Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapan Pernikahan Apa Saja? Cek Sebagai Berikut!

Persiapan Pernikahan Apa Saja? Cek Sebagai Berikut!

Pernikahan merupakan salah satu momen sakral yang sangat dinantikan oleh para muda-mudi juga orang tua. Tak sedikit yang berusaha memaksimalkan pesta pernikahan dengan nominal fantastis. Namun, sebelum menikah tentunya Anda perlu memikirkan persiapan pernikahan apa saja yang harus disiapkan.

Persiapan secara Psikologis dan Finansial

Menikah merupakan masa yang begitu panjang tentunya harus didukung dengan kesiapan psikologis dan finansial. Anda harus benar-benar menyiapkan diri akan permasalahan di masa mendatang dan harus mampu menangani dengan rasional. Bahkan setelah menikah kebutuhan rumah tangga juga akan meningkat, pastikan ekonomi Anda dalam kondisi stabil.

Menata Schedule Pernikahan

Mengatur pernikahan dapat teratasi lebih mudah dengan membuat list yang harus dipersiapkan untuk pernikahan. Anda bisa mulai menyiapkan agenda seperti apa untuk acara pernikahan, kostum keluarga, hingga souvenir yang diberikan untuk tamu. Dengan begitu Anda bisa mengatur pernikahan semaksimal mungkin.

Ikut Serta dalam Bimbingan Pra-Nikah

Bimbingan pra-nikah dilakukan untuk menguatkan pengetahuan para pasangan muda terkait makna menikah. Biasanya kegiatan ini dilakukan 2 hari menjelang acara yang telah ditentukan oleh pihak KUA. Pastinya Anda harus ikut serta pada program ini agar lebih memahami lebih jauh seluk beluk pernikahan.

Melakukan Tes Kesehatan

Untuk mengetahui kondisi tubuh mempelai agar tetap prima dan sehat pastinya ditunjang dengan beberapa prosesi cek kesehatan. Anda bisa singgah ke Puskesmas maupun layanan kesehatan masyarakat lainnya untuk melakukan kontrol cek up. Hal ini wajib dilakukan untuk mengetahui apakah mempelai terjangkit suatu penyakit ataupun tidak. 

Mematok Budget Nikah

Biaya pernikahan terbilang cukup besar, untuk membatasinya Anda harus mengetahui persiapan pernikahan apa saja yang Anda perlukan. Dengan begitu pengeluaran yang diperlukan bisa benar-benar terkendali. Anda bisa memulainya dengan keperluan dapur hingga pernak-pernik pernikahan dalam bentuk catatan secara tertulis. 

Sembari menyiapkan keperluan pernikahan Anda juga bisa mengikuti program bahasa Inggris khusus dewasa dari EF atau English Adults yang diselenggarakan secara online. Tentunya dalam hal belajar tidak memiliki batasan waktu dan tempat. Apalagi kursus EF tersedia di area terdekat rumah Anda, yuk persiapkan diri Anda untuk memperoleh value lebih bermutu. 

Mang Aip
Mang Aip Semoga Hari Esok Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Persiapan Pernikahan Apa Saja? Cek Sebagai Berikut!"