Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Dan Cara Menulis Curriculum Vitae yang Baik

Bagaimana menulis Curriculum Vitae yang baik? Resume atau kadang-kadang disebut Daftar Riwayat Hidup atau CV adalah informasi ringkas tentang pendidikan, keterampilan dan pengalaman kerja. 

Resume atau curriculum vitae yang baik menunjukkan bagaimana kemampuan dan keahlian Anda sesuai dengan persyaratan pekerjaan yang ingin Anda lamar.

Contoh Dan Cara Menulis Curriculum Vitae yang Baik

Resume merupakan media bagi pelamar kerja untuk mempromosikan diri untuk menduduki jabatan atau posisi potensial. Resume tidak perlu panjang, karena jika terlalu panjang mungkin tidak akan dibaca sama sekali. Resume yang baik biasanya sekitar satu atau dua halaman.

Apakah resume atau curriculum vitae perlu diubah setiap saat?

Tentu saja, resume harus diubah sesuai dengan posisi pekerjaan yang ingin Anda lamar, sehingga memuat keterampilan dan pengalaman yang Anda miliki yang paling relevan dengan pekerjaan tersebut. Lagi pula, seiring waktu, mungkin Anda memperoleh pengalaman dan keahlian terbaru, sehingga perlu dalam resume.

Bagaimana jika Anda belum punya pengalaman kerja?

Informasi akademis, pelatihan, kursus dan keterampilan serta pengalaman kerja merupakan cara khas untuk menunjukkan bahwa Anda memenuhi persyaratan pekerjaan tertentu, namun, ini bukan satu-satunya cara bahwa Anda cocok dengan posisi yang Anda lamar. Ada cara lain untuk menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan tersebut, termasuk:

  1. Kepribadian - Anda seorang pekerja yang jujur, Anda senang menjadi bagian dari tim perusahaan
  2. Potensi - hal yang Anda kuasai yang berhubungan dengan posisi yang anda lamar
  3. Pengalaman - mencakup pengalaman bergorganisasi, kegiata sukarela atau ekstrakurikuler
  4. Prestasi dan tanggungjawab - setiap penghargaan atau pengakuan yang pernah Anda terima

Bagaimana struktur informasi resume atau curriculum vitae yang baik?

Struktur resume bervariasi tergantung pada pengalaman kerja dan pendidikan dan latar belakang pelatihan. Resume biasanya menetapkan informasi dengan urutan terbalik. Poin informasi yang terbaru diletakkan pada urutan pertama.

Contoh Curriculum Vitae atau Daftar Riwayat Hidup

Berikut adalah contoh daftar riwayat hidup, yang bisa kalian download. Silahkan gunakan seperlunya.

Contoh Dan Cara Menulis Curriculum Vitae yang Baik

Download Filenya Disini

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa. Owner dari: Mangaip Blog, Plaza Obat, Contoh Surat, Corensic. Influencer, affiliate of JSSOR, Forum Lenovo, Netvibes, IMDB

Post a Comment for "Contoh Dan Cara Menulis Curriculum Vitae yang Baik"