Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Trik Melakukan Negosiasi Gaji untuk Karyawan

Negosiasi tawaran gaji adalah hal yang perlu dilakukan oleh setiap karyawan yang akan naik jabatan atau mendapatkan beban kerja tambahan. Sebagai karyawan, tidak perlu sungkan untuk melakukan negosiasi gaji karena itu sudah menjadi hak-nya kamu.

Trik Melakukan Negosiasi Gaji untuk Karyawan

Apakah kamu baru saja mendapatkan promosi jabatan namun belum tahu berapa gaji yang akan didapatkan? Semisal gaji kamu masih sama dengan sebelumnya, maka perlu untuk melakukan negosiasi gaji, tapi bagaimana ya caranya? Intip triknya, yuk!

Cara Melakukan Negosiasi Tawaran Gaji

1. Pastikan Tahu Angka Gaji Pastinya

Saat mengajukan kenaikan gaji, pastikan bahwa kamu mengajukan angka yang benar-benar pasti. Misalnya nih, kamu minta kisaran  gaji Rp 5 juta daripada Rp 4,75 juta. Bulatkan saja angka ke nilai yang pasti karena masih ada kemungkinan perusahaanmu akan menolaknya

Pastikan juga saat mengajukan kenaikan gaji ini, kamu sudah melakukan riset sebelumnya, ya! Jadi, jangan asal mengajukan kenaikan gaji tanpa riset besarannya dahulu.

2. Hindari untuk Menggunakan Rentang Angka Gaji

Cara nego gaji selanjutnya adalah dengan menghindari untuk gunakan rentang angka gaji. Jadi, jangan menggunakan rentang ke atasan, langsung saja berikan angka gaji yang pasti.

Apabila kamu memberikan pengajuan gaji dalam bentuk rentang, maka kamu cenderung pasrah saja dalam negosiasi gaji. Nantinya, perusahaan akan memberikan angka  paling kecil dari rentang yang sudah kamu ajukan.

3. Siapkan Diri

Terakhir, kamu harus siapkan diri dengan segala macam kemungkinan yang akan terjadi nantinya. Bisa jadi perusahaan tidak memenuhi kenaikan gaji sesuai ekspektasimu. Oleh sebab itu, kamu harus percaya diri saat ajukan negosiasi gaji. Sampaikan apa saja kontribusi yang sudah kamu berikan kepada perusahaan agar mereka menimbang ulang pengajuan kenaikan gajimu.

Negosiasi tawaran gaji biasanya akan lebih berhasil jika kamu punya nilai plus yang bisa ditonjolkan kec perusahaanmu. Kalau kamu jago bahasa Inggris, sampaikan saja kelebihanmu ini ke perusahaan.

Belum jago bahasa Inggris? Ayo join EF Adults, tempat terbaik untuk melatih Bahasa Inggris untuk karyawan dan orang dewasa yang ingin mahir dengan skill bahasa asingnya. Yuk, gabung supaya kamu bisa lebih percaya diri melakukan negosiasi gaji.

Mang Aip
Mang Aip Semoga Hari Esok Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Trik Melakukan Negosiasi Gaji untuk Karyawan"