Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia Yang Baik

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia Yang Baik
Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia Yang Baik - Toploker, sudah sangat lumrah apabila seseorang yang telah menyelesaikan masa pendidikan ingin cepat-cepat mendapat pekerjaan.

Akan tetapi, untuk mendapatkan pekerjaan yang baru pada zaman sekarang ini cukup sulit. Selain persaingan yang ketat ditambah kuota pegawai hanya sedikit.

Salah satu faktor penentu diterima atau tidaknya yaitu dari surat lamaran yang kamu buat sendiri. Apakah nantinya bisa meyakinkan perusahaan atau tidak?

Proses Lamaran Kerja

Kita ambil secara logika saja, proses lamaran kerja pada intinya yaitu menawarkan potensi yang kamu miliki kepada penyedia kerja, seperti perusahaan atau pun yang lainnya. Tentu hal ini bisa dilakukan dengan cara tertulis atau pun secara lisan (Interview).

Alangkah baiknya, ketika melamar kerja itu sesuai dengan bidang yang kamu miliki. Agar nantinya perusahaan semakin yakin dengan kualitas yang kamu miliki. 

Melamar kerja atau mencari kerja memang proses yang sangat melelahkan. Harus simpan berkas disana disini siapa tau ada yang nyangkut dan memanggil kamu untuk proses selanjutnya. 

Nah, bagi kamu yang baru lulus sekolah dan mau mencoba untuk membuat surat lamaran kerja, tentu ada tips dan trik agar surat lamaran kamu menjadi luar biasa.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

Di bawah ini tips yang bisa kamu ingat-ingat saat membuat surat lamaran kerja sehingga bisa menambah nilai jual pada resume yang kamu miliki:

  1. Pastikan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pilihlah bahasa yang resmi atau formal.
  2. Gunakan kata-kata yang sopan namun resmi, karena kamu akan membuat surat secara resmi ke sebuah perusahaan. Jangan menggunakan bahasa gaul ataupun menggunakan bahasa daerah yang tidak akan dimengerti.
  3. Jangan bertele-tele dan gunakan format penulisan yang tersusun rapi dan sesuai dengan ketentuan surat lamaran kerja
  4. Hendaknya ditulis secara manual agar perusahaan dapat menilai tulisan tangan kamu
  5. Lengkapi dengan data-data yang dibutuhkan sesuai dengan data pribadi atau data asli yang nantinya akan digunakan oleh perusahaan tempat kamu melamar kerja.
  6. Lampirkan surat pendukung lainnya seperti sertifikat pengalaman kerja. Sertifikat-sertifikat ini menunjukan bahwa kamu memiliki kelebihan yang orang lain tidak miliki.

Format Resume Lamaran Kerja

Pada umumnya dalam surat lamaran kerja terdapat sebuah resume dan ijazah yang menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Sehingga pegawai perusahaan mudah dalam mengenali kamu. Dalam membuat format penulisan resume, perlu dipastikan bahwa hal-hal di bawah ini ada di surat lamaran kerja kamu:
  1. Tempat dan tanggal penulisan
  2. Perusahaan yang ditujukan
  3. Salam hormat
  4. Kata Pengantar
  5. Biodata pribadi
  6. Pengalaman kerja dan skill
  7. Penutup.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Bandung, 10 Januari 2019
Kepada Yth.
Kepala bagian Personalia PT. Sukses Terus Tidak Rugi
Jl. Abimanyu No. 123 Bandung


Dengan Hormat,
Bersama dengan surat lamaran pekerjaan yang telah saya buat ini, saya mengajukan diri agar bisa bergabung di Perusahaan Bapak / Ibu pimpin. Saya yang menulis surat ini.
  • N a m a : Istiana Sriwati
  • Alamat : Jl. Gerhana Matahari no 98
  • Tempat dan Tanggal Lahir : Bandung, 4 Januari 1990
  • Jenis Kelamin : Perempuan
  • Pendidikan Terakhir : SMA
  • No Telp : 0812 3467 8790
Dan sebagai bahan untuk pertimbangan, saya melampirkan:
  • Pas foto 4 x 6 2 lembar
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Foto Copy Kartu Tanda Penduduk
  • Foto Copy Surat Ijin Mengemudi
  • Foto Copy Kartu Keluarga
  • Foto Copy Ijazah Terakhir
Sungguh besar harapan saya agar dapat bekerjasama dengan Perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Maka dengan ini saya akan menerima segala tahap pengujian. Atas perhatiannya Bapak / Ibu pimpinan berikan, saya ucapkan banyak terima kasih.


Hormat Saya
( Istiana Sriwati )



Contoh 2
Kepada YTH.
HRD BANK BCA Cabang Malang
Jln. A. Yani Malang

Dengan hormat,

Seperti halnya dengan informasi yang ada pada lowongan kerja di BANK BCA.
Berikut data singkat saya:
  • Nama : Dea Annisa Dharmawan
  • Tempat/Tanggal Lahir : Yogyakarta, 24 Juli 1987
  • Alamat : Jl. Merpati Putih no. 23B
  • No. Hand phone : 0812 3467 9017
  • Status : Lajang
  • Pendidikan Terakhir : Strata satu
Saya memiliki keinginan untuk mengajukan permohonan pada posisi Customer Service. Dan saya melampirkan beberapa berkas untuk bahan pertimbangan.
  1. Daftar Riwayat Hidup ( Curriculum Vitae )
  2. Foto copy Transkrip Nilai
  3. Foto copy ijazah S-1
  4. Foto copy KTP
  5. Pass foto 4 x 6 terbaru

Demikianlah surat lamaran yang telah saya buat ini, saya sangat berharap untuk bisa bekerja dalam perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, saya berjanji akan bekerja dengan sebaik mungkin seperti apa yang diharapkan oleh BANK BCA.


Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


Hormat Saya
( Dea Annisa Dharmawan )

Kesimpulan

Surat lamaran yang baik dan informatif bisa menjadi peluang besar kamu untuk diterima kerja lho. Mungkin bisa saja karena Surat Lamaran kerja yang kamu buat membuat pihak perusahaan tertarik untuk memakai potensi yang kamu miliki.

Pada zaman yang semakin canggih ini, membuat surat lamaran bisa memanfaatkan teknologi. Contohnya untuk membuat CV (Curiculum Vitae) bisa menggunakan jasa digital agar CV kamu tampil lebih keren. 
Mang Aip
Mang Aip Semoga Hari Esok Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia Yang Baik"