yang baru? Saya berharap sama membahagiakannya seperti saat bapak mengajarkan di sekolah saya dahulu. Kami semua demikian rindukan bapak. bagaimana tidak, langkah mengajarkan bapak yang rileks tetapi terang membuat kami berasa kehilangan. Walau alternatif bapak untuk mengajarkan sosial lumayan baik, tetapi kami masih rindukan saat di mana bapak mengajarkan kami di kelas.

Kapan bapak merencanakan bertandang ke sekolah kembali? Kami mengharap Bapak tidak lupakan kami dan ingin maafkan kenakalan-kenakalan yang sudah kami bikin dahulu. Kami menanti berita kehadiran Bapak di sekolah.

Demikian dahulu surat dari saya Pak. Kami menanti balasan dari Bapak. Terima kasih.

Salam dari siswamu,


Indra Rinaldi

7. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Perkataan Selamat Tahun Baru

Peristiwa tahun baru sebagai salah satunya peristiwa yang bernilai buat beberapa orang dan jadi sebagai peristiwa maaf - maafan. Nach, bila anda telah pergi jauh tinggalkan guru - guru anda di daerah, karena itu anda dapat mengirim sepucuk surat buatnya. Anda bisa juga menyampaikan selamat tahun baru dan mohon maaf atas kekeliruan - kekeliruan anda saat sekolah.

Jakarta, 24 April 2019

Ke : Bapak Mulyono

Guruku Tersayang


Assalamualaikum warrahmatullahiwabarakatuh

Hallo pak! apa kabarnya bapak? mudah-mudahan bapak selalu dikasih kesehatan dan selalu dalam naungan Allah Swt ya pak. Saya Dio Nugraha pak siswa bapak saat bapak masih mengajarkan di SMA Keinginan Bangsa. Kemungkinan bapak lupa dengan muka saya. Tetapi sekadar mengingati bapak, saya ialah siswa bapak di kelas X yang tiap hari selalu bapak mencari karena saya selalu melakukan perbuatan kenakalan. Entahlah itu berkelahi, absen, tidak kerjakan pekerjaan, tidur dikelas dan ada banyak kembali kenakalan saya pak.

Bertepatan dengan tanggal 31 Desember ini saya menulis surat ini sekalian ingin menyampaikan Selamat Tahun Baru ke bapak mudah-mudahan pada tahun depan bapak selalu diberi nikmat dan selalu dalam naungan Allah Swt.

Saya benar-benar ingin berjumpa bapak. Sesungguhnya lebaran tahun tempo hari saya telah kerumah bapak tapi kebenaran bapak sedang pulang daerah. Kemungkinan lebaran tahun depannya saya dapat berjumpa bapak ya. Saya sekarang ini bekerja di salah satunya perusahaan asing di Jakarta pak. Perolehan ini saya raih tidak lepass dari beberapa jasa bapak ke saya. Benar-benar saya katakan terima kasih yang sebesar-besarnya ke bapak. Saya tidak dapat memberi apa-apa ke bapak yang saya dapat cuman berdoa ke tuhan supaya bapak selalu dilimpahkan nikmat dan karunianya.

Demikian surat dari saya pak, Saya percaya Allah selalu membuat perlindungan orang baik seperti bapak.

Hormat saya Gilang Rangga siswa bapak yang paling nakal.


Hormat Saya,


Gilang Rangga

8. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru dan Rencana Berjumpa

Saat anda telah bekerja di kota lain dan jauh dari kota kelahiran anda, mungkin anda akan rasakan kangen ke guru - guru yang dahulu telah berusaha susah payah dalam mendidik dan mengajarkan anda. Karena itu, anda dapat mengirimkan sepucuk surat dan menjelaskan rencana anda untuk berjumpa dengannya.

Papua, 24 April 2020

Ke Pak Slamet

Guru Terbaikku


Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Pak Slamet bagaimana beritanya? mudah-mudahan bapak selalu diberi kesehatan dan selalu dalam naungan Allah SWT ya. Sesungguhnya saya sangat lama pak ingin mengirim bapak surat tetapi baru saat ini terwujud. Saya Aliando pak, mudah-mudahan bapak masih ingat saya. Saat di SMA saya ialah siswa yang paling nakal pak dan selalu terima saran dari bapak. Saya percaya bapak masih ingat saya karena kenakalan-kenakalan saya tentu saja.

Telah 7 tahun ini pak saya lulus dari SMA tersayang dan telah 7 tahun juga akhir kali bapak memberi tahu saya. Sebenarnya arah saya mengirim surat ini untuk menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya ke bapak karena saran-nasihat bapak saya saat ini dapat semacam ini. Saya saat ini bekerja di PT. Freeport Indonesia di Papua pak. Benar-benar bapak tentu benar-benar senang dengan perolehan saya jika menyaksikan tingkah laku saya saat di SMA.

Sebenarnya saya benar-benar ingin berjumpa dengan bapak untuk menyampaikan terima kasih tetapi apa daya peluang yang hingga saat ini masih batasi saya karena pekerjaan dan jarak yang paling jauh. Insyaallah tahun akhir 2017 saya baru dapat pulang ke Jakarta pak dan saat saya pulang saya berharap bapak selalu dikasih kesehatan dan kurang satu apa saja seperti saat saya masih di SMA.

Kemungkinan itu saja pak yang dapat saya berikan melalui surat ini. Mudah-mudahan bapak selalu dalam naungan Allah SWT supaya bapak tetap mengajarkan dan perjuangkan nassib anak negeri ini.


Salam Hormat,


Rahadian Firdaus

9. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Bercerita Pekerjaan

Saat anda memperoleh pekerjaan yang baik, tentu anda akan berbahagia dengan pekerjaan itu. Tetapi coba sesaat untuk ingat layanan - layanan guru anda. Tanpa guru yang mendidik dan mengajarkan anda, karena itu anda tidak dapat mempunyai pekerjaan bagus begitu. Karena itu, anda dapat mengirim sepucuk surat ke guru anda dan menyampaikan terima kasih.

Singapura, 24 April 2017

Teruntuk Bapak Guruku,

Bapak Ardian

Assalamualaikum wr. wb. ,

Bagaimana berita Bapak ? Saya mengharap Bapak selalu ada pada kondisi sehat walafiat. Oh ya Pak, saya ingin sampaikan sebuah kabar bahagia untuk Bapak.

Informasi sebagai keinginan kita berdua saat Saya masih ada di SMA jika Saya sudah sukses dan dipilih jadi seorang Kepala Sisi di Bank Internasional Singapura.

Saya dapat capai step ini karena tuntunan dan didikan bapak sejauh ini. Bapaklah yang menyadarkan saya akan talenta yang kumiliki dan bapak selalu setia dan bersabar menuntunku sampai saya pada akhirnya sekarang dapat capai apa yang saya dan guru harapkan, ajdi saya tidak pernah lupakan layanan jasa bapak sampai kapan saja.

Tanpa kata capek apa lagi patah semangat dalam mendidikku dan dengan penuh kepercayaan Bapak terus latihku meskipun kadang saya sendiri kadang berasa patah semangat. Kegigihan dan motivasi yang Bapak berika jadi saya percaya bia jadi olahragawan yang luar biasa dan pada akhirnya saat ini semua uasaha bapak dapat terbayar.

Karena itu, saya benar-benar mengucapkan terima kasih ke Bapak atas layanan - layanan yang sudah Bapak beri kepadaku. Disamping itu, saya mengundang Bapak untuk temani saya ke Singapura untuk menyaksikan dan mengikut serah terima kedudukan barusan di sini. Saya akan jemput Bapak dan keluarga dua hari kembali.

Demikian surat ini, kita akan teruskan percakapan nya kelak di saat berjumpa di lapangan terbang.

Salam Hormat,

Fardan Nugraha

10. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru yang Telah Lama Pisah

Di bumi ini memang tidak ada yang kekal. Bila dahulu saat sekolah anda dapat berjumpa tiap hari dengan guru anda, karena itu mungkin tidak dengan saat ini. Bila anda mempunyai pekerjaan dan aktivitas di kota atu di negara lain, bukan mustahil anda akan pisah dengan guru anda sepanjang tahun lama waktunya dan tak pernah berjumpa. Karena itu, anda dapat mengirimkan sepucuk surat sebagai pelepas kangen.

Jepang, 24 April 2018

Teruntuk ibu Guruku tersayang Ibu Nur Hidayah.

Asalamualaikum WR. WB

Halo ibu, bagaimana berita ibu di situ? Mudah-mudahan ibu di situ selalu baik saja, sehat walafiat, dan selalu dalam naungan Allah Swt ya, amin yarobal alamin. Saya Salsabila ibu, siswa Ibu saat SD dahulu.

Kemungkinan ibu sudah lupa dengan muka saya karena lama sekali kita tidak bertemu, kurang lebih telah 12 tahun lama waktunya. Tetapi saya usaha mengingati kembali ke ibu jika saya ialah siswa wanita yang paling nakal, bandel, cengeng dan selalu ngambek.

Entahlah kenapa ini hari saya benar-benar kangen sekali dengan ibu, ingin sekali berjumpa tetapi sayang saya tidak bisa disebabkan saya ada di Negara Sakura untuk meneruskan belajar saya ke tingkatan selanjutnya. Ada sesuatu hal yang membuat saya ingat ke ibu, yaitu mengenai figur wanita yang kelakuannya hampir serupa dengan ibu, penyabar, pengasih, dan selalu memberikan polaasi disaat saya malas dahulu.

Sekarang ini saya sedang meneruskan studi master di negara sakura, (Jepang). Saya memperoleh beasiswa prestasi bu, hingga saya tidak minta ongkos dari orangtua sepeser juga.

Sekarang sedikit perjalanan sudah bisa saya capai dengan prima, saya sanggup jadi seorang siswa yang bisa ibu banggakan. Terima kasih ibu, benar-benar semuanya karena didikan dan tuntunan ibu yang demikian sabar saat itu.

Demikian dahulu surat dari saya untuk ibu, lain kali dapat kita ikat kembali.


Hormat Saya,


Renata Malika

11. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Dalam Bahasa Inggris

Bila anda memang lancar dan dapat berbahasa Inggris, jadi tidak ada kelirunya untuk anda untuk mengirim sepucuk surat dengan bahasa Inggris ke guru anda. Tetapi yakinkan lebih dulu jika guru anda bisa juga berbahasa Inggris. Atau supaya lebih gampang, kirimkanlah surat bahasa Inggris ke guru bahasa Inggris anda dahulu.

Bogor, April 24, 2018

Dear Miss Julia,

I want to deliver my gratitude for all what you have done during last academic year. At first I was afraid to see you in class because you looked so cruel for me. Nevertheless, I was wrong. You are the best teacher that I have ever had. I remembered that day when I couldn't find the answer of math exercise. You came to help me found the solution. It was because of you I crazy about math now.

I really appreciate the way you taught me by making the lessons innovative and creative. You did not only motivate me, but also inspired me to be a teacher as best as you someday. I also thank you for took care of me lovingly for 3 years at school.

I am looking forward your replay soon and wish you all the best for your future endeavors.


Regards,


Dea Rinjani

12. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru dan Perkataan Terima kasih

Bila anda telah mempunyai pekerjaan yang baik sekaran ini, karena itu jangan sampai lupakan guru - guru anda yang dahulu telah berusaha susah payah untuk mendidik dan mengajarkan anda. Tanpa layanan mereka, karena itu anda tidak dapat saat ini. Karena itu, anda dapat mengirim surat ke guru anda sambil menyampaikan terima kasih atas layanan - jasanya.

Jakarta, 24 April 2018

Ke Bapak Ahmad Subarjo

Guruku Tersayang


Assalamualaikum warrahmatullahiwabarakatuh

Hallo pak! apa kabarnya bapak? mudah-mudahan bapak selalu dikasih kesehatan dan selalu dalam naungan Allah Swt ya pak. Saya Dio Nugraha pak siswa bapak saat bapak masih mengajarkan di SMA Keinginan Bangsa. Kemungkinan bapak lupa dengan muka saya.

Tetapi sekadar mengingati bapak, saya ialah siswa bapak di kelas X yang tiap hari selalu bapak mencari karena saya selalu melakukan perbuatan kenakalan. Entahlah itu berkelahi, absen, tidak kerjakan pekerjaan, tidur dikelas dan ada banyak kembali kenakalan saya pak. Mudah-mudahan bapak ingat mengenai kenakalan-kenakalan saya itu pak hingga bapak dapat ingat saya.

Sebenarnya saya menulis surat ini untuk bapak karena saya benar-benar ingin menyampaikan terima kasih karena beberapa jasa bapak yang besar sekali saat mendidik saya di SMA. Walau saya tidak dapat disebutkan sukses tetapi saya saat ini sadar pak jika semuanya yang bapak ucapkan ke saya itu betul dan saya saat ini benar-benar menyesali ketidaktahuan-kebodohan saya di SMA.

Demikian surat dari saya pak, Saya percaya Allah selalu membuat perlindungan orang baik seperti bapak. Bila andaikan saya berbuat banyak salah ke bapak saya minta maaf yang sebesar-besarnya. Mudah-mudahan Allah masih memberikan kita peluang untuk berjumpa kembali pak. Amiiin!!!


Hormat Saya,


Teguh Pradana

13. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru di Hari Guru

Hari guru sebagai hari untuk mengingati layanan - layanan pahlawan tanpa tanda layanan, yaitu guru - guru kita. Bila anda ingin menyampaikan beberapa kata dengan memakai surat ke guru, karena itu hari guru kemungkinan sebagai peristiwa yang paling tepat. Karena itu, anda dapat tuliskan sepucuk surat untuk guru saat hari guru datang.

Payakumbuh, 22 November 2018

Ke :

Yth. Bapak/Ibu Guru

MAN 2 Payakumbuh


Assalamualaikum Wr. Wb

Awalnya saya doakan mudah-mudahan Bapak/Ibu pada kondisi sehat walafiat. Amin. Dengan surat ini saya ingin berterima kasih yang tidak terbatas atas layanan yang sudah Bapak/Ibu beri ke kami. Saya menulis surat ini untukmu Bapak/Ibu guru atas pengabdian dan kesabaranmu dalam mendidik kami.

Benar-benar, Tuhan sudah memberi segudang kesabaran dan kemampuan padamu untuk hadapi kami yang keras kepala ini. Kamu mempertaruhkan waktu dan tenagamu untuk angkatan bangsa supaya berkilau di hari esok. Kau seperti lentera yang membimbing kami di tengah-tengah kegelapan yang pekat. Kau tiba dan bawa kami ke jalan kebenaran. Kau sampaikan kami bermacam pengetahuan kehidupan.

Tetapi balasan apa yang sudah kami beri? Ketika belajar kami tidak memerhatikanmu, bahkan juga pengucapan kami sering membuat kamu bersedih. Tetapi pintu maaf mu selalu terbuka. Meja-meja yang sarat dengan seni liar tangan kami dan dinding-dinding sekolah dengan cap sepatu kami, tetapi kau tak pernah patah semangat. Kamu punyai kepercayaan diri untuk mengubah tanah liat keras jadi keramik yang cantik, kau kerahkan semua tenagamu. Kau cuman mengharap kami jadi orang di hari esok dengan pengetahuan dunia dan agama pada tangan.

Terima kasih Guruku. Kau sudah jadi teman dekat, penuntun dan penginspirasiku. Saya tahu, tidak akan sanggup ku balas budi baikmu. Saya cuman dapat berdoa mudah-mudahan kamu selalu dalam lindungan Karunia dan Ridho Tuhan dan mudah-mudahan kamu selalu mendapatkan pahala yang tanpa terputus seperti curah karunia Allah yang tak pernah sirna.

Saya mengharap satu hari kelak bisa menjadi guru seperti diri kamu, berbakti untuk bangsa dan negeri ini. Selamat Hari Guru.


Wassalamualaikum Wr. Wb.

Hormat Saya,


Ramdan Trisnajaya

14. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Permohonan Maaf

Sebagai seorang pelajar, mungkin anda mempunyai kekeliruan ke guru - guru anda. Dan jadi orang yang bersalah, karena itu telah seharusnya untuk anda untuk mohon maaf. Bila anda tidak mempunyai keberanian mohon maaf langsung, karena itu anda dapat mohon maaf ke guru anda dengan memakai sepucuk surat.

Jakarta, 24 April 2018

Ke Bapak Ilham Syamsudin

Wali Kelas XII

di Tempat

Dengan surat ini saya Antoni Sanjaya, di Kelas XII, ingin mohon maaf ke bapak, karena saya sudah istirahat saat jam pelajaran, tanpa izin bapak. Saya benar-benar menyesal karena sudah membuat bapak/ ibu guru geram, saya minta maaf sebesar - besarnya, dan saya janji tidak mengulang melakukan perbuatanan istirahat saat jam pelajaran, saya minta bapak guru ingin maafkan kekeliruan yang saya lakukan, dan membolehkan saya mengikut pelajaran bapak/ ibu kembali.

Hormat Saya,


Ginting Pambudi

15. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Sebagai Ungkapan Terima kasih

Sebagai seorang manusia, telah selayaknya kita menyampaikan terima kasih ke orang - orang yang telah berjasa dalam kehidupan kita. Salah satunya misalnya ialah guru - guru yang telah usaha mendidik dan mengajarkan kita. Karena itu, anda dapat mengirimkan sepucuk surat dan menyampaikan terima kasih ke guru anda.

Jakarta, 24 April 2018

Ke Yth. Ibu Suhartiningsih

di SMA Negeri Sakti

Lampung

Assalamualaikum wr.wb.

Apa kabarnya Ibu Tini, masih ingatkah dengan saya??? Saya percaya tentu ibu tidak bisa lupakan saya. Bagaimana tidak, saya selalu merepotkan ibu di sekolah, bermasalah dengan Ibu Eko, guru BK. Tetapi, ibu selalu dengan sabar tangani permasalahan saya, ibu memang wali kelas terbaik selama hidup.

Ibu, saya ingin mengucapkan terima kasih, atas pengetahuan, tuntunan, dan tuntunan yang ibu beri ke saya dan rekan - rekan. Seandainya tidak, saya kemungkinan tidak akan ada di titik ini. Saya ingat benar saat saya meluapkan permasalahan ekonomi yang terjadi pada keluarga saya dan ibu memberi ada info tunjangan pemerintah untuk anak- anak kurang sanggup.

Saya mengikut anjuran Ibu untuk mengirim program, dan alhamdulillah saya bisa lolos dan masuk ke daftar anak yang menerima kontribusi. Saya benar-benar suka, hingga di saat SMA beban ongkos orangtua saya jadi menyusut. selanjutnya saat akan masuk perkuliahan, Ibu menyaksikan saya tidak turut mendaftarkan lajur yang diberi kampus untuk sekolah.

Saya menerangkan ke ibu keinginan saya, disatu segi saya benar-benar ingin meneruskan studi disamping lainnya ekonomi keluarga tidak memberikan dukungan. Hingga pada waktu itu, dengan kontribusi guru BK juga Ibu memberitahukan saya jika ada lajur khusus untuk anak- anak kurang sanggup untuk meneruskan studi ke perguruan tinggi.

Kemungkinan ini cukup ini saja yang saya ingin saya katakan lewat surat, seterusnya insya Allah kita mengatur tatap muka ya bu. Terima kasih ibu tini. Assalamualaikum wrwb.

Salam hormat dari siswamu,


Amanda Manopo

16. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Yang Masih Mengajarkan

Yogyakarta, 10 Mei 2018

Ke Yth

Ibu Astuti Jayadi

Di Pepe, Muntilan


Dengan hormat,

Apa kabarnya Ibu Astuti? Mudah-mudahan Ibu Astuti pada kondisi sehat dan selalu dalam naungan Tuhan Yang Mahakuasa.

Saya Agnes Widimulya angkatan 2008 di SMP Marganingsih. Ibu masih peringatkan dengan saya?Ibu saya ingin share narasi mengenai perjalanan study dan aktivitas saya.

Pertama kali saya menyampaikan banyak terima kasih karena Ibu sudah mengajar ke saya beberapa hal, khususnya mengenai personalitas. Saya senang pernah jadi siswa Ibu Astuti dan selalu dengarkan saran-nasihat Ibu. Hasilnya, saya sekarang jadi orang yang makin optimis.

Saya selalu ingat kalimat Ibu "Jika kamu ingin, kamu coba, tentu kamu dapat mencapainya". Kalimat itu yang selalu menyemangati saya.Sama seperti yang Ibu kalimat itu, saya dapat masuk di SMA Santa Maria Yogyakarta. Sekolah yang saya harapkan semenjak saya masih di SMP.

Bahkan juga, saya dapat masuk di kampus yang benar-benar saya mimpikan. Kampus Atma Jaya Yogyakarta jadi opsi saya salah satu. Saya dapat diterima di Prodi Pengetahuan Komunikasi melalui lajur prestasi. Benar-benar kalimat Ibu jadi kemampuan dan semangat untuk hidup saya.

Sekarang saya tinggal menuntaskan pekerjaan akhir saya, yakni skripsi. Saya bercita-cita jadi seorang reporter. Karena itu, saya minta doa dari Ibu Astuti agar selekasnya menuntaskan pekerjaan akhir sebagai persyaratan kelulusan tempuh pengajaran S-1.

Tidak lupa saya selalu doakan Ibu, mudah-mudahan selalu dikasih kesehatan, semangat dalam mengajarkan, dan jadi Ibu yang selalu murah senyuman. Maafkan Agnes belum berkunjung Ibu. Mudah-mudahan Tuhan selalu memberkati Ibu Astuti. Demikian dahulu ya Bu, terima kasih telah membaca surat dari Agnes.

Salam kangen dari anakmu

(tanda tangan)

Agnes Widimulya

17. Contoh Surat Untuk Guru Favorit

Yogyakarta, 12 Mei 2018

Untuk Guruku Tercinta

Bapak Mardji Sugalih

di Surabaya, Jawa Timur

Dengan hormat,

Pak Mardji apa kabarnya? Mudah-mudahan pada kondisi sehat ya. Sangat sayang saat saya telah berpindah kembali ke Yogyakarta rupanya Bapak berpindah ke Surabaya.

Saya mendapatkan informasi dari faksi sekolah SD Senang Maju jika Bapak telah pensiun dan berpindah ke Surabaya bersama-sama dengan anak-cucu. Saya mengharap, Bapak dan keluarga baik.

Ini saya Renata Sinar. Sesungguhnya saya telah menyempatkan diri pulang ke Yogyakarta karena ingin berjumpa Bapak untuk acara reunian rekan-rekan SD. Bolehkah buat, saya pribadi dan rekan-rekan tidak dapat berjumpa dengan Bapak. Walau demikian saya selalu doakan agar Bapak pada kondisi sehat dan kelak dapat bertemu kembali. Sebagai perkataan terima kasih saya, saya kirimkan hadiah simpel. Mudah-mudahan Bapak suka dan ingin menggunakannya.

Terima kasih atas pengetahuan yang telah Bapak beri ke saya. Saya minta maaf bila sejauh ini saya berbuat banyak salah. Demikian surat dari saya, mudah-mudahan dapat segera berjumpa dengan Bapak pada kondisi sehat.

Salam kangen dari anak didikmu

(tanda tangan)

Renata Sinar

Simpulan dan Keutamaan Surat Pribadi Untuk Guru

Pemakaian surat pribadi akhir-akhir ini memang makin ditinggal. Beberapa orang berlomba-lomba - lomba memakai media komunikasi kekinian untuk kepentingan pengutaraan info ke seseorang. Diantaranya ialah pemakaian surat pribadi untuk guru, yang kemungkinan telah jarang kita dapatkan.

Tetapi perlu anda kenali, sebagai seorang pelajar dan pendidik, karena itu kita perlu merajut komunikasi yang bagus dengan guru - guru kita. Guru sebagai pahlawan tanpa tanda layanan mempunyai peran yang besar sekali untuk proses belajar kita awali dari yang tidak paham jadi tahu.

Maka tidak ada kelirunya bila kita memberi sedikit kelebihan ke beberapa guru - guru yang telah mempunyai banyak layanan ke kita. Bila kita memakai media chatting ke seseorang atau teman dekat, karena itu silahkan kita pakai surat pribadi untuk guru kita.

Guru - guru kita pasti berasa spesial mendapatkan dan terima surat pribadi dari kita, ingat saat ini ini lebih banyak orang yang tidak mau disibukkan dengan menulis surat cuman untuk kebutuhan komunikasi pribadi. Contoh surat pribadi ke guru dapat anda isikan dengan hal apa, yang perlu masih memakai bahasa dan penulisan yang santun.

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "17 Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Yang Benar Dan Sopan"