Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Surat Penawaran Rumah Dan Contohnya

Bagaimana cara membuat surat penawaran rumah? Berniat pindah rumah lantaran telah punya rumah baru yang dekat dengan tempat kerja tentu saja membuat Anda sedikit gusar.

Gusar karena rumah yang masih bagus dan memiliki kenangan lumayan banyak atau berbagai alasan lain lah yang membuat Anda mau tidak mau harus meninggalkannya. Oke, pilihan yang tepat buat Anda hanyalah menjualnya.

Cara Membuat Surat Penawaran Rumah Dan Contohnya

Simak juga artikel sebelumnya: Surat Penawaran Negosiasi Harga Barang Serta Balasannya

Tunggu dulu, menjual rumah tentu tidak semudah menjual propert lain, yang mungkin bisa Anda tenteng lalu ditawarkan dan siap untuk serah terima. Tapi rumah perlu prosedur yang tentunya harus Anda selesaikan. Seperti bangaimana pembayaran PBB-nya selama ini atau keterangan ini itu dari daerah setempat.

Bagaimana jika semua telah dielesaikan namun pembeli seputar rekan kerja dan kenalan tak ada yang membutuhkan rumah? Anda tentunya harus putar otak untuk mempercepat penjualan rumah. Mari kita buat surat penawaran tempat tinggal atau rumah. Bagaimana contoh pembuatan suratnya dan berbagai hal lain yang terkait dengan penjualan rumah?

Pertimbangan Pembuatan Surat Penawaran Rumah

Membuat surat rumah sebenarnya tidak susah dan tidak pula terlalu mudah, dikatakan tidak susah karena tetap saja membutuhkan data-data dan selembar kerta yang dapat membeberkan berbagai hal yang terkait dengan barang yang ditawarkan (Baca: Contoh Surat Pesanan Barang).

Namun mungkin Anda harus sedikit bekerja ekstra lantaran data tersebut harus memenuhi beberapa pertimbangan yang notabenenya tidak merugikan baik Anda sebagai penjual maupun pembeli. Terkait pertimbangan ini, di bawah ini terdapat beberapa gambaran umum yang dapat diikuti sehubungan dengan surat yanga akan dibuat.

Harga

Masalah utama yang menjadi pokok pikiran adalah harga yang akan Anda tawarkan, apalagi rumah dan lahan yang ditempatinya bagus dan luas, belum lagi tempat yang nyaman, dan sebagainya, yang akan memengaruhi harga jual yang akan ditawarkan.

Berbicara soal harga, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat Anda tak rugi dan pembeli puas. Mengingat rumah tidak pula memiliki standar baku yang bisa Anda pedomani. Kecermatan dalam bentindaklah yang menentukan.

  • Cari tahu informasi, informasi yang tentunya berkaitan dengan rumah anda, seperti survei awal terhadap rumah setipe dengan rumah Anda bisa berupa bentuk, luasa tanah dan sebagainya, lalu bandingkan.
  • Jika telah menemui rumah sebagai pembanding namun ternyata beberapa karakteristik yang berkaitan agak berbeda, Anda dapat pula mencari beberapa katalog rumah dan lakukan kalkulasi.
  • Jika rumah Anda jauh lebih menarik dan lebih bermutu dengan beberapa rumah yang ditemui, Anda boleh menjual dengan harga yang lebih lumayan dari rumah yang dijadikan patokan.
  • Beberapa pertimbangan terkait masalah luas lahan yang di tempati, usia bangunan, model yang diusung rumah, harga rumah setipe, lihat kawasan setipe apakah tidak dilalui banjir, atau sebagainya.
  • Lihat kesesuaian rumah dengan harga yang akan ditawarkan, apakah masuk akal, ini berkaitan dengan pandangan pembeli terhadap barang Anda, dan cepat atau tidaknya barang Anda terjual.
  • Untuk surat penjualan rumah berikan harga tengah saja, karena harga di atas kertas susah untuk ditawar.

Fasilitas

Menjual rumah pastilah dengan fsilitas yang dimilikinya, mulai dari kamar yang dimiliki rumah, tingakatan, kamar mandi, dapur, dan berbagai ruangan yang ada di rumah.

Dalam menulis surat rumah, Anda tentu harus menyesuaikan dengan yang sebenarnya, karena ini berkaitan dengan ketertarikan pembeli, sertakan pula foto-foto terkait, jika Anda sangat berniat meyakinkan pembeli. Keterangan yang diberikan harus jujur.

Informasi Fakta

Informasi ini berkaitan dengan lingkungan rumah yang akan dijual, kondisi lingkungan yang terdapat di dataran tinggi, datran rendah, daerah pantai atau pegunungan, rawan banjirkah dan sebagainya meskipun ada yang berkaitan tetap berikan berbagai kejujuran dan tetap tawarkan kelebihan.

Contoh Surat Penawaran Rumah

Pada dasarnya surat tetap sama, namun ada beberapa hal yang berkaiatan dengan rumah yang natinya akan membuat format sebuah surat agak berbeda baik secara tampilan maupun bahasa yang digunakan. Contoh surat rumah yang diberikan pada sebuah bank dengan maksud mengajukan KPR (kredit pemilikan rumah) seperti berikut ini.

SURAT PENAWARAN RUMAH

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama: ................................................

Alamat: ................................................

No. KTP: .................................................

No. Telp: .................... / ...........................

Menawarkan 1 unit rumah kepada...............................

Dengan keterangan sebagai berikut:

Alamt rumah:

LB / LT:

Status rumah: SHM /HGB *)

Harga jual: ................................................

Demikian surat penawaran ini dibuat guna pengurusan kredit KPR BNI.

Tanggal,.......

..........................

Penjual Rumah

Information (nama jelas): no.hp

Berbeda pula dengan contoh surat rumah dari sebuah perusahaan kepada perseorangan dengan prospek dagang.

SURAT DAGANG : SURAT PENAWARAN RUMAH

No: ........

hal: .................................

Lampiran: .................................

Yth........

Diisi dengan nama arsitek


Dengan hormat,

Melalui surat, ini kami memberikan sebuah penawaran terhadap sebuah rumah mewah yang unik dirancang khusus oleh arsitek handal,...........

Adapun fasilitas dan spesifikasi rumah yang dijual sebagai berikut:

1. Diisi lengkap, Luas tanah, luas bangunan,

2. Fasilitas: ......................................................................

3. Harga kontan:.....................

4. Harge kredit:..............................

5. Keterangan:

a. Terkait dengan surat- surat, lampiran, harga dan jika ada potongan dituliskan pada keterangan.

b. ..............

c. ..............

Untuk lebih jelasnya bersama ini kami lampirkan bentuk luar, dan dalam rumah beserta denahnya. Selain itu kami juga menyediakan berbagai jenis rumah yang dapat disewakan maupun untuk dijualkan.

Apabila saudara merasa cocok dan setuju dengan syarat-syarat yang telah kami sebutkan, kami mempersilahkan Saudara untuk menghubungi agen kami lebih lanjut.

Demikian penawaran dari kami, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Nama perusahaan

Hormat kami

.........................

Nama terang manager

Menejer perusahaan

Trik Penawaran Digubris Cepat

Berbagai alasan akan dilayangkan seputar penjualan rumah. Tapi pada dasarnya setiap barang yang dijual termasuk rumah tentunya ingin cepat berpindah tangan dengan catatan tentu semua phak tidak ada yang merasa dirugikan.

Dalam hal ini banyak usaha yang telah dikakan orang dalam memenuhi targetnya, gencar membuat iklan baik media cetak maupun media audio, maupun audio visual. Semua menawarkan banyak kelebihan masing-masing yang tentunya bertujan untk mepercepat proses jual beli yang diinginkan.

Di bawah ini beberapa upaya yang dapat dilakukan terkait dengan keinginan penjual untuk menjual rumahnya dalam waktu yang tepat dan cepat.

  • Buat dokumentasi rumah Anda baik didalam maupun di luar. Ini berkaitan dengan pemenuhan rasa penasaran pembeli di saat rumah yang ditawarkan berada di kawasan yang cukup jauh, apalagi Anda ingin menawarkan secara online ataupun dari mulut ke mulut.
  • Anda juga bisa menggunakan jasa bersih-bersih. Semisal beberapa tukang perehab rumah, dengan tujuan rumah lebih cantik dan lebih bersih. Pembiayaan untuk yang satu ini bisa memertinggi harga jual. Buat rumah anda semenarik mungkin.
  • Anda juga bisa menghubungi agen properti, dengan catatan Anda cari tahu dulu bagaimana kredibilitasnya baik dari kenalan maupun orang-orang yang pernah menjalin kerja sama dengan agen tertentu demi menghindari berbagai kecurangan.
  • Tetapan harga yang Anda pilih harus sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan, seperti halnya Anda yang ingin mendapat pelayanan yang sesuai dengan pemberian.

Itulah cara membuat surat penawaran rumah. Semoga bermanfaat!

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "Cara Membuat Surat Penawaran Rumah Dan Contohnya"