Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Surat Pernyataan Berkelakuan Baik / Tidak Dipenjara

Memang dalam kehidupan sehari-hari, seseorang sering kali mengirimkan surat pernyataan, misalnya untuk mengisi surat lamaran kerja atau untuk memenuhi kebutuhannya setelah mengenyam pendidikan atau bekerja di organisasi tertentu. Sedangkan pengertian surat pernyataan itu sendiri adalah surat yang dikirimkan oleh seseorang yang berisi pernyataan tentang dirinya atau menjelaskan kepada orang lain bahwa orang tersebut telah melakukan atau tidak pernah melakukan sesuatu, tetapi ada juga arti lain yaitu pernyataan tertulis yang membuktikan kemauan atau kemampuan seseorang atau kelompok untuk menanggung semua.

Fungsinya sebagai sarana untuk menegaskan pengakuannya oleh pihak lain, yang sudah sesuai dengan yang tertera di surat.

Contoh Surat Pernyataan Berkelakuan Baik / Tidak Dipenjara

Apa Itu Surat Pernyataan?

Surat Pernyataan adalah surat yang dikeluarkan oleh suatu pihak untuk menjelaskan bahwa menjadi bagian atau bukan bagian dari anggota tertentu, telah melakukan atau belum melakukan tindakan tertentu, dapat menjamin sesuatu atau bersedia mengambil risiko tertentu. Biasanya surat pernyataan itu sendiri dilengkapi dengan materai 6000 untuk lebih resmi dan mungkin hanya tanda tangan jika isinya tidak terlalu resmi.

Surat ini juga memiliki manfaat bagi penerima dan pembuatnya, yaitu:

  • Bagi Pembuat, surat pernyataan ini bisa dijadikan promosi agar bisa dikenali pihak lain. Surat ini juga bisa dijadikan alat bukti sesuai dengan yang tertera di surat iklan. Oleh karena itu, surat ini harus dilampirkan saat melamar pekerjaan.
  • Bagi penerima surat, surat pernyataan ini dapat menjadi bukti tertulis yang sah di mata hukum (jika dilampirkan segel) untuk menuntut pertanggungjawaban jika pihak yang dimaksud dalam surat tersebut tidak sesuai dengan apa yang tertera di surat tersebut.

Contoh surat pernyataan adalah pernyataan berkelakuan baik. Beberapa pihak meminta surat ini ketika seseorang melamar pekerjaan. Jadi, dalam persiapannya, surat pernyataan berkelakuan baik ini tidak sulit. Beberapa bagian yang harus dimasukkan dalam pernyataan ini adalah:

Nama atau judul surat

  • Isi surat Pernyataan yang terdiri dari identitas pemasang pernyataan, isi pernyataan dan identitas pihak ketiga jika surat ini disediakan oleh pihak lain. Namun, jika anda sendiri yang melakukannya, Anda tidak perlu menyelesaikan bagian ini.
  • Isi Penutup - ini adalah bagian terakhir dari surat. Bagian ini memuat tempat dan tanggal penulisan surat, serta identitas penulis surat (nama lengkap, tanda tangan, dan stempel).

Contoh Surat Pernyataan Berkelakuan Baik / Tidak Dipenjara

SURAT PERNYATAAN

Yang bertandatangan di bawah ini ,

Nama :

Tempat dan tanggal lahir :

Agama :

Alamat :

dengan ini menyatakan:

1. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;

2. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Anggota Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;

3. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri Sipil dan Calon/Anggota Tentara Nasional Indonesia atau Calon/Anggota Kepolisian Negara;

4. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik;

5. Bersedia ditempatkan di wilayah tempat mendaftar;

6. Sanggup mengganti biaya pelaksanaan penerimaan sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta) rupiah, apabila :

a. dinyatakan lulus ujian tahap akhir dan telah mendaftar ulang tetapi mengundurkan diri dengan alasan apapun, atau

b. mengundurkan diri setelah bekerja di BPS, dengan masa kerja kurang dari 5 (lima) tahun.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut di muka pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh pemerintah, apabila dikemudian hari terbukti pernyataaan ini tidak benar.

……………………, ………………………………

Yang membuat pernyataan,

MATERAI

Rp. 6.000,-

………………………………….

Mang Aip
Mang Aip Saya hanya seorang blogger biasa

Post a Comment for "Contoh Surat Pernyataan Berkelakuan Baik / Tidak Dipenjara"