Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Cepat Adaptasi Di Hari Pertama Kerja

Bagaimana Bisa Bekerja Dengan Nyaman Di Tempat Yang Baru? Setelah sukses melewati tahap wawancara dan diterima untuk menempati posisi pekerjaan yang diimpikan, kini saatnya memulai kehidupan baru di kantor baru.

Untuk dapat bekerja dengan baik, tentunya Anda harus mampu beradaptasi dan bersosialisasi dengan baik pula dengan lingkungan baru Anda tersebut.

3 Cara Cepat Adaptasi Di Hari Pertama Kerja

Bagi sebagian orang, proses adaptasi ini mungkin tidak cukup mudah dan memakan waktu yang cukup lama.

3 Cara Cepat Adaptasi Di Hari Pertama Kerja

Untuk dapat bersosialisasi dengan baik di hari pertama kerja, berikut ini adalah beberapa cara yang semestinya Anda lakukan:

1. Bersikap Tenang

Gugup atau grogi bisa saja Anda rasakan ketika hendak memasuki pintu kantor. Meski demikian, cobalah untuk tidak menampakkan itu secara kentara dan tetaplah bersikap santai.

Anda bisa menebar senyuman pada orang-orang di sekitar Anda termasuk orang-orang di kantor yang kelak akan menjadi rekan kerja Anda. Selain akan membuat Anda terkesan menjadi pribadi yang ramah, cara ini juga bisa menetralisir perasaan Anda sendiri.

2. Perlihatkan Minat Dan Antusiasme

Di hari pertama kerja, Anda akan dikenalkan pada lingkungan pekerjaan dan tugas-tugas yang nantinya akan menjadi tanggung jawab Anda. Untuk itu, tunjukkanlah sikap yang memperlihatkan minat dan ketertarikan Anda terhadap hal-hal tersebut.

Pada kesempatan ini, tidak ada salahnya Anda melontarkan satu atau dua pertanyaan yang mungkin tidak Anda pahami. Anda tidak akan terlihat bodoh untuk itu, justru akan menunjukkan minat dan keseriusan Anda memang tinggi untuk pekerjaan tersebut.

3. Mengingat Nama Rekan Kerja

Saat diperkenalkan dengan para penghuni kantor, usahakan untuk dengan cepat mengingat dan mengenali nama-nama mereka. Cobalah untuk mengulangi nama mereka saat perkenalan agar Anda pun mudah mengingatnya.

Sikap seperti ini akan membuat Anda terlihat sungguh-sunggu ingin belajar mengenal mereka dan ini akan dihargai sebagai suatu usaha adaptasi yang baik. Dengan demikian, Anda pun akan dapat menjalin pertemanan secara cepat.

Selain itu, usahakan di hari pertama kerja ini Anda lebih banyak mendengar dan tidak terlalu banyak berbicara yang justru akan menunjukkan kesan cerewet bahkan bisa mengganggu orang-orang di sekitar Anda yang kadang sudah sibuk dengan pekerjaannya masing-masing.

Mang Aip
Mang Aip Semoga Hari Esok Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "3 Cara Cepat Adaptasi Di Hari Pertama Kerja"